Banyaknya tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan ketika di kantor terkadang membuat para pekerja sering kali kelupaan dan akhirnya banyak melewatkan dokumen yang harusnya sudah dipersiapkan dengan baik untuk keperluan pekerjaan.
Tentunya hal tersebut membuat sebuah pekerjaan menjadi tidak praktis dan efektif, sehingga adanya tools seperti Google Docs yang tersedia di internet memudahkan aktivitas kerja dari seorang karyawan. Cukup dengan membuka internet, dan dokumen akan mudah dibuat.
Namun, tidak sedikit dari pekerja kantoran yang umumnya belum mengetahui cara membuat Google Docs secara mudah. Padahal tools yang satu ini cukup membantu dalam menyusun dan menyimpan dokumen untuk kebutuhan kerja.
Nah, apakah pembaca sudah mengetahui kegunaan dari Google Docs ini? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.
Kelebihan Google Docs
Sebelumnya ketahui terlebih dahulu apa itu Google Docs?
Google Docs merupakan aplikasi maupun peralatan untuk melakukan olah kata secara online. Fungsinya hampir sama dengan Microsoft Word, yakni sebagai pengolah kata dan juga membuat dokumen dengan format teks yang dilengkapi dengan fitur-fitur pilihan.
Beberapa fitur tersebut diantaranya seperti fitur untuk mengubah file atau converting, kemudian ada juga fitur see history revision yang memudahkan para pengguna dalam mengakses aplikasi Google Docs tersebut.
Adapun kelebihannya sendiri cukup beragam, diantaranya:
-
Besarnya kapasitas penyimpanan
Layanan Google satu ini dilengkapi dengan ruang penyimpanan sebesar 15 GB yang dapat diakses dengan gratis. Adapun 15 GB telah termasuk dalam file yang terdapat pada Google Drive, Gmail dan juga Google+Photo.
-
Layanan konversi JPEG ke PDF
Layanan lain dari Google Docs ialah dapat mengubah file JPEG atau gambar menjadi format PDF secara mudah. Caranya hanya perlu menyimpan dokumen Word yang telah disisipi oleh gambar lalu kemudian unggah dokumen tersebut ke Google Docs.
Setelahnya, klik File dan sorot Download As PDF Document atau format *pdf. Tunggu beberapa saat dan gambar pada Word telah terkonversi menjadi format PDF.
-
Layanan konversi PDF ke Word
Tidak hanya konversi Word ke PDF, namun, Google Docs juga punya keunggulan untuk mengonversi file PDF menjadi Word secara mudah. Unggah file PDF pada Google Docs dan pilih File lalu Download As Microsoft Word atau docx, dan file pun telah terkonversi.
Cara Mudah Membuat Google Docs
Nah, setelah mengetahui keunggulan Google Docs, berikut cara membuat Google Docs secara mudah.
-
Membuat akun pada Google
Pertama, kunjungi laman Google untuk membuat akun secara gratis. Melalui akun Google, nantinya dapat terintegrasi dengan layanan lain yang disediakan Google. Setelah akun sudah jadi, kunjungi website docs.google.com untuk mulai membuat Google Docs.
-
Membuka akun Google Docs
Akses Google Docs dengan mengunduh aplikasi atau dapat klik pada bagian pojok kanan atas pada beranda Google. Kemudian klik documents untuk mengakses layanan dari Google tersebut.
-
Membuat dokumen pada Google Docs
Persiapkan untuk membuat dokumen baru dengan memilih ikon kertas kosong yang ada tanda tambah warna biru di tengahnya. Setelah itu mulailah untuk memasukkan kata.
-
Google Docs siap digunakan
Mulailah untuk menggunakan Google Docs dengan melakukan pengaturan font, ukuran dan juga pilihan yang lainnya. Setelah semua tersusun dengan rapi, dapat mengklik tombol save untuk menyimpan dokumen.
Demikian tadi informasi yang berkaitan dengan keunggulan dan cara membuat Google Docs secara mudah. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.