Cara Jualan Online Makanan Basah Tanpa Rugi

Cara Jualan Online Makanan Basah

Cara jualan online makanan basah memang harus dilakukan dengan baik dan benar. Pasalnya untuk ide jualan yang satu ini melibatkan produk makanan jadi yang bertekstur basah serta rentan alami basi. Tentunya menjadi hal yang sangat dihindari pebisnis untuk menjual makanan basi pada konsumen bukan?

Cara Menjual Makanan Basah Secara Online Tanpa Alami Kerugian

Banyak pedagang yang bisa sukses menjalani bisnis jual online makanan dengan melakukan beberapa trik dagang. Berikut adalah beberapa cara untuk jualan online khusus makanan basah agar sukses dan tak alami kerugian.

  1. Buat sistem masak mendadak atau sistem pre order

    Maksudnya adalah bahwa Anda membuat pengaturan pada bisnis Anda dengan cara memasak hanya setelah ada pesanan masuk sehingga makanan fresh from the oven atau membuat sistem pre order. Hal itu akan membuat produk makanan dalam bisnis Anda akan sampai ke tangan pelanggan dalam kondisi fresh baru dimasak.

  1. Kemas dengan aman dan baik

    Kemasan yang bagus dan aman untuk makanan adalah kemasan dengan ketentuan non BPA dan kedap udara. Terutama jika makanan yang dikemas adalah makanan yang masih panas atau hangat. Kemasan yang baik akan menjaga kualitas makanan di dalamnya dengan baik.

  1. Perhatikan kehigienisan cara dan peralatan memasak

    Sering kali makanan yang dijual secara online mudah basi justru karena penjual tak memperhatikan kebersihan saat memasak. Dari mulai cara memasak, peralatan dan bahan masakan yang digunakan harus dipastikan higienis sehingga lebih awet dan tahan lama.

  1. Posisikan diri sebagai konsumen

    Banyak penjual makanan basah secara online yang mengaku bingung harus bagaimana menghadapi keinginan pelanggan yang terkadang rewel dan banyak maunya. Dalam hal ini Anda harus bisa memosisikan diri sebagai konsumen sehingga bisa memberikan apa yang mereka butuhkan. Seperti misalnya melengkapi paket makanan dengan sendok dan garpu sehingga makanan bisa langsung disantap.

  1. Ramah pada kurir online

    Salah satu pihak yang berjasa pada cara jualan online makanan basah adalah kurir online. Mereka yang bertugas untuk mengirimkan makanan basah agar sampai ke tangan konsumen dalam kondisi masih hangat dan utuh sehingga penjual mendapatkan ulasan yang baik.
    Untuk itu, Anda sebagai penjual online harus bisa bekerja sama dengan baik bersama para kurir online sehingga mereka pun akan semangat untuk mengantarkan makanan yang dibuat oleh Anda.

  1. Respons dan layanan cepat

    Pikirkan mengapa mereka memesan makanan basah pada Anda? Tentu karena mereka merasa lapar dan ingin menyantap makanan yang Anda jual secara online.
    Agar bisa membuat pelanggan puas maka Anda harus bisa memberikan respons dan layanan dengan cepat. Sehingga mereka pun tak sempat untuk merasakan lapar yang sangat ketika menunggu makanan yang mereka pesan.

  1. Memiliki toko offline

    Menjalankan bisnis makanan secara online paling tidak Anda harus memiliki toko offline agar supaya pelanggan bisa langsung datang ke toko offline yang Anda miliki.
    Dengan keberadaan toko offline tersebut maka bisnis makanan basah online Anda juga akan terpercaya bagi konsumen.

Jenis Makanan Basah yang Laris Dijual Secara Online

  • Salad buah
  • Martabak
  • Menu masakan rumahan
  • Brownies atau kue balok
  • Sambal berbagai varian
  • Olahan daging
  • Kering tempe atau kering kentang
  • Manisan atau asinan

Itulah beberapa cara jualan online makanan basah yang bisa Anda coba untuk bisnis Anda di tahun ini. Semoga menginspirasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *