Begini Urutan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online

BPJS kini menjadi salah satu jenis asuransi yang dibutuhkan oleh setiap orang. Kemudian setelah muncul BPJS ketenagakerjaan, otomatis hal ini menjadi satu jaminan baru yang memberikan keamanan bagi setiap tenaga kerja di Indonesia.

Dalam artikel berikut akan Kita ulas tentang cara daftar BPJS ketenagakerjaan online sesuai dengan urutannya.

Bacaan Lainnya

Bagaimana Cara Daftar Bpjs Ketenagakerjaan Online?

Untuk cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan kini bisa dilakukan dengan mudah melalui beberapa tahapan yang dilakukan online.

Bahkan menurut beberapa orang yang sudah melakukannya hanya butuh waktu sekitar 5 menit saja asalkan sudah mengetahui apa saja yang harus diisikan dan berkas yang harus dipenuhi.

BPJS ketenagakerjaan adalah bentuk asuransi yang dimiliki oleh pekerja untuk jaminan karena tak selamanya bisa bekerja. Banyak kejadian tentang hal yang tak terduga atau karena harus pensiun yang membuat seseorang tak bisa bekerja lagi padahal masih butuh penghasilan untuk menghidupi keluarga.

Jika seseorang sudah bekerja di sebuah lembaga atau perusahaan maka biasanya akan didaftarkan kepesertaannya oleh si pemberi kerja atau perusahaan tersebut.

Namun untuk peserta mandiri maka harus melakukan pendaftaran secara mandiri. Lalu siapa saja yang bisa masuk ke dalam program BPJS ketenagakerjaan? Yang bisa masuk ke dalamnya adalah pekerja sektor informal dan wiraswasta.

Syarat Untuk Melakukan Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Online

Untuk melakukan cara daftar BPJS ketenagakerjaan online bisa dengan melalui beberapa tahapan berikut ini.

Syarat mendaftar BPJS ketenagakerjaan

  1. Surat izin usaha dari pemerintah desa atau kelurahan setempat
  2. Salinan KTP pekerja
  3. Salinan kartu keluarga pekerja
  4. Pas foto pekerja berwarna ukuran 2×3 1 lembar

Tahapan mendaftar BPJS ketenagakerjaan

  1. Berkunjung ke website BPJS ketenagakerjaan
  2. Pilih menu Daftarkan Saya, pilih opsi Pekerja BPU (Bukan Penerima Upah) atau individu
  3. Isi 4 langkah pendaftaran yang terdiri dari informasi pekerja, profil pekerja, konfirmasi pendaftaran dan pembayaran yang dilakukan.
  4. Setelah proses tersebut di atas selesai. Selanjutnya Anda hanya perlu untuk membawa berkas yang dibutuhkan ke kantor BPJS ketenagakerjaan di kota tempat tinggal Anda

Keuntungan Terdaftar Di BPJS Ketenagakerjaan Untuk Pekerja

Banyak pekerja yang tak memahami apa saja keuntungan yang bisa didapatkan jika ikut serta sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan. Padahal hal itu akan sangat menjamin kesejahteraan hidup mereka ke depannya nanti.

Keuntungan dengan mendaftar BPJS ketenagakerjaan adalah bisa ikut berbagai program yang ada di dalamnya yaitu;

  1. Program Jaminan Hari Tua

    Dalam program ini akan ada uang yang dipersiapkan untuk menyongsong hari tua pekerja nanti. Umumnya banyak pekerja yang bekerja di suatu perusahaan yang besar yang berharap bisa bekerja dalam jangka waktu lama sehingga memiliki keinginan untuk menuai sesuatu di hari tua mereka.

  2. Program Jaminan Kecelakaan Kerja

    Sebuah program yang menjamin adanya bantuan untuk pekerja yang alami kecelakaan kerja saat sedang bekerja. Program asuransi ini sangat dibutuhkan khususnya untuk Anda yang bekerja di luar ruangan sehingga terjamin keselamatan kerjanya.

  3. Program Jaminan Kematian

    Sebuah program yang memiliki tujuan untuk bisa memberikan santunan atau bantuan ketika pekerja meninggal dunia pada saat masih menjadi pekerja di perusahaan tersebut.

  4. Program Jaminan Pensiun

    Kemudian program yang terakhir adalah program untuk memberikan dana pensiun bagi seluruh pekerja yang ada di perusahaan tersebut saat mereka sudah tak bekerja lagi.

Itulah beberapa cara daftar BPJS ketenagakerjaan online yang bisa Anda lakukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *