Begini Cara Membuat Google Classroom Bagi Pemula

Cara Membuat Google Classroom

Wabah pandemi Covid-19 yang terjadi di sepanjang tahun lalu hingga kini membuat segala aktivitas yang biasanya dilaksanakan di luar rumah haruslah terhenti. Hal tersebut tentunya membuat aktivitas belajar mengajar praktis terhenti karena anak-anak harus berada di rumah.

Protokol di rumah saja dilakukan untuk menekan angka pertumbuhan Covid-19 yang tidak berkembang semakin cepat pada masyarakat. Oleh karena adanya kebijakan tersebut, membuat kegiatan belajar mengajar kini dilakukan melalui daring di rumah masing-masing.

Google Classroom sendiri menjadi salah satu platform yang digunakan oleh para pengajar dalam melaksanakan kegiatan belajar online tersebut. Selain karena user friendly, cara membuat Google Classroom juga mudah dilakukan khususnya bagi para pengajar pemula.

Nah, sebelum mengetahui bagaimana cara pembuatannya. Mari ketahui terlebih dahulu mengenai Google Classroom yang semakin banyak digunakan untuk menunjang pembelajaran anak di rumah.

Apa Itu Google Classroom?

Google Classroom adalah satu dari sekian layanan yang tersedia di Google Suite for Education yang berfokus pada layanan pembelajaran tatap muka secara online atau daring.

Penggunanya sendiri terdiri dari berbagai usia dan jenjang pendidikan, yang dimulai dari jenjang sekolah dasar, sekolah menengah hingga ke jenjang perguruan tinggi. Pesertanya tidak hanya berjumlah satu atau dua orang, namun dapat puluhan bahkan ratusan.

Tentunya hal tersebut disesuaikan dengan pembelajaran yang diberikan pada setiap jenjangnya. Dengan beragam layanan seperti Google Docs, Google Drive, Google Form dan yang lainnya membuat layanan satu ini banyak diminati dan digunakan oleh pengajar.

Layanan Google Classroom sendiri tersedia secara gratis dan dapat diakses dengan menggunakan smartphone maupun laptop yang telah tersambung dengan koneksi internet secara stabil.

Keunggulan Google Classroom

Sebagai platform yang banyak digunakan, Google Classroom memiliki beragam keunggulan, yang mana diantaranya yakni:

  • Waktu yang lebih efisien

    Pembelajaran lewat daring mempermudah pengajar untuk memberikan tugas dan juga memudahkan peserta didik untuk mengakses dan mengunggah secara langsung ke form yang telah disediakan. Hasil pun dapat diketahui secara cepat dan akurat.

  • Komunikasi yang mudah

    Aplikasi ini menunjang kemudahan guru untuk berkomunikasi dengan murid maupun dosen dengan mahasiswanya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengaktifkan kamera depan dan suara yang dapat secara mudah diakses oleh pengguna lainnya.

Cara Mudah Membuat Google Classroom

Setelah mengetahui tentang Google Classroom dan keunggulannya tadi, berikut beberapa cara membuat Google Classroom secara mudah dan cepat.

  1. Pertama, bukalah terlebih dahulu browser yang ada di perangkat.
  2. Masukkan alamat Google Classroom dengan mengetik classroom.google.com.
  3. Pada halaman pembuka, pilih akun Google yang akan digunakan untuk Google Classroom. Kemudian daftarkan dengan menekan opsi Sign Up. Setelah itu klik continue untuk melanjutkan proses pendaftaran akun di Google Classroom.
  4. Khusus bagi pengajar, klik tanda (+) yang ada di pojok kanan bagian atas, kemudian pilihlah create class untuk membuat kelas pembelajaran bersama dengan murid secara online.
  5. Lakukan pengaturan tentang informasi kelas dengan mengisi nama kelas, tingkat dan juga jadwal kelas. Klik opsi section dan masukkan setiap detail informasinya.
  6. Jika ingin menambah mata pelajaran, klik subject dan masukkan detail informasinya.
  7. Bila ingin menambahkan lokasi dari kelas maka klik room dan masukkan detail informasi terkait dengan lokasi kelas.
  8. Setelah semuanya lengkap, pengajar dapat langsung mengklik create untuk membuat kelas siap untuk digunakan.

Demikian informasi singkat dan mudah mengenai cara membuat Google Classroom bagi pengajar yang masih awam. Semoga dapat bermanfaat. Sekian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *