Cara Cek HP Saat Beli

Cara Cek HP

Smartphone sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting, jadi semua orang pasti memiliki smartphone. Namun kita harus tahu dulu cara cek HP sebelum membeli supaya kita itu tidak tertipu penjual yang nakal. Sekarang banyak penjual nakal yang bisa menipu kita dan membuat kita mendapatkan kerugian, jadi kita itu harus waspada dan mengetahui persis cara cek.

Untuk pengecekan HP sendiri mungkin berbeda untuk HP baru dan HP lama, namun memang biasanya HP lama lebih rumit. Lebih banyak hal yang harus dicek, karena tentunya lebih besar kemungkinan adanya eror dan lain sebagainya. Berikut ini kami akan jelaskan cara cek yang benar itu seperti apa secara detail supaya tidak salah beli.

Bacaan Lainnya

Membeli HP Baru

Meskipun membeli HP yang baru, akan tetapi kita tetap harus melakukan pengecekan terlebih dahulu lho. Karena bisa saja penjual tersebut menipu kita dengan device yang mungkin sebenarnya repack atau sudah tidak baru. Jadi kita perlu perhatikan beberapa hal dan harus memeriksa beberapa hal sebelum beli, berikut ini beberapa hal yang harus dicek.

  1. Mengecek Box Pembelian

    Hal pertama yang harus di cek pada saat melakukan pembelian HP baru itu adalah cek box dari HP tersebut. Kita harus cek box HP kita itu dulu, apakah sudah sesuai dengan box yang aslinya dari HP yang kita ingin beli. Pada box kita harus cek juga soal sticker dan juga segel yang ada di box tersebut.

  1. Mengecek IMEI

    Hal kedua adalah kita harus cek IMEI dari HP tersebut, biasanya ada sticker IMEI di bagian luar box HP. Kita bisa cek di situs resmi pemerintah untuk cek IMEI, nanti kita bisa cek kalau itu HP resmi. Cara cek HP ini pun bisa mengetahui apakah memang benar ini smartphone yang kita ingin beli.

Membeli HP Lama

Bila membeli HP lama tentu ada lebih banyak hal yang harus diperiksa, karena ini adalah HP bekas ya. Berikut ini beberapa pengecekan yang mesti kita lakukan.

  1. Mengecek kondisi bodi dari HP itu sendiri, lihat secara detail apakah ada kerusakan seperti layar atau ada lecet dan lain sebagainya.
  2. Mengecek segel yang terpasang di HP, bila segel masih resmi berarti belum ada kerusakan yang di service di counter sembarangan.
  3. Mengecek IMEI dengan menggunakan situs cek IMEI resmi, ini bisa mengetahui detail IMEI tersebut benar HP yang dimaksud atau tidak.
  4. Mengecek fungsi HP, bisa secara langsung bisa juga dengan kode tertentu pada beberapa merek HP. Dengan kode tersebut biasanya kita bisa melihat kondisi seperti baterai, layar, sinyal, dan masih banyak lagi.
  5. Cek harga pasar dari smartphone yang akan kita beli, ini tidak kalah penting ya supaya kita tidak tertipu. Dari tahu harga pasar pun kita bisa mengira-ngira harga yang pas untuk membeli HP tersebut.
  6. Yang terakhir adalah mengecek garansi, apakah masih ada garansi untuk smartphone bekas yang akan kita beli tersebut. Ini akan membuat kita lebih aman ketika membeli HP bekas.

Memang membeli HP bekas itu memiliki risiko yang besar, karena itulah kita harus lakukan pengecekan dengan teliti. Cara cek HP menjadi salah satu informasi yang harus diketahui secara baik supaya kita tidak menyesal beli HP bekas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *