Memahami Cara daftar EFIN Online dengan Benar

Cara daftar EFIN Online

Bagi seorang WP atau Wajib Pajak tentu diharuskan melaporkan bukti pembayaran dengan menggunakan Surat Pemberitahuan (SPT) dari Pajak Penghasilan (PPh). Untuk bisa melaporkan hal tersebut tentu WP diharuskan memiliki EFIN yang bisa dibuat secara online, bahkan cara daftar EFIN online tidaklah sulit.

Mengenal Apa Itu Efin

EFIN adalah salah satu tahapan yang perlu dilalui agar nantinya WP bisa terdaftar dalam sistem DJP Online, sebelum nantinya memenuhi kewajiban untuk melakukan pelaporan dari SPT pajak penghasilan. Bagi kalian yang baru menjadi seorang WP tentu akan merasa bingung mengenai apa itu EFIN, maka untuk menambah informasi bisa menyimak informasi berikut.

Bacaan Lainnya

EFIN (Electronic Filing Identification Number) merupakan sebuah nomor identitas yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang berguna agar WP bisa melakukan transaksi elektronik. EFIN pajak pribadi merupakan nomor yang juga dibutuhkan dalam penyampaian SPT pajak baik secara online maupun real time.

Pendaftaran Efin Secara Online

Untuk melakukan aktivasi EFIN saat ini tidak hanya bisa dilakukan dengan cara datang langsung ke kantor namun juga bisa dilakukan secara daring. Adapun cara daftar EFIN online yang bisa kalian ketahui tahapannya sebagai berikut ini.

  • Unduh Formulir Permohonan

    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh formulir permohonan yang bisa kalian unduh langsung pada lama resmi pajak. Nantinya kalian akan diarahkan sampai menemukan file PDF berisikan formulir permohonan dan bisa langsung kalian unduh saja. Formulir tersebut bisa digunakan baik untuk WP pribadi, badan dan bendahara maupun kuasa WP.

  • Pengisian Formulir

    Langkah selanjutnya yaitu pengisian formulir EFIN online dan usahakan mengisinya dengan jelas. Jangan lupa centang kolom aktivasi dan orang pribadi. Data yang perlu diisi pada formulir tersebut berupa NPWP, nama serta tanggal lahir dan data lainnya.
    Penting untuk diperhatikan disini untuk kolom EFIN sebaiknya dikosongkan terlebih dahulu. Untuk pengisian nomor telepon serta email haruslah yang aktif karena digunakan untuk mengirim kode EFIN lewat email. Jika selesai jangan lupa beri tanda tangan, tuliskan tempat dan tanggal lahir serta nama kalian.

  • Swafoto

    Tahap selanjutnya yaitu swafoto dan dilakukan dengan memegang KTP asli serta NPWP asli. Saat swafoto perhatikan betul agar nomor NPWP serta NIK KTP terlihat dengan jelas karena nanti akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas.

  • Kirim Email Permohonan

    Langkah selanjutnya kirimkan email permohonan ke KPP, pastikan mengetahui dimana KPP kalian terdaftar. Jika sudah mengetahui email KPP yang dituju maka tuliskan email dengan menuliskan pada bagian subjek “Permohonan EFIN”. Jangan lupa lampirkan formulir serta swafoto di dalam email.

  • Aktivasi EFIN

    Jika semua tahapan telah selesai dilakukan maka tunggulah beberapa saat untuk mendapatkan email berisikan kode EFIN. Waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama bahkan tidak sampai 24 jam. Untuk pengajuan sangat penting dilakukan pada hari kerja. Jika EFIN pajak sudah diperoleh maka lakukan aktivasi melalui situs DJP Online.

Jadi itulah cara daftar EFIN online yang bisa kalian dengan sangat mudah tanpa perlu repot-repot datang ke kantor. EFIN online yang kalian miliki nantinya akan memberikan banyak keuntungan dan kemudahan dalam pelaporan SPT Tahunan.

Tidak hanya itu saja para WP setelah memiliki EFIN akan mudah karena sudah terenkripsi dan untuk data dijamin kerahasiaannya. Jadi dengan kata lain dengan memiliki EFIN akan banyak kemudahan yang kalian rasakan maka segera buat EFIN baik datang langsung ke kantor maupun secara daring semuanya bisa dilakukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *