Cara Membuat CV di Hp dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Membuat CV di Hp

Apakah Anda saat ini sedang mencari sebuah pekerjaan? Ketika sedang menjadi pencari kerja tentu Anda akan menyiapkan banyak hal salah satunya adalah CV atau curriculum vitae atau daftar riwayat hidup.

Mengingat CV adalah berkas yang sangat penting untuk mendapatkan pekerjaan. Maka kita juga harus mengetahui cara membuat CV di hp yang menarik.

Apa itu CV dan Apa Saja Isinya?

CV atau curriculum vitae merupakan dokumen yang berisi identitas, riwayat hidup, pengalaman, dan pencapaian yang kita miliki selama hidup. CV menjadi modal utama bagi para jobseeker.

Untuk itu mengetahui apa saja yang ada dalam CV menjadi sangat yang penting. Berikut ini beberapa hal yang harus ada dalam CV:

  1. Header

    Header seperti namanya merupakan bagian yang paling atas atau awal di sebuah CV. Biasanya dalam header akan tertulis nama lengkap, alamat, nomor telephone, email, sosial media, tanggal lahir, dan beberapa identitas lainnya yang dibutuhkan.

  2. Profil Personal

    Bagian selanjutnya yang harus ada dalam sebuah CV adalah profil personal. Didalam profil personal Anda dapat menjelaskan siapa Anda, mengapa Anda menjadi orang yang tepat untuk posisi tersebut, dan alasan mengapa Anda memiliki minat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

  3. Pengalaman Bekerja

    Pengalaman bekerja menjadi hal yang penting. Bagian ini adalah bagian yang akan selalu dilihat para HRD ketika membaca sebuah CV. Tuliskan semua pengalaman kerja yang pernah kamu lakukan beserta masa kerja dan tanggung jawab serta peran Anda selama bekerja di posisi tersebut.
    Jika Anda adalah fresh graduate yang belum pernah bekerja sebelumnya, Anda bisa menginput pengalaman praktik kerja lapang, magang, atau part time. Jangan lupa tuliskan tugas, peran, dan tanggung jawab selama melakukan aktivitas tersebut.
    Atau jika Anda juga tidak memiliki pengalaman magang atau sejenisnya, Anda bisa memasukkan pengalaman organisasi yang pernah diikuti selama menempuh pendidikan.

  4. Riwayat Pendidikan

    Riwayat pendidikan juga menjadi hal yang penting untuk dicantumkan ketika Anda membuat CV adalah riwayat pendidikan. Anda tidak perlu menuliskan menuliskan pendidikan sejak TK, cukup menuliskan pendidikan terakhir atau dua pendidikan terakhir.
    Dalam riwayat pendidikan, Anda bisa menuliskan nama instansi, jurusan, IPK atau nilai rata-rata, dan yang tak kalah penting adalah tahun Anda masuk dan tahun Anda keluar.

Bagaimana Cara Membuat CV Menggunakan HP?

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin sering muncul adalah bagaimana cara membuat CV di hp? Sebenarnya membuat CV tidaklah sulit. Untuk membuat CV menggunakan hp Anda diberi beberapa pilihan, mulai dari menggunakan aplikasi editing sampai menggunakan situs pembuatan CV online.

Jika ingin menggunakan aplikasi editing, Anda bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi tersebut di Google playstore atau Apple store. Kemudian menggunakan template atau contoh CV yang juga biasanya ada di aplikasi tersebut.

Cara berikutnya yakni dengan membuat CV melalui situs pembuatan CV online. Anda bisa langsung mencari situs tersebut di mesin pencari, kemudian memilih template yang ada disana. Dan mengisi data yang dibutuhkan, kemudian Anda bisa menyimpan CV tersebut dalam format PDF.

Demikian cara membuat CV di hp. Sebagai tips, Anda harus memperhatikan penulisan CV tersebut. Karena hp memiliki layar yang kecil, jadi mudah saja untuk typo. Maka dari itu, baca terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk menyimpan atau mengunduh CV tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *