Panduan Cara Belajar Mobil Manual Supaya Cepat Mahir

  • Whatsapp
Cara Belajar Mobil

Ada dua kategori mobil yaitu mobil dengan transmisi otomatis dan yang manual. Mengendarai mobil transmisi otomatis lebih nyaman apa lagi ketika berkendara pada area perkotaan. Tetapi mobil manual malah lebih cocok bagi banyak orang sehingga tetap ada pangsa pasarnya. Jika kalian masih pemula dalam urusan berkendara mobil manual, maka bisa coba simak cara belajar mobil berikut.

Beberapa Cara Mempelajari Berkendara Mobil Agar Cepat Mahir

Kamu harus menyimak beberapa langkah berikut ini agar bisa optimal belajar mobil dengan transmisi manual.

Bacaan Lainnya

Mengenali Setiap Komponen Di Dalam Mobil

Untuk pengguna pemula, mengenali fitur mobil merupakan hal yang penting. Kamu harus menghafal tiap fitur serta posisi dari fitur tersebut. Tujuan dari hal ini adalah agar nantinya baik itu tangan, atau kaki bisa bekerja otomatis saat dibutuhkan. Ada beberapa komponen penting fitur mobil yaitu mulai dari kopling, gas, dan rem. Pastikan kamu tidak salah seputar injakan tersebut. Elemen penting lain yang harus diperhatikan adalah lampu sen, klakson, dan sebagainya. Kenali juga pemindahan gigi mulai dari R, 1 sampai 5.

Menyalakan Mesin Di Saat Yang Tepat

Maksudnya adalah saat menyalakan mesin kendaraan, kamu harus mengecek kondisi terlebih dahulu. Kondisi mobil dalam kondisi netral atau belum. Selanjutnya kamu bisa memutar kunci kotak agar mulai menyalakan mobilnya.

Pahami Penggunaan Gas + Kopling

Ada karakteristik utama mobil manual yaitu menggunakan gas disertai kopling. Kombinasi kedua komponen tersebut harus diintegrasikan dengan tepat oleh pengemudi. Biasa menggunakan kopling dan juga gas tidak hanya berlaku untuk mereka yang tengah belajar mobil saja tetapi yang sudah ahli juga perlu mempelajarinya. Kamu harus membiasakan berakselerasi injak gas dibarengi dengan melepaskan kopling.

Banyak pengendara terlalu berlebihan dalam menginjak gas saat melepas kopling. Sementara cara yang tepat adalah melepas lebih dahulu rem tangan serta kopling sembari melepas secara perlahan kaki kanan pada pedal rem. Lalu selanjutnya pengemudi perlu merasakan momentum mobil saat bergerak untuk selanjutnya injak pedal gas perlahan kembali untuk meningkatkan kecepatan.

Kuasai Pemindahan Gigi

Ada pun hal yang menjadi masalah bagi banyak orang yang pertama kali belajar mobil yaitu memindahkan gigi padahal merupakan cara belajar mobil yang penting. Ada banyak orang bingung memindahkan gigi, hal ini karena mereka memang merasa perpindahan tersebut cukup ribet. Mengingat mobil matic tidak terlalu sekompleks itu.

Cara supaya perpindahan gigi lebih halus yaitu dengan setel dalam perputaran mesin mobil yang rendah. Bisa saja memang memindahkan gigi mobil manual dengan perputaran mesin tinggi, tetapi efek perpindahan tersebut cenderung akan kasar. Jadi disarankan memindahkan gigi saat kondisi stabil. Keuntungan melakukan tips ini ketika memindahkan gigi yaitu bisa menghemat bahan bakar juga.

Atur Kecepatan Dengan Baik

Berkendara tidak selamanya harus dalam kecepatan rendah. Jika sedang berkendara pada jalanan macet di kawasan perkotaan dengan memakai kecepatan yang terlalu rendah, bisa menyebabkan orang-orang terganggu di belakang. Maka dari itu berkendaralah memakai kecepatan yang standar dan disesuaikan dengan kondisi.

Coba Latih Berpindah Lajur

Latih diri kalian dengan berpindah lajur. Banyak yang kurang peduli dengan jalanan saat berpindah lajur. Setiap pengendara harus memahami kalau berpindah lajur perlu mengecek spion lebih dahulu untuk memastikan kondisi jalanan sudah aman untuk kita berpindah jalur. Saat berpindah ke lajur kanan, ceklah spion sisi kanan. Agar cara belajar mobil lebih aman, tolehkan kepala juga ke belakang agar bisa melihat titik butanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *