Cara Cek Tilang Elektronik untuk Kendaraan Kita

  • Whatsapp
Cara Cek Tilang Elektronik

Informasi mengenai cara cek tilang elektronik saat ini cukup banyak membuat penasaran beberapa pihak. Hal ini dikarenakan untuk penerapan tilang saat ini memang lebih sering dilakukan oleh pihak kepolisian menggunakan cara elektronik melalui CCTV.

Sehingga membuat beberapa pihak terkadang tidak menyadari bahwa mereka ternyata terkena tilang tanpa mereka sadari. Tidak bisa dipungkiri mu mungkin beberapa orang memang sudah memiliki kebiasaan dalam melanggar lalu lintas secara ringan.

Walaupun begitu, pemberlakuan tilang pun tetap akan dilangsungkan bahkan dalam jenis pelanggaran lalu lintas apapun itu. Karena itulah untuk saat ini mungkin sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk mengecek E-tilang pada kendaraan agar tidak merugi nantinya.

Karena ada beberapa dampak langsung yang akan dialami apabila Anda mengabaikan e-tilang tersebut entah itu secara sengaja ataupun tidak sengaja. Maka dari itulah simak informasi berikut ini untuk mengetahui beberapa akibatnya.

Akibat Jika Tidak Membayar E-Tilang

Dalam pemberitahuan e-tilang, pengendara akan diberikan peringatan melalui surat yang akan ditujukan kepada alamat kendaraan tersebut. Sehingga hal ini tidak akan menjadi masalah apabila mereka mengetahui pelanggarannya.

Namun bagaimana apabila ternyata kendaraan Anda masih belum dibalikin lama dan menjadi atas nama orang lain? Biasanya surat tersebut akan dilayangkan kepada pemilik kendaraan tersebut sehingga Anda tidak akan mengetahui apabila melakukan pelanggaran.

Karena itulah Anda harus mengetahui cara cek tilang elektronik untuk mengetahui mengenai pelanggaran yang dialami. Denda yang di berikan oleh pelanggaran lalu lintas memang wajib untuk di bayarkan. Namun bagaimana jika tidak membayarnya? Simak akibatnya sebagai berikut.

Akibat pertama apabila tidak membayarkan denda dari tilang tersebut tentunya STNK Anda akan diblokir. Hal tersebut bukanlah merupakan keputusan sepihak dikarenakan sudah dijelaskan bahwa pelanggaran sebelumnya akan mendapatkan surat konfirmasi dari petugas.

Jadi apabila konfirmasi tersebut tidak ada tanggapan maka STNK akan diblokir oleh pihak kepolisian. Untuk batas waktu pembayaran nya sebenarnya sudah kita cantumkan pada surat tilang yang dikirimkan kepada pelanggar. Biasanya antara 8 sampai 15 hari.

Sehingga jika tidak ada tanggapan dan STNK tersebut diblokir maka pelanggar dimungkinkan tidak akan bisa membayar pajak tahunan apabila tidak menyelesaikan denda tilang tersebut.

Cara Mudah Cek Tilang Elektronik

Cara cek tilang elektronik tentunya merupakan salah satu informasi wajib yang harus diketahui oleh para pengendara saat ini. Seperti yang kami uraikan sebelumnya bahwa hal tersebut bisa dijadikan sebagai tindakan preventif jika ternyata kendaraan masih atas nama orang lain. Jadi simak informasi berikut ini mengenai caranya.

  • Cara pertama ialah dengan mengunjungi halaman resmi dari e-tilang. Yang bisa didapatkan dengan menuliskan alamat https://etle-pmj.info/id. Alamat tersebut akan berfungsi sebagai database untuk mengecek apakah kita terkena tilang atau tidak.
  • Langkah selanjutnya yaitu Anda bisa memilih pilihan “CEK DATA”. Nantinya akan muncul kotak kosong yang harus diisikan oleh nomor identitas pada STNK Anda. Data tersebut meliputi nomor mesin, plat nomor, serta nomor rangka kendaraan.
  • Setelah di submit nanti akan ada muncul hasilnya. Apabila Anda terkena tilang, maka akan muncul keterangan mengenai waktu dan jenis pelanggarannya sesuai dengan surat tilang. Untuk hasil lainnya akan muncul “DATA TIDAK DITEMUKAN”.
  • Hal itu bukan berarti bahwa Anda salah menuliskan informasi pada kotak dialog. Sebab itu tandanya bahwa kendaraan Anda tidak terkena tilang sehingga tidak perlu khawatir.

Cara cek tilang elektronik tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan bahkan bagi orang awam sekalipun. Yang terpenting ialah ketelitian Anda telah memasukkan nomor identitas kendaraan agar tidak salah hasil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *