Cara Membersihkan Sampah di HP yang Efektif

Cara Membersihkan Sampah di HP

Pernahkah Anda mengalami HP yang mendadak lemot atau loading lambat sehingga menghambat aktivitas Anda ketika menggunakan HP? Jika pernah itu tandanya Anda butuh cara membersihkan sampah di hp dengan efektif agar supaya hp terhindar dari hal tersebut.

Beberapa Cara yang Efektif Untuk Membersihkan Sampah di HP

Membersihkan sampah yang ada di HP bisa dengan menggunakan beberapa cara. Sampah yang ada di HP bentuknya adalah berupa file foto atau video yang tak penting, file dokumen tak terpakai hingga cache yang dihasilkan dari setiap aplikasi yang digunakan dalam HP. Berikut adalah beberapa cara untuk membersihkan sampah yang ada di HP dengan mudah dan cepat.

Bacaan Lainnya
  1. Lihat memori penyimpanan kamera

    Jika ada foto atau video yang tak penting sebaiknya langsung hapus saja. Ada banyak orang yang gemar mengambil foto atau video dalam setiap momennya. Namun tahukah Anda bahwa mereka tahu cara mengelola media penyimpanan di HP mereka sehingga selalu siap untuk mengambil foto atau video yang terbaru.
    Tentu saja dengan memindahkan setiap foto atau video yang baru mereka ambil ke media penyimpanan lainnya seperti laptop atau komputer PC sehingga kapasitas penyimpanan yang ada di HP lebih longgar.

  1. Gunakan layanan pembersih bawaan HP

    Hampir setiap HP yang ada saat ini memiliki layanan untuk cara membersihkan sampah di hp dan melakukan optimasi program hp dengan mudah dan cepat. Gunakan saja layanan tersebut untuk membuat performa HP Anda menjadi lebih memuaskan.
    Aplikasi pembersih bawaan biasanya akan melakukan scanning pada aplikasi dalam gadget Anda dan menghitung berapa banyak cache yang ada dari setiap aplikasi yang terinstal.

  1. Perhatikan pada layanan penyimpanan aplikasi chatting

    Layanan chatting biasanya menyimpan aneka jenis file yang dibagikan antar pengguna media chatting. Namun sayangnya banyak pengguna yang abai untuk menghapus file yang dibagikan sehingga menumpuk di dalam aplikasi dan membuat media penyimpanan penuh. Ini juga disebut sampah karena umumnya ada banyak file besar yang perlu dihapus secara manual di media sosial.

Tips untuk Membersihkan Sampah Di HP dengan Maksimal

Jika Anda ingin memiliki performa HP yang memuaskan, sebaiknya secara berkala lakukan penghapusan sampah di hp dengan baik dan benar. Terlepas dari cara menghapus apakah menggunakan aplikasi bawaan atau tidak, yang terpenting adalah untuk membuat kegiatan menghapus sampah di HP bisa dilakukan dengan baik dan benar tanpa berpengaruh pada kinerja HP Anda.

Yang pertama adalah dengan menggunakan penyimpanan awan. Untuk beberapa file penting yang berukuran besar dan Anda tak memiliki tempat penyimpanan file lainnya yang lebih aman serta memadai maka Anda bisa menggunakan tempat penyimpanan awan.

Bersihkan cache aplikasi secara menyeluruh dan berkala untuk membuat kapasitas media penyimpanan HP Anda lebih longgar. Biasanya setelah dilakukan penghapusan cache, kinerja HP akan lebih cepat dan maksimal.

Cara berikutnya adalah dengan memindahkan aplikasi ke micro-sd yang mana biasanya tersimpan secara otomatis di dalam perangkat internal HP. Namun untuk beberapa jenis aplikasi sudah disetting untuk tidak bisa dipindah ke penyimpanan micro-sd.

Tips yang terakhir adalah untuk menghapus aplikasi yang tak dipakai atau jarang dipakai sehingga tak membuat kapasitas penyimpanan terlalu penuh. Sekian ulasan tentang cara membersihkan sampah di hp dengan benar. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *