Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi Tanpa Ke Dokter

Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi

Mengalami sakit pada bagian gigi memang sangat menyebalkan. Makan jadi tidak enak, berbicara menjadi sulit. Dan yang lebih parahnya lagi jika sakit gigi terus berkelanjutan maka dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan mulut. Untuk itu, jika Anda mungkin kini sedang sakit gigi, Anda bisa simak penjelasan berikut ini tentang cara ampuh mengobati saki gigi.

Apa Itu Sakit Gigi dan Mengapa Bisa Terjadi?

Sebelum menjelaskan mengenai cara yang ampuh digunakan untuk mengobati sakit gigi, tak ada salahnya jika kita mengetahui apa sih sebenarnya sakit gigit itu dan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Bacaan Lainnya

Sakit gigi merupakan sebuah kondisi ketika Anda merasakan nyeri yang ada di dalam gigi atau di sekitar gigi. Nyeri yang dirasakan ini bisa ringan hingga sangat parah.

Kondisi tersebut ternyata dapat disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya terjadi pertumbuhan gigi, gusi membengkak, gigi yang berlubang, absesi pada gigi, gigi mengalami keretakan, tambalan pada gigi yang rusak, atau penyebab lainnya.

Gejala dari adanya sakit gigi ini tentu sangat menyiksa. Aktivitas makan menjadi kurang nyaman ketika sedang sakit gigi. Sakit gigi juga terkadang menyebabkan gusi bengkak yang berakibat pada pembengkakan pada bagian pipi, sehingga tentu saja hal tersebut akan mengganggu penampilan Anda.

Jika sudah demikian, maka Anda harus segera mencari cara untuk mengobati sakit gigi tersebut. Jangan biarkan gigi yang sakit, karena dapat menyebabkan gangguan pada organ lainnya.

Cara Mengobati Gigi Yang Sakit

Sudah kenal tentang sakit gigit dan alasan atau penyebab terjadinya sakit gigi, kini giliran cara ampuh mengobati sakit gigi yang akan dibahas. Berikut ini beberapa caranya:

  1. Mengompres menggunakan es batu

    Cara yang pertama adalah dengan menggunakan es batu. Cara ini terbilang cara yang sangat sederhana. Es batu dipercaya dapat mengatasi pembengkakan pada pipi.
    Es batu juga ternyata dapat mengurangi rasa nyeri yang dirasakan ketika sedang sakit gigi. Caranya yaitu bungkus es batu pada handuk atau alat kompres. Kemudian tempelkan pada pipi yang bengkak selama 15 sampai 20 menit.

  2. Berkumur dengan air garam

    Selain dengan cara mengompres menggunakan es baru, Anda juga bisa berkumur air garam untuk meredakan rasa nyeri pada saat sakit gigi. Air garam dipercaya dapat meredakan peradangan yang terjadi saat sakit gigi. Namun sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu gigi Anda sebelum berkumur.
    Caranya sangatlah mudah, tambahkan garam ke dalam air hangat, kemudian kumur-kumur sekitar 30 detik sampai 1 menit. Jika sudah, buang air garam yang terdapat di dalam mulut, apabila tidak nyaman dengan rasa asin yang tertinggal, Anda bisa melanjutkan dengan berkumur menggunakan air hangat untuk menetralisir rasa.

  3. Berkumur dengan minyak cengkeh

    Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi adalah cengkeh. Rempah-rempah yang memiliki aroma khas ini ternyata efektif untuk meredakan rasa sakit gigi dan mengurangi adanya peradangan. Hal tersebut dikarenakan cengkah mengandung senyawa yang berperan sebagai antiseptik alami.
    Caranya yakni dengan mencampurkan air hangat dengan setetes minyak cengkeh. Kemudian kumur-kumur dengan menggunakan campuran tersebut. Lakukan cara tersebut beberapa kali sampai rasa nyeri mulai mereda.

Demikian cara ampuh mengobati sakit gigi yang dapat Anda coba. Apabila sudah melakukan cara-cara tersebut, namun sakit gigi tak kunjung reda, maka sanga dianjurkan untuk datang ke dokter gigi dan memeriksakan kesehatan gigi Anda secara berkelanjutan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *