Kini Cara Cek SLIK OJK Online Mudah Dilakukan

Cara Cek SLIK OJK Online

BI Checking adalah suatu layanan informasi di dalam Sistem Informasi Debitur (SID) yang di dalamnya berisi riwayat kelancaran ataupun non performing credit payment debitur. Namun saat ini penggunaan BI Checking sudah mengalami peralihan ke SLIK OJK.

Apa Itu Slik Ojk

Tugas dari SLIK OJK ini memiliki tugas melakukan pengawasan atas informasi keuangan yang ada. Untuk pengecekan SLIK juga sangat mudah dan bisa dilakukan secara online, bahkan cara cek SLIK OJK online sangatlah mudah untuk dilakukan.

Seperti yang diketahui dulunya BI memiliki tanggung jawab dalam hal pengelolaan, regulasi serta pertumbuhan dari sistem informasi antar bank. Namun peran serta fungsi tersebut mulai 31 Desember 2013 hingga 31 Desember 2017 sudah dialihkan ke OJK.

SLIK OJK sendiri memiliki peran untuk menghubungkan antara BI dengan LPS, sehingga berbagi data melalui aplikasi lebih mudah dilakukan. Beberapa hal yang bisa diperoleh dari SLIK OJK ini berupa laporan pemeriksaan bank, catatan bank dan informasi lainnya.

Cara Pengecekan Slik Ojk

Bagi kalian yang ingin melakukan pengecekan BI Checking sangatlah mudah dilakukan karena sudah bisa diakses secara online lewat SLIK. Kalian bisa meminta informasi yang berkaitan dengan debitur dengan membuka website resminya dan mulai melihat detail kredit. Setelah itu cara cek SLIK OJK online yang bisa kalian lakukan sebagai berikut.

  • Persiapan Dokumen

    Langkah pertama siapkan dokumen yang digunakan untuk pengecekan online baik debitur perorangan dan badan usaha, dokumen yang diperlukan berbeda. Untuk perorangan yang diberikan berupa fotokopi KTP (WNI), sedangkan WNA butuh fotocopy identitas diri serta identitas asli bisa berupa paspor, bawa juga surat kuasa asli (jika memang diberi kuasa).
    Sedangkan untuk debitur badan usaha maka dokumen yang diperlukan NPWP, perubahan anggaran dasar, akta pendirian dan juga surat kuasa asli, fotokopi serta identitas asli surat kuasa (jika diberikan kuasa), fotocopy serta identitas asli dari badan usaha. Jadi itulah dokumen yang diperlukan jangan sampai salah.

  • Pengisian Form Antrian

    Langkah selanjutnya yaitu pengisian form antrian caranya kalian masuk ke situs resmi OJK. Jika sudah menemukan form antrian online maka isi formulir permohonan untuk IDEB dan nantinya pilih antrian yang termasuk di dalamnya jadwal waktu serta keterangan berupa sisa slot antrian.
    Untuk waktu pelayanan atau permintaan hanya dilakukan pada Hari Senin hingga Jumat (hari kerja). Untuk waktu antrian secara online dibuka setiap 1 jam mulai dari jam 8 pagi hingga 3 sore, namun penting untuk diperhatikan jam 12 hingga 1 siang layanan antrian istirahat.

  • Verifikasi Data

    Jika tahap pengisian formulir antrian online selesai dilakukan maka kalian akan menerima email persetujuan. Sebagai tahap akhir verifikasi data maka kalian akan diminta untuk menghubungi nomor WhatsApp miliki OJK-SLIK yang sudah tertera pada email. Agar proses ini berjalan lancar maka periksa isi email sebaik-baiknya.

Jika semua tahapan selesai maka kalian periksa email di kotak masuk sebagai tahap akhirnya. Nanti SLIK OJK akan memberikan informasi mengenai detail Debitur SLIK melalui email. Saat membaca konten debitur dan kalian merasa kesulitan maka lihat informasi panduannya di situs resmi OJK.

Jadi itulah cara cek SLIK OJK online yang bisa kalian lakukan, sangat mudah bukan. Layanan semacam ini tentunya akan sangat efektif karena kalian cukup diam di rumah saja tanpa harus berkerumun dengan orang banyak hanya untuk mendapatkan informasi tersebut. Selalu ingat untuk melakukan pengecekan pada hari kerja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *