Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Dengan Benar

  • Whatsapp
Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Saat kalian sedang melamar pekerjaan maka perlu persiapan yang benar-benar matang. Salah satu faktor penentu apakah kalian akan dipanggil ke tahap selanjutnya saat melamar kerja yaitu daftar riwayat hidup atau yang juga dikenal dengan sebutan CV.

Walaupun tergolong mudah namun nyatanya banyak fresh graduate yang merasa kesulitan untuk membuat daftar riwayat hidup dengan baik dan benar. Bahkan tidak jarang banyak dari kalian yang melakukan kesalahan sehingga apa yang hendak disampaikan menjadi tidak terlihat.

Sehingga segala sesuatu yang penting dan menunjukkan bakatmu menjadi tidak terlihat dan efeknya pihak HRD tidak akan mengetahuinya. Maka dari itu cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar perlu kalian perhatikan.

Poin Penting Pembuatan Daftar Riwayat Hidup

Untuk kalian yang akan membuat daftar riwayat hidup nyatanya tidaklah terlalu sulit dilakukan. Kalian hanya perlu memperhatikan beberapa poin-poin penting yang sangat dibutuhkan pada pembuatan CV atau daftar riwayat hidup seperti berikut ini.

  • Identitas Diri

    Poin penting yang pertama yaitu identitas diri termasuk di dalamnya alamat, kontak yang bisa dihubungi serta alamat email. Selalu ingat untuk mencantumkan nomor telepon atau hp yang masih aktif sehingga ketika HRD tertarik dengan profil kalian akan lebih mudah untuk menghubungimu.

  • Jenjang Pendidikan

    Jangan lupa juga untuk mencantumkan pendidikan, tidak perlu semua jenjang kalian tuliskan cukup hanya jejang pendidikan terakhir saja. Hal ini menjadi perhatian penting karena banyak dari kalian masih menuliskan informasi seluruh jenjang pendidikan. Jika kalian berkuliah maka tuliskan jurusan dan juga IPK yang didapatkan.

  • Keahlian

    Hanya dengan mencantumkan IPK saja pihak perekrut tidak akan mengetahui keahlian kalian. Maka dari itu sangat penting mencantumkan keahlian yang dimiliki baik itu soft skill serta hard skill yang dikuasai. Sebagai contoh jika kalian melamar posisi akuntan maka tuliskan keahlian yang berkaitan dengan itu.
    Jangan lupa juga cantumkan soft skill yang diperlukan karena pihak perusahaan juga memerlukan hal tersebut seperti kreativitas, leadership, manajemen waktu dan lainnya. Namun penting untuk diingat yaitu walaupun menonjolkan diri sendiri diperlukan namun selalu tulis sejujur mungkin.

  • Pengalaman Kerja

    Agar kesempatan direkrut lebih besar maka cara membuat riwayat hidup yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah tambahkan pengalaman kerja. Untuk kalian yang masih fresh graduate perlu tuliskan pengalaman magang namun jika tidak ada cukup tuliskan pengalaman organisasi yang pernah diikuti.
    Namun sayangnya banyak orang yang kurang tepat ketika menuliskan pengalaman kerja dikarenakan tidak mendeskripsikannya secara benar. Menjelaskan pengalaman sebaik mungkin membuat HRD akan lebih mudah dalam melakukan penilaian apakah kemampuan kalian sesuai dengan yang diinginkan atau tidak.

Cek Kembali Daftar Riwayat Hidupmu

Jika kalian sudah memperhatikan poin-poin diatas dan daftar riwayat hidup sudah kalian buat maka jangan lupa untuk mengeceknya kembali. Jangan sampai karena kurang teliti maka kalian membuat kesalahan pada CV.

  • Cek Informasi Penting

    Cara melakukan pengecekannya cukup sederhana kalian bisa mulai dari informasi penting terlebih dahulu. Jangan sampai ada informasi yang salah penulisan terutama untuk nomor hp yang nantinya sebagai sarana untuk menghubungi kalian.

  • Periksa Jenis Tulisan

    Saat membuat CV jangan lupa gunakan jenis tulisan professional dan tidak aneh. Untuk kasus ini kalian memang diharuskan untuk membuat daftar riwayat hidup dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga orang yang membacanya akan mudah memahaminya.

Jadi itulah cara membuat daftar riwayat hidup yang bisa kalian ketahui. Semoga dengan adanya informasi tersebut kalian akan lebih mudah daftar riwayat hidup dengan baik dan benar serta tepat sasaran.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *