Cara Lapor Pajak Pribadi Online dengan Benar

Cara Lapor Pajak Pribadi Online

Bagi kalian para Wajib Pajak (WP) tentunya mengetahui jika 3 bukan setelah pelaksanaan Tahun Pajak berakhir ataupun 31 Maret merupakan batas waktu akhir pelaporan SPT Tahunan. Sebagai bentuk antisipasi kalian harus segera melakukan pelaporan secara offline maupun online dengan cara lapor pajak pribadi online yang mudah untuk dilakukan.

Jangan Telat Melakukan Pelaporan Pajak Pribadi

Jika kalian terus menunda dan tidak melapor SPT Tahunan maka bisa berakibat pada telatnya pelaporan dan kalian bisa dikenakan sanksi ataupun denda. Tentunya kalian tidak ingin membuang-buang uang hanya itu membayar denda bukan, bahkan yang lebih parahnya lagi bisa terkena pidana.

Bacaan Lainnya

Pelaporan bisa dilakukan dengan cara menyambangi atau datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk melakukan pelaporan. Akan tetapi bagi kalian yang memiliki prinsip kepraktisan dalam hidup maka pelaporan SPT Tahunan dengan cara online merupakan pilihan yang sangat tepat. Pelaporan online tersebut melalui layanan yang bernama e-filling yang ada di laman Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Langkah-Langkah Pelaporan Pajak Pribadi Online

Walaupun mudah dilakukan cara lapor pajak pribadi online ini memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal pertama yaitu proses registrasi terlebih dahulu pada laman DJP online dan untuk selanjutnya tata cara pelaporan, untuk informasi tersebut bisa menyimak informasi berikut ini.

  • Membuat Akun DJP Online
    Untuk pembuatan akun pada laman DJP Online memiliki tujuan agar nantinya kalian bisa memperoleh Electronic Filing Identification (EFIN). Untuk memperoleh EFIN bisa didapatkan dengan datang langsung ke KPP terdekat ataupun masuk ke laman resmi milik pajak.
    Setelah kalian memiliki EFIN maka langkah selanjutnya membuka laman DJP Online dan lakukan registrasi. Saat proses registrasi kalian masukan saja Nomor Pokok Wajib Pajak / NPWP dan juga EFIN, lalu input kode keamanan dan langkah terakhir klik submit.
  • Tata Cara Pelaporan SPT Tahunan
    Untuk selanjutnya adalah tata cara pelaporan SPT Tahunan masukan ke laman DJP Online dan lakukan login, setelah login maka klik “Lapor” dan klik “e-filing” dan selanjutnya klik “Buat SPT”. Nantinya akan muncul beragam pertanyaan kalian harus menjawabnya, pada pertanyaan terakhir karena laporan pribadi maka pilih formulir 1770 S dengan formulir dan isi data dengan benar.
    Nantinya akan muncul keterangan yang menanyakan apakah pembayaran dari pihak ketiga atau tidak dan pilih saja sesuai keadaan sebenarnya. Jika sudah selesai maka kalian ke tahap selanjutnya pengisian identitas. Nantinya jika sudah akan muncul status mengenai SPT Tahunan kalian, jika sudah bayar maka klik opsi sudah bayar.
    Jika tahapan tersebut sudah benar maka kalian ke tahap selanjutnya yaitu pernyataan. Perhatikan betul-betul apakah data yang diisi sudah benar dan jika sudah klik centang. Tahapan terakhir kalian akan mendapatkan kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui e-mail. Buka email dan salin kodenya kemudian masuk ke DJP Online dan klik kirim SPT.

Bagaimana sangat mudah bukan cara lapor pajak pribadi online, jika kalian kebingungan jangan khawatir karena di DJP Online ada panduannya. Walaupun bagi sebagian orang membayar pajak dan melakukan pelaporan merupakan hal yang merepotkan namun sebagai warna negara yang baik hal itu tentu harus dilakukan.

Selalu ingat bayar pajak dengan teratur demi kontribusi kalian kepada negara dan setelah itu jangan lupa lakukan pelaporannya. Jika cara pelaporan secara online dianggap kurang jelas maka datang langsung ke KPP terdekat sehingga kalian bisa mendapatkan informasi serta pengarahan yang lebih jelas pula, sehingga suatu saat jika ingin melakukan pelaporan secara online menjadi bisa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *