Mengenal Metode Cara Belajar Efektif Untuk Pelajar/ Mahasiswa

  • Whatsapp
Cara Belajar Efektif

Jika kamu seorang pelajar, maka tentunya perlu belajar untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan lainnya. Tetapi kegiatan belajar sebagai pelajar harus dilakukan dengan efektif. Ada beberapa cara belajar efektif yang bisa dicoba agar hasil belajar nantinya bisa maksimal.

Beberapa Metode Belajar Efektif Yang Perlu Diterapkan

Ada beberapa poin penting yang harus kamu ketahui jika ingin belajar dengan tepat. Berikut ini akan diulas beberapa hal tersebut agar kegiatan belajar kamu bisa membuahkan hasil yang memuaskan.

Bacaan Lainnya

Buat Tempat Dan Suasana Yang Nyaman

Hal yang perlu dilakukan pertama kali ialah bagaimana caranya membangun suasana yang nyaman. Terdapat banyak cara agar bisa membuat mood itu muncul yaitu seperti belajar sembari mendengarkan musik tanpa vokal yang slow. Bisa juga belajar dengan tempat-tempat nyaman misalnya di pinggir danau, ruangan ber-AC dan lainnya sesuai selera kita.

Rangkum Pokok Pembelajaran

Mencatat pokok-pokok itu sangat penting. Jika membaca satu buku, akan membutuhkan waktu sangat lama agar bisa menyelesaikan terutama jika buku yang sangat tebal. Ambillah intisari atau rangkuman saja dari buku tersebut. Hal tersebut bisa membuat kemudahan dalam mengingat dan juga memahami inti pembelajaran tersebut

Belajar Bersama Dengan Teman-Teman

Metode yang satu ini cukup efektif karena kegiatan belajar berkelompok tergolong cukup santai sehingga otak akan menjadi terasa rileks dalam menerima pelajaran. Berbagai hal-hal yang masih belum dipahami juga lebih mudah terselesaikan dengan belajar sama-sama. Maka dari itu, cara belajar efektif yang sangat dianjurkan adalah belajar bersama-sama terutama saat hendak menghadapi ujian.

Buat Metode Belajar Unik Dengan Modifikasi

Metode belajar ini digunakan beberapa dari mereka yang kesulitan menghafal istilah tertentu. Cara yang bisa dilakukan yaitu memakai nama-nama tertentu yang mirip agar bisa mengingat materi. Metode ini sangat efektif dan otak bisa dengan mudah mengingatnya.

Belajar Materi Dengan Dibarengi Praktik

Jika belajar sembari praktek, maka hasilnya bisa sangat efektif. Cara belajar satu ini membuat kamu tidak merasa mudah bosan juga. Contohnya saja ada pelajaran seputar tanaman dan hewan, maka bisa belajar sambil melihat dan mengamati hewan dan tumbuh-tumbuhan. Hal ini bisa membuat sebuah kegiatan belajar menjadi semakin asyik dan tidak cepat bosan.

Coba Belajar Secara Rutin Tetapi Jangan Berlebihan

Jika kita rutin belajar, maka bisa semakin mudah mengingat hal tertentu yang sudah dipelajari. Tetapi belajar yang perlu dilakukan adalah cukup belajar rutin/ berkala bukannya belajar terlalu lama. Seperti belajar ketika subuh, atau pagi hari selama 45 menit saja. Lanjutkan dengan belajar siang hari, sore hari dan malam hari. Cara seperti ini efektif dan nantinya pikiran kita tetap terus dalam keadaan yang rileks.
Fokus Ke Pemahaman Bukan Penghafalan

Ada kesalahan belajar yang sering dilakukan banyak pelajar yaitu lebih sering menghafal. Padahal pemahaman itu lebih efektif hasilnya dari pada sekedar menghafal saja. Apa lagi bagi mereka yang sering lupaan, maka lebih baik coba memahami suatu pembelajaran dengan baik. Sebenarnya menghafal itu tidak salah tetapi kurang efektif. Agar lebih efektifnya, mengerti teorinya agar bisa diingat ketika sedang ujian.

Itulah beberapa cara belajar efektif yang bisa kalian terapkan terutama saat menjelang tes atau ujian. Jangan lupa untuk berdoa sebelum ujian berlangsung dan pastikan kondisi tubuh dan pikiran sehat. Agar bisa maksimal untuk mengerjakan ujian tersebut. Semoga info di atas bisa bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *