Simak Cara Daftar Bantuan UMKM Secara Online

Cara Daftar Bantuan UMKM Secara Online

Kabar gembira untuk Anda yang memiliki usaha mikro, karena saat ini masih bisa melakukan cara daftar bantuan UMKM secara online ataupun secara offline sesuai dengan fasilitas yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan UKM setempat.

Sebagai informasi tambahan yang perlu diketahui oleh pelaku usaha mikro, bahwa bantuan UMKM atau bantuan produktif usaha mikro akan terus digulirkan sampai tanggal 31 Agustus 2021.

Bagaimana Cara Mendaftar Bantuan Umkm 2021?

Bantuan yang akan didapatkan memiliki nominal sebesar 1,2 juta rupiah. Yang biasanya akan dicairkan langsung ke setiap rekening bank milik pendaftar bantuan UMKM. Sebelumnya sudah pernah ada pendataan terkait bantuan UMKM yang diberikan pemerintah untuk membantu para pemilik usaha mikro yang terdampak dengan adanya pandemi covid 19 ini.

Namun karena satu faktor maka hanya ada beberapa UMKM saja yang menerima bantuan UMKM dari pemerintah. Maka agar supaya Anda bisa berhasil mendapatkan bantuan, sebaiknya ikuti prosedur pendaftaran bantuan dan lengkapi berkasnya dengan benar. Jangan lupa untuk selalu memantau info terbaru dari pemerintah yang berkenaan dengan bantuan yang diberikan.

Adapun syarat untuk mendapatkan bantuan UMKM 2021 adalah sebagai berikut

  1. Memiliki usaha mikro
    Ada surat usulan calon penerima BPUM
  1. Warga negara Indonesia
  2. Bukan ASN atau Aparatur Sipil Negara
  3. Tidak memiliki pinjaman di bank atau mengikuti program KUR

Kemudian syarat dokumen atau berkas pendaftaran bantuan UMKM 2021 yang harus diberikan adalah ;

  • FC KTP
  • Kartu keluarga
  • Nomor Induk Berusaha atau NIB
  • Foto Usaha
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak

Tahapan Mendaftar Bantuan UMKM Dari Pemerintah

Meski sudah diinformasikan secara umum, tetap saja ada banyak pengusaha mikro yang tak mengetahui informasi ini secara menyeluruh. Untuk itu sangat penting bagi setiap pengusaha UMKM khususnya untuk selalu memantau informasi terbaru yang diberikan oleh pemerintah terkait dengan program bantuan tersebut.

Bahwa cara daftar bantuan UMKM secara online melalui website atau e-form yang disediakan oleh Dinas Koperasi dan UKM. Atau untuk pendaftaran offline bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor Dinas Koperasi dan UKM setempat.

Tips Bagi UMKM Untuk Maksimalkan Program Gratis

Setiap usaha mikro atau UMKM pastinya memiliki keinginan untuk bisa maju dan berkembang lebih besar. Nah untuk memajukan usaha agar bisa berkembang dengan lebih baik, selain mendapatkan bantuan dari pemerintah, Anda juga harus bisa memanfaatkan program gratis yang ada di internet.

Seperti misalnya dengan memanfaatkan software gratis untuk usaha. Ada beberapa software gratis yang diberikan pada pihak UMKM untuk bisa dipakai dalam operasional usaha. Diantaranya adalah software untuk desain grafis, manajemen media sosial, manajemen proyek dan catatan keuangan dalam bisnis.

Kemudian Anda juga bisa bergabung ke kelas usaha yang diselenggarakan secara gratis dan dapatkan kesempatan pendanaan dari pemerintah. Beberapa kelas usaha gratis disediakan oleh pemerintah dalam rangka memberikan edukasi usaha pada masyarakat luas sekaligus memberikan pendanaan usaha yang dibutuhkan oleh setiap individu masyarakat yang tertarik pada usaha.

Bantuan UMKM yang diberikan pada masyarakat harus benar-benar digunakan untuk membuat usaha bisa bangkit kembali di tengah masa pandemi ini. Karena tak dipungkiri, ada banyak sekali jenis usaha yang tutup atau gulung tikar karena terdampak pandemi covid 19 yang hampir 2 tahun ini tak kunjung berakhir.

Anda bisa cek data penerima bantuan UMKM secara online dan lakukan cara daftar bantuan UMKM secara online melalui link yang tersedia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *