Cara Bayar Pajak Motor Online Paling Simpel

Cara Bayar Pajak Motor Online

Mau bayar pajak motor? Kini ada cara yang sangat efisien loh, yaitu cara bayar pajak motor online melalui aplikasi. Setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor wajib membayar pajak setiap tahun sesuai dengan ketentuan. Pembayaran pajak dapat dilakukan melalui kantor Samsat, drive thru atau melalui aplikasi.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor wajib dilakukan sesuai dengan tanggal berlaku yang terdapat di STNK sehingga harus diperhatikan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor. Terlambat melakukan pembayaran pajak akan dikenakan sanksi biaya sehingga jangan sampai terlambat membayarnya, apalagi bisa bayar pajak secara online dengan Salmonas.

Bacaan Lainnya

Apa Itu Salmonas?

Salmonas adalah Samsat Online Nasional yang merupakan salah satu aplikasi pembayaran pajak kendaraan bermotor. Aplikasi satu ini dibuat oleh Tim Pembina Samsat Nasional yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan Indonesia.

Sebagai warga negara yang baik seharusnya taat pajak sehingga membayar pajak kendaraan bermotor yang dimilikinya. Melalui aplikasi Salmonas wajib pajak bisa membayar pajak dengan mudah dan juga cepat sehingga tidak perlu antre di kantor Samsat lagi sekarang.

Panduan Bayar Pajak Motor Online

Panduan bayar pajak motor online dengan aplikasi yang mudah dan aman adalah :

  1. Instal Aplikasi Salmonas

    Panduan pertama supaya bisa membayar pajak motor secara online adalah install aplikasi Salmonas. Anda bisa mendapatkan aplikasi Salmonas dengan mudah di App Store atau Playstore secara gratis sehingga segera install aplikasinya sekarang juga.
    Di dalam aplikasi Salmonas ada banyak sekali fitur yang tersedia mulai dari pendaftaran, info proses, info pajak, E-TBPKB, e-pengesahan STNK, pindahan bukti, pengaduan dan juga panduan. Banyak informasi dan fitur yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online.

  1. Melakukan Pendaftaran

    Setelah install aplikasi Salmonas kemudian buka aplikasinya untuk proses pendaftaran. Pilih menu pendaftaran yang ada di halaman depan dan kemudian siapkan beberapa berkas yang diperlukan. Anda harus mempersiapkan sejumlah dokumen untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di aplikasi.
    Persyaratan yang diperlukan dan disiapkan adalah NIK, nomor polisi di STNK, dan 5 digit nomor rangka terakhir pada STNK. Setelah memasukkan sejumlah data tersebut kemudian tinggal memilih jenis pembayaran yang tersedia di aplikasi Salmonas. Selanjutnya akan muncul informasi mengenai data kendaraan bermotor dan jumlah pajak yang wajib dibayarkan.

  1. Proses Pembayaran

    Cara bayar pajak motor online adalah pada proses pembayaran dan ada sejumlah pilihan pembayaran yang disediakan. Anda bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dari aplikasi melalui bank yang telah bekerja sama dengan Salmonas.
    Daftar bank yang sudah bekerja sama adalah BNI, BCA, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, Permata Bank dan BTN. Tersedia juga pembayaran melalui e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak. Anda bisa menggunakan jenis bank yang disediakan untuk proses pembayaran pajak kendaraan bermotor.

  1. Mendapatkan E-TBPKB

    Setelah proses pembayaran dilakukan melalui salah satu bank atau e-commerce yang tersedia kemudian Anda akan mendapatkan E-TBPKB dan pengesahan STNK di email yang sudah didaftarkan sebelumnya. Dokumen tersebut memiliki masa berlaku yaitu sampai 30 haru sejak pertama Anda mengirimkan.

  1. Pengesahan STNK

    Kunjungi kantor Samsat terdekat yang ada di daerah Anda untuk melakukan pengesahan STNK dalam bentuk fisik. Anda juga akan mendapatkan TBPKB atau SKPD yang baru dalam waktu mendatang. Pihak Samsat akan segera mengirimkan alamat yang tertera sesuai dengan STNK dan proses pengirimannya akan dilakukan dalam waktu 7 hari.

Demikian cara bayar pajak motor online dengan mudah melalui aplikasi Salmonas sehingga prosesnya akan lebih cepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *