Cara Lapor SPT Pajak Online Secara Mudah

Cara Lapor SPT Pajak Online

Bagi Anda yang mau lapor SPT tahunan secara mudah jangan khawatir karena ada penjelasan cara lapor SPT pajak online di sini. Melaporkan pajak tahunan dapat dilakukan secara online dan offline atau langsung. Cara melaporkan pajak jauh lebih praktis dan juga cepat secara online karena mendapatkan banyak kemudahan dan kelebihan.

Kelebihan Lapor Pajak Secara Online

Masih banyak masyarakat khususnya yang wajib pajak tidak cukup paham mengenai lapor pajak secara online. Ada banyak kelebihan yang akan dirasakan jika lapor pajak secara online dan salah satunya adalah perhitungan dilakukan secara otomatis sehingga akan lebih mudah pada saat memasukkan angka.

Bacaan Lainnya

Kelebihan berikutnya adalah di sistem e-Billing dan e-Filling memiliki keunggulan dapat melakukan pelaporan dan penyetoran pajak dengan satu langkah yang mudah. Pembayaran pajak juga dapat dilakukan secara tepat waktu dan juga jauh lebih mudah dalam perhitungan pajaknya.

Alur Lapor Spt Pajak Online

Alur untuk melaporkan SPT pajak online secara mudah adalah :

  1. Akses Situs Resmi Kantor Pajak

    Alur untuk melaporkan pajak secara online yang dilakukan ialah pertama mengakses situs resmi kantor pajak. Isilah nomor NPWP dan juga kata sandi untuk melakukan login. Anda harus membuat atau daftar akun terlebih dahulu jika belum memiliki akun dan registrasi dengan nomor EFIN.
    Isilah kode keamanan dengan baik dan benar dan klik login dan akan masuk ke dalam dashboard layanan digital perpajakan. Pilih menu lapor yang dan pilih e-Filling untuk melakukan lapor wajib pajak tahunan secara online.

  1. Pengisian Formulir

    Klik ikon buat SPT yang terdapat di dalam dashboard dan kemudian Anda menjawab sejumlah pertanyaan yang diberikan dengan baik dan benar. Akan muncul tombol SPT 1770 SS jika semua pertanyaan yang diajukan dijawab dengan benar.
    Isilah informasi mengenai tahun pajak, status SPT dan kemudian pilih selanjutnya. Sistem langsung mendeteksi otomatis apabila terdapat data pembayaran pajak dari pihak ke-3. Pakai data pembayaran tersebut untuk pengisian SPT dan pilih iya.

  1. Pengisian Bagian A

    Cara lapor SPT pajak online selanjutnya adalah pengisian data bagian A untuk lapor pajak secara online. Isilah sejumlah data sesuai dengan informasi yang ada, seperti mengisi data penghasilan bruto selama 1 tahun pada poin 1 dan di poin 2 isilah data pengurang. Pada poin ke 3 adalah memilih penghasilan tidak kena pajak barulah sistem akan menghitung nilai pajaknya.
    Pada poin yang ke 6 isilah dengan PPH yang sudah dipotong oleh perusahaan. Setelah pengisian poin ke 6 kemudian langsung muncul status SPT apakah kurang bayar, lebih bayar atau nihil.

  1. Pengisian Bagian B

    Lanjut dengan pengisian bagian B yaitu jika kurang bayar maka akan muncul pertanyaan lanjutan dan jika belum bayar ada informasi untuk membuat e-Billing. Apabila wajib pajak sudah membayar maka isi nomor transaksi, tanggal dan jumlah pembayarannya. SPT yang lebih bayar dapat mengunggah dokumen pendukungnya.
    Isilah semau data di pengisian bagian B sebab ada data penting yang harus diisi sesuai dengan instruksi. Isilah dengan data penghasilan final atau yang tidak kena pajak sebelum lanjut ke pengisian bagian C.

  1. Pengisian Bagian C dan D

    Pengisian bagian C adalah mengisi informasi nominal dan hutang kemudian masuk ke bagian D untuk memilih centang dan setuju apabila sudah yakin dan benar datanya. Isi kode verifikasi dan pilih kirim SPT. Anda akan mendapatkan bukti penerimaan elektronik dan kirimkan ke kantor pajak.

Seperti itulah cara lapor SPT pajak online yang harus diperhatikan oleh semua wajib pajak dengan baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *