Cara Lapor Pajak Secara Langsung

Cara Lapor Pajak

Khusus bagi wajib pajak yang ingin melaporkan pajak secara offline atau manual perhatikan cara lapor pajak yang benar dan tepat di bawah ini. Salah satu kewajiban yang harus dipatuhi oleh warga negara Indonesia adalah membayar pajak dan melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan atau SPT tahunan untuk orang pribadi atau badan usaha.

Cara melaporkan SPT terdapat 2 cara, yaitu secara online dan offline atau langsung ke kantor pajak. Melapor SPT secara online jauh lebih mudah dan juga nyaman sehingga boleh dicoba oleh wajib pajak.

Bacaan Lainnya

Syarat Lapor Pajak

Ada sejumlah syarat yang harus diperhatikan untuk lapor pajak ke kantor pajak. Syarat yang pertama adalah Anda harus mendapatkan dan membawa tiket antrian online sehingga akan lebih cepat prosesnya. Menggunakan tiket antrian online untuk ke kantor pajak juga penting supaya tidak terjadi antrian panjang selama di kantor.

Syarat dokumen yang harus di bawah oleh wajib pajak untuk melaporkan pajak di kantor pajak adalah daftar semua penghasilan, daftar harta bukti potong dari perusahaan atau pemberi kerja, kewajiban atau utang per akhir tahun dan KK. Setelah mempersiapkan semua persyaratan dokumen pendukung maka dapat melaporkan pajak.

Tata Cara Lapor Pajak Secara Offline

Tata cara melaporkan pajak secara offline ke kantor pajak adalah :

  1. Download dan Print Formulir SPT

    Tahapan pertama untuk lapor pajak secara langsung dengan aman adalah perlu download formulir SPT tahunan dari website resmi kantor pajak. Akses website resmi kantor pajak untuk mendapatkan formulir SPT untuk melaporkan pajak ke kantor pajak terdekat.
    Anda harus mendapatkan formulirnya dari website resmi kantor pajak supaya tidak terlalu banyak memakan waktu. Wajib pajak juga tidak perlu antre dan juga mengisi formulir di kantor pajak nantinya sehingga bisa mengisi di rumah dengan cara harus download formulirnya kemudian dapat Ada print.

  1. Mengisi Formulir

    Setelah print dokumen SPT tahunan kemudian wajib mengisi data dengan baik dan lengkap. Wajib pajak wajib mengisi semua data yang dibutuhkan untuk lapor pajak tahunan dengan baik dan lengkap sehingga bisa melaporkan SPT ke kantor pajak.
    Bawalah juga dokumen pendukung lainnya, seperti daftar harta bukti potong dari perusahaan atau pemberi kerja, kewajiban atau utang per akhir tahun, KK dan daftar semua penghasilan yang didapatkan.

  1. Mengambil Daftar Antrian

    Cara lapor pajak yang cepat bisa mengambil tiket antrian dengan mudah dari situs online sehingga akan mendapatkan nomornya. Dalam rangka menghindari kerumunan maka sebaiknya mendapatkan tiket antrian sehingga bisa datang ke kantor pajak sesuai dengan nomor dan waktu yang sudah ditentukan.
    Bagi wajib pajak yang ingin menemui salah satu petugas di kantor pajak harus membuat janji terlebih dahulu untuk bertemu di kantor pajak. Setelah sepakat untuk bertemu sesuai dengan waktu yang ditentukan maka bisa datang ke kantor pajak terdekat yang ada di daerah Anda.

  1. Datang ke Kantor Pajak

    Datanglah ke kantor pajak jika sudah mengisi formulir, membawa dokumen persyaratan dan juga tiket antrian yang didapatkan sebelumnya. Serahkan semua formulir dan dokumen persyaratan dan kemudian tunggulah nomor antrian Anda dipanggil untuk menemui salah satu petugas pajak.
    Wajib pajak akan mendapatkan tanda terima dan bukti SPT tahunan yang sudah berhasil dilaporkan. Setelah selesai kemudian simpan tanda terima yang sudah didapatkan untuk jaga-jaga jika dibutuhkan suatu hari nanti sehingga masih ada buktinya.

Jadi, itulah cara lapor pajak secara langsung dan aman ke kantor pajak sehingga harus diperhatikan seluruh wajib pajak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *