Cara Daftar online BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi

Cara Daftar online BPJS Kesehatan

Jaminan kesehatan di Indonesia banyak macamnya dan salah satu yang paling populer yaitu BPJS Kesehatan. Layanan ini sudah hadir di tengah masyarakat sejak tanggal 1 Januari 2014 hingga saat ini sudah banyak digunakan. Semakin tahunya layanan BPJS Kesehatan semakin berkembang salah satunya muncul layanan pendaftaran online.

Mendaftar Bpjs Kesehatan Secara Online

Pendaftaran dengan cara online tentu akan sangat memudahkan terutama di masa pandemi seperti saat ini yang memang sangat dilarang untuk berkerumun. Untuk melakukan pendaftaran hanya diperlukan jaringan internet dan juga smartphone saja, sangat praktis bukan. Bagi yang belum mengetahuinya berikut adalah cara daftar online BPJS Kesehatan.

  • Download Aplikasi JKN

    Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengunduh aplikasi JKN yang sudah tersedia di Play Store. Jika proses pengunduhan selesai maka kalian tinggal buka saja aplikasinya dan klik menu daftar dan pilih menu pendaftaran peserta baru.
    Nantinya akan muncul beragam ketentuan pastikan untuk membacanya dengan teliti sebelum klik setuju. Jangan lupa juga masukan NIK ataupun E-KTP beserta dengan kode Captcha yang tercantum pada kolom dan klik selanjutnya untuk masuk ke tahap selanjutnya.

  • Pengisian Data

    Saat kalian sudah mengklik selanjutnya maka akan muncul data calon peserta dan keluarga secara otomatis. Langkah selanjutnya yaitu pengisian data, kalian isi data diri sebenar-benarnya dan juga pilih apa saja fasilitas kesehatan yang kalian inginkan serta faskes gigi yang mudah dijangkau. Langkah selanjutnya kalian masukan alamat e-mail yang masih aktif dan klik simpan.

  • Verifikasi Pendaftaran

    Jika semua data telah diisi dengan benar maka kalian akan mendapatkan nomor verifikasi yang akan dikirimkan ke alamat e-mail kalian. Nomor tersebut langsung kalian salin dan masuk kembali ke aplikasi JKN dan nanti akan muncul tampilan berupa rincian data yang sudah didaftarkan tadi. Tidak hanya nomor verifikasi tapi kalian akan mendapatkan nomor virtual account untuk membayar premi.

Besar Iuran Bpjs Kesehatan

Setelah kalian mengetahui cara daftar online BPJS Kesehatan maka hal lain yang perlu diketahui adalah besar iurannya. Masalah iuran ini sudah diatur dalam Perpres Nomor 64/2020, dimana besaran iuran dibagi menjadi tiga golongan.

Untuk yang memilih kelas III maka besaran iurannya 42 ribu per bulannya. Namun mulai 1 Januari 2021 ada aturan baru yang mana pemerintah memberikan subsidi iuran 7 ribu sehingga peserta cukup membayar iuran sebesar 35 ribu saja.

Untuk perawatan kelas II dikenakan biaya 100 ribu setiap bulannya dan untuk kelas I sebesar 150 setiap bulannya. Biaya iuran tersebut berlaku hanya untuk satu orang saja, jadi bila dalam 1 KK terdapat 3 orang yang menjadi peserta BPJS Kesehatan maka kalian harus membayar kelipatannya.

Jadi itulah sedikit informasi mengenai BPJS Kesehatan yang perlu kalian ketahui. Jaminan kesehatan semacam ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan tetapi bagi kalian yang ingin memiliki jaminan kesehatan murah bisa memilih BPJS Kesehatan.

Terlebih lagi cara pendaftaran online BPJS Kesehatan yang mudah dan iuran yang terjangkau bisa menjadi nilai poin plus tersendiri. Selain murah jaminan kesehatan ini bisa digunakan oleh semua golongan masyarakat tanpa terkecuali.

Kemudian juga layanan ini memberikan jaminan kesehatan seumur hidup bagi pesertanya. Jadi jaminan ini tidak terbatas hanya pada usia tertentu saja dan ini akan sangat jarang kalian dapatkan terutama pada asuransi kesehatan swasta. Namun kembali lagi apapun jaminan kesehatan yang dipilih pastikan untuk memilihnya dengan tidak tergesa-gesa dan bijak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *