Teknologi


Tata Cara Blokir SMS Spam Yang Benar

cara-blokir-sms-spam cara-blokir-sms-spam

Sekarang teknologi sudah sangat maju, banyak sekali teknologi baru yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Tetapi teknologi ini seringnya dipakai untuk hal-hal yang tidak baik seperti melakukan penipuan. Untuk salah satu modus penipuan yang seringnya dilakukan adalah dengan SMS spam.

SMS spam saat ini seperti jamur karena setiap hari pasti SMS ini selalu ada, dengan adanya SMS ini pasti menjadi sebuah gangguan. Kalau tidak mau lagi terganggu SMS tersebut maka cari tahu bagaimana cara blokir SMS spam. Kalau sudah tahu caranya seperti apa tinggal praktekan saja cara tersebut pasti tidak lagi memperoleh SMS tersebut.

Pengertian SMS Spam

pengertian-sms-spampengertian-sms-spam

Untuk orang yang sering tertipu SMS spam pasti belum tahu sebenarnya SMS spam itu apa. SMS Spam merupakan pesan teks yang tidak diminta dan tidak diinginkan pemilik smartphone, SMS tersebut dikirim secara masal oleh pihak yang tidak dikenal. Untuk tujuan pengiriman SMS tersebut adalah ingin melakukan penipuan atau mengenalkan sebuah produk.

Untuk wujud SMS-nya juga tidak selalu sama, kadang ada yang isinya hanya nomor saja dan ada pula yang isinya link situs. Kalau sampai link situs tersebut diklik nantinya data yang ada di smartphone bisa diretas atau bisa juga perangkat bisa mengunduh aplikasi yang berbahaya secara otomatis. Agar tidak mengalami hal seperti itu pelajari saja cara blokir SMS spam.

5 Ciri-Ciri SMS Spam Yang Mudah Dikenali

Sekarang harus lebih hati-hati kalau memakai smartphone karena banyak pihak yang tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan. Salah satu modus penipuan yang saat ini sedang marak digunakan adalah dengan mengirimkan SMS spam, agar tidak tertipu modus ini maka harus tahu dulu SMS spam itu seperti apa. Untuk ciri dari SMS tersebut ada di bawah ini.

  • SMS Berisi Angka Tidak Jelas
    Pasti pengguna smartphone sering menerima SMS dari nomor acak, kadang nomor pengirim terdiri dari 5 sampai 10 digit. Kalau seperti itu wajar, tetapi kalau nomornya lebih dari 10 itu harus curiga karena kemungkinan besar SMS tersebut adalah SMS palsu.
    Seringnya pengirim SMS mengatasnamakan diri sebagai agen asuransi, pegawai bank dan juga makelar. Jadi sebelum membaca SMS lihat nomor pengirimnya dulu, dengan begitu tidak perlu buka SMS sudah tahu SMS tersebut apakah SMS penipuan atau tidak.
  • Isi SMS-nya Pengembalian Dana
    SMS yang isinya adalah pengembalian dana dari agen instansi pemerintah atau dari program sebuah perusahaan juga termasuk ciri-ciri SMS spam. Biasanya SMS tersebut isinya tagihan dana yang luar biasa banyak jumlahnya dan pihak yang menerima SMS diharuskan membayar tagihan tersebut.
    Pihak pengirim biasanya memberikan pilihan kepada penerima kalau mau membatalkan tagihan, biasanya cara membatalkan tagihan dengan memberikan informasi pemilik smartphone. Kalau pengirim sudah mendapatkan informasi tersebut nantinya akan dipakai untuk hal yang tidak baik.
  • SMS Memenangkan Hadiah
    Salah satu isi SMS spam yang paling umum adalah pengumuman mendapatkan hadiah, padahal pemilik smartphone tidak pernah mengikuti perlombaan atau program apa pun. Kalau menerima SMS seperti itu pastinya harus curiga sebab tidak mungkin ada orang yang memberikan hadiah secara cuma-cuma.
    Pengirim SMS hadiah tersebut biasanya akan meminta pihak yang menerima SMS untuk mengklaim hadiah tersebut. Untuk mendapatkan hadiah tersebut penerima harus mengisikan data pribadi dan harus membayar pajak hadiah, kalau menemukan SMS seperti itu abaikan saja karena penipuan. Jika tidak mau dapat lagi bisa cari cara blokir SMS spam dan praktekan cara tersebut.
  • SMS Isinya Permintaan Pertolongan
    Ada banyak penipu yang sering mengimkan SMS secara random, isi dari SMS tersebut adalah permintaan tolong. Jadi penipu akan meminta tolong kepada penerima, misalnya minta tolong dikirimi uang karena sedang terkena musibah. Biasanya penipu berpura-pura sebagai anggota keluarga penerima SMS atau sebagai teman dekat dari penerima SMS.
    Jika SMS-nya seperti itu jangan langsung percaya tetapi cari tahu kebenarannya dulu dengan cara bertanya kepada anggota keluarga apakah benar ada yang sedang mengalami musibah atau tidak. Kalau memang tidak ada jangan hiraukan SMS tersebut saja.
  • SMS Reaktivasi
    Modus ini juga sering digunakan penipu, isi SMS-nya adalah meminta penerima untuk mengaktifkan akun perangkat atau akun media sosial yang sudah diretas. Pemilik smartphone nantinya diharuskan mengirimkan data pribadi agar akunnya kembali aktif.
    Data inilah yang nantinya dimanfaatkan penipu untuk kepentingan penipu, agar data tidak diambil maka jangan pernah sekalipun membalas SMS tersebut. Jika tidak bisa juga melaporkan nomor tersebut ke pihak yang berwenang agar penipunya cepat tertangkap.

Tata Cara Memblokir SMS Spam Termudah

Untuk pengguna smartphone yang mulai bosan dengan SMS spam maka jangan diam saja tetapi segera saja blokir SMS tersebut agar tidak lagi menerima SMS tersebut. Untuk memblokir SMS tersebut tidak sulit karena cara blokir SMS spam mudah sekali dipraktekan, kalau mau mempraktekkan cara ini baiknya baca penjelasannya terlebih dahulu di bawah ini.

  • Ganti Nomor Telepon
    Cara termudah untuk terhindar dari SMS spam adalah dengan merubah nomor telepon. Dengan mengganti nomor telepon pastinya nomor yang sering mengirim SMS spam tidak bisa lagi mengirim ke nomor yang baru. Tetapi kalau nomornya itu nomor penting juga perlu dipikirkan dulu sebab mengabari semua kontak di nomor lama itu susah.
    Kalau memang tidak terlalu penting nomornya tinggal ganti saja, ingat kalau sudah mengganti nomor jangan asal masukan nomor di situs yang tidak jelas. Kalau memang harus memasukkan nomor telepon saat membuat akun baiknya lihat apakah situs tersebut terpercaya atau tidak.
  • Gunakan Aplikasi Blokir Spam

    aplikasi-blokir-spamaplikasi-blokir-spam

    Cara kedua adalah memakai aplikasi spam blocker, aplikasi ini banyak dan mudah sekali didapatkan. Untuk mendapatkan aplikasinya tinggal cari saja di internet, setelah menemukan aplikasi yang dicari tinggal install saja di perangkat smartphone. Ingat kalau install dari sumber tidak dikenal harus merubah pengaturan smartphone terlebih dahulu.
    Jika sudah memakai aplikasi tersebut, secara otomatis aplikasi akan langsung memblokir nomor-nomor yang mencurigakan. Selain bisa memblokir SMS juga bisa memblokir panggilan juga jadi tidak akan rugi kalau menggunakan aplikasi seperti ini.
  • Merubah Pengaturan Di Perangkat
    Semua smartphone pastinya sudah punya fitur khusus yang berfungsi memblokir nomor tertentu, jadi kalau sudah mengaktifkan fitur ini perangkat tidak akan menerima lagi spam atau teks dari robot. Untuk mengaktifkan fitur ini caranya adalah masuk ke menu telepon, setelah itu klik tiga titik di kanan atas.
    Pilih menu pengaturan lalu pilih blockir, selanjutnya blockir pesan. Setelah itu pilih blockir pesan dari nomor yang tidak dikenal. Selain itu bisa juga mengisikan kata kunci untuk pesan spam agar bisa langsung terdeteksi kalau SMS-nya berisi kata kunci tersebut. Itulah cara blokir SMS spam yang paling mudah dipraktekan.


Ketahui Cara Mendapatkan Uang Dari Game

Bingung mendapatkan uang tambahan tapi tidak punya skill selain bermain game? Jangan khawatir, ketahui cara mendapatkan uang dari game secara mudah dengan 4 cara ini

Cara Membersihkan Sampah di HP yang Efektif

Ingin tahu informasi cara membersihkan sampah di hp dengan efektif? Simak ulasan lengkapnya hanya disini.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Terlengkap

Cobalah cara menyembunyikan aplikasi di hp paling ampuh untuk semua jenis hp. Penasaran apa saja caranya? ayolah simak semua triknya di bawah ini.

Ikuti 3 Cara Jitu Dapatkan Diamond Gratis

Malu dengan hero tanpa skin saat sedang match? Ingin top up tapi mahal? Jangan sedih, ikuti tips dan cara mendapatkan diamond gratis dari game Mobile Legend secara mudah berikut ini.



Verify that you are not a robot.