Cara Membuat Cireng Bumbu Rujak

Cara Membuat Cireng

Cireng bumbu rujak merupakan salah satu jajanan yang populer. Rasanya yang gurih dipadu dengan pedas asamnya bumbu rujak membuat jajan yang satu ini terasa semakin nikmat saja. Untuk mendapatkan jajanan ini tidaklah sulit karena sudah banyak yang menjualnya baik secara online maupun offline.

Bahan Cireng Bumbu Rujak

Jika kalian ingin mencoba sesuatu yang baru maka tidak ada salahnya membuat sendiri. Cara membuat cireng bumbu rujak tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan. Bahkan jika kalian berhasil membuat cireng dengan rasa yang enak akan bisa menjadi satu peluang usaha yang menjanjikan.

  • Bahan Biang

    Jika tertarik membuatnya makan hal pertama yang harus dipersiapkan adalah bahan biang. Siapkan tepung sagu 125 gram, daun bawang atau kucai 1 batang dan iris halus, bawang putih 2 siung dan haluskan.
    Untuk selanjutnya persiapkan bumbu untuk bahan biang seperti merica bubuk 1/4 sdt, garam 1/2 sdt, kaldu ayam 1/2 sdt dan minyak goreng sebanyak 500 ml. Untuk penggunaan kaldu ayam ini bisa kalian gunakan sesuai selera saja, jika ingin lebih gurih maka tambahkan lebih banyak.

  • Bahan Bumbu Rujak

    Untuk bahan selanjutnya kalian harus mempersiapkan untuk bumbu rujaknya. Bahan paling utama tentu saja kacang tanah yang sudah digoreng sebanyak 150 gram, terasi goreng 1 sdt, cabai rawit 2 buah, garam 1/2 sdt, gula merah 100 gram serta air asam Jawa sebanyak 5 sdm.

Tahap Pembuatan Cireng

Jika sudah mempersiapkan semuanya maka kalian harus menuju ke tahap yang paling penting yaitu cara membuat cireng bagian pembuatan biang dan juga bumbu rujak. Untuk memudahkan kalian dalam melihat langkah-langkahnya maka informasi berikut akan dibagi ke dalam dua bagian.

  • Pembuatan Biang Cireng

    Untuk pembuatan biangnya yaitu rebus air hingga mendidih dan pindahkan serta campurkan dengan tepung sagu. Jangan lupa aduk keduanya hingga menggumpal dan tambahkan bahan lain seperti daun bawang, kaldu, merica, garam, bawang putih dan daun bawang aduk hingga merata.
    Untuk membuat adonan menjadi kalis maka masukan tepung sagu lagi dan aduk hingga benar-benar kalis. Jika sudah kalis maka ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi pipih, jangan lupa untuk memanaskan minyak menggunakan api sedang. Setelah panas masukan adonan cireng dan aduk hingga matang.

  • Pembuatan Sambal Rujak

    Tahapan selanjutnya yaitu pembuatan sambal rujak dan ini sangatlah mudah. Persiapkan cobek dan taruh diatasnya terasi, garam, air asam Jawa, gula merah dan tidak ketinggalan cabai rawit. Ulek semua bahan hingga benar-benar halus kemudian tambahkan kacang.
    Jika sudah ditambahkan maka ulek semua bahan lagi hingga tercampur rata semuanya. Jika kalian malas menggunakan cobek maka bisa menggunakan bantuan alat lain baik itu chopper, blender maupun alat lainnya. Setelah itu taruh sambal yang sudah jadi ke dalam mangkuk dan tata cirengnya.

Jadi itulah cara yang sangat mudah untuk membuat cireng bumbu rujak. Selain dikombinasikan dengan bumbu rujak, cireng juga bisa kalian modifikasi dengan bahan lain seperti ayam yang dibuat isian. Cukup masak ayam dengan bumbu pedas dan masukan ke dalam cireng.

Apapun kreasi kalian nantinya terhadap cireng pastikan untuk mengetahui cara membuat cireng yang benar terlebih dahulu. Jika adonan biang cireng sudah enak maka dikreasikan dengan apapun akan sama enaknya.

Selain itu potensi usaha cireng juga lumayan besar karena termasuk salah satu jajan instan. Kalian bisa menjualnya dengan cara menjadikannya frozen food atau menyajikan cireng yang langsung matang semua tergantung kalian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *