Pada saat ini hampir semua pelajar atau semua pekerja wajib memiliki kemampuan untuk mengetahui bagaimana cara membuat absen. Hal ini dikarenakan absensi merupakan salah satu hal yang cukup krusial untuk melihat suatu kedisiplinan seseorang dalam melakukan suatu hal.
Tetapi minimnya literasi dan juga kemampuan sebagian besar masyarakat sekarang ini membuat mereka kesulitan untuk mengetahui bagaimana cara melakukannya. Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk membuat absen untuk saat ini.
Absen bisa dibuat berdasarkan kebutuhan yaitu untuk absen online dan offline. Untuk membuat absen online tentunya membutuhkan suatu website pendukung. Sedangkan untuk absen offline dapat dibuat tanpa menggunakan koneksi internet dengan memanfaatkan Microsoft office.
Membuat Absen Menggunakan Microsoft Word
Anda tidak perlu khawatir apabila sampai saat ini masih belum begitu mengetahui bagaimana cara sederhana untuk membuat absen. Karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi untuk membuat hal tersebut menggunakan Microsoft Word.
- Langkah pertama yaitu bukalah terlebih dahulu aplikasi Microsoft Word pada perangkat komputer atau laptop Anda. Setelah itu pilih buat dokumen baru atau “Start New Document”. Sehingga akan ditampilkan di jendela baru mengenai kertas kosong yang siap diisi.
- Langkah kedua buatlah judul terlebih dahulu untuk absen tersebut. Anda bisa membuat judul tersebut dengan font yang besar. Nantinya akan diletakkan di tengah dengan menekan tombol “Center” pada menu layout.
- Setelah itu buatlah kerangka terlebih dahulu mengenai apa saja hal yang perlu di input pada absen tersebut, Misalnya nama, alamat, tanda tangan. Apabila sudah memiliki gambaran kasar mengenai perkiraan penggunaan kolomnya maka bisa lanjut ke tahap selanjutnya.
- Selanjutnya bukalah Menu “Insert” lalu pilih “Tabel”. Anda bisa menyesuaikan mengenai berapa jumlah kolom yang dibutuhkan pada absen tersebut. Jika sudah maka Anda hanya perlu merapikannya lalu mencetak absen tersebut.
Membuat Absen Menggunakan Microsoft Excel
Apabila ingin membuat dokumen yang berkaitan dengan kolom-kolom maka aplikasi Microsoft Excel adalah pilihannya. Sehingga Anda bisa menerapkan cara membuat absen dengan mudah apabila memanfaatkan aplikasi tersebut. Untuk tutorialnya sudah terlampir sebagai berikut.
- Cara pertama ialah dengan membuat halaman baru pada menu file. Sehingga akan terpampang worksheet kosong yang siap diisi. Setelah itu Anda bisa memasukkan judul dari absen tersebut sesuai dengan keinginan baik itu di kolom awal maupun di kolam lainnya.
- Setelah itu bisa langsung membuat inti dari absen tersebut dengan memberi jarak dengan judulnya. Tulislah terlebih dahulu setiap kolom mengenai apa saja yang ingin diisi. Elemen-elemen tersebut tentunya seperti nomor, nama, dan lain-lain.
- Sesuaikan isi dari kolom tersebut lalu dapat diselesaikan dengan membuat border. Cara untuk membuat border yaitu adalah dengan melakukan block area pada kolom yang sudah diisi. Setelah itu klik kanan dan pilih format Cell setelah itu Border.
- Dengan begitu dokumen absen Anda sudah siap untuk dicetak sesuai dengan yang terlihat pada Microsoft Excel tersebut. Sebelum mencetaknya Anda bisa melakukan print preview untuk memastikan bahwa absen sudah benar.
Meskipun di masa pandemi sekarang ini absen yang paling sering digunakan adalah absen. Tentu tidak akan menghilangkan kemungkinan bahwa absen manual akan diberlakukan kembali saat pandemi sudah berakhir. Maka dari itulah kuasai terlebih dahulu informasi mengenai bagaimana cara membuat absen seperti di atas agar tidak kesulitan kedepannya.