Cara Membuat Jurnal Ilmiah

  • Whatsapp
Cara Membuat Jurnal

Selama berkuliah atau sekolah kita pasti akan akrab dengan karya ilmiah dalam bentuk apapun, salah satunya jurnal. Jurnal menjadi salah satu bagian yang tak bisa lepas dari kaum pelajar. Namun sebenarnya apa sih itu jurnal dan bagaimana cara membuat jurnal ilmiah? Simak penjelasan berikut:

Pengertian Jurnal Ilmiah

Jurnal dapat dikatakan sebagai sebuah artikel yang terbit secara berkala namun memiliki materi yang sangat luas. Isi dari sebuah jurnal biasanya sangat singkat dan padat umumnya hanya terdiri di bawah 15 halaman.

Isi dari jurnal yang padat hal tersebut karena isi dari sebuah jurnal merupakan ilmu pengetahuan yang menjadi acuan bagi peneliti lainnya. Sehingga walaupun isinya padat, namun para pembacanya sudah paham arah dari informasi yang terdapat di dalam jurnal tersebut.

Jurnal ilmiah terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu popular journals, scholarly journals, serta professional of trade journals. Jurnal-jurnal tersebut sangat dibutuhkan untuk perkembangan ilmu pengetahuan.

Cara Menyusun Jurnal Ilmiah

Sudah disinggung sebelumnya bahwa halaman sebuah jurnal jumlahnya sedikit. Jumlah halaman tersebut tentu saja dipengaruhi dengan susunan atau bab yang ada di dalam jurnal. Apa saja susunan dalam jurnal dan bagaimana cara membuatnya? Berikut ini penjelasannya:

  1. Judul Jurnal

    Bagian pertama yang harus ada dalam sebuah jurnal adalah judul. Judul dalam jurnal biasanya akan menjadi bagian pertama yang dibaca oleh siapa saja yang melihat jurnal tersebut.
    Judul jurnal harus memuat dan menggambarkan isi dari jurnal tersebut. Judul sebuah jurnal ilmiah biasanya cukup panjang, namun meskipun demikian, judul yang dipilih juga memperhatikan penggunaan katanya sehingga tetap menarik untuk dibaca.

  2. Nama Penulis

    Nama penulis juga harus ada dalam sebuah jurnal. Biasanya nama penulis lebih dari satu. Dan dalam identitas penulis, tidak hanya ada nama saja namun disebutkan pula asal instansi dari penulis tersebut.

  3. Abstrak

    Setelah nama atau identitas penulis, bagian selanjutnya yang juga penting dalam sebuah jurnal adalah abstrak atau ringkasan dari isi jurnal tersebut. Melalui abstrak ini sebenarnya kita sudah dapat mengetahui isi dari jurnal tersebut, namun sifatnya hanya ringkasan saja.

  4. Pendahuluan

    Cara membuat jurnal berikutnya adalah dengan membuat bagian pendahuluan. Pendahuluan menceritakan latar belakang dari isi penelitian tersebut.

  5. Bahan Alat dan Metode

    Bagian ini akan menjelaskan bahan dan alat apa saja yang dibutuhkan dalam penelitian tersebut. Sementara metode disini menjelaskan cara atau prosedur yang digunakan untuk menjalankan penelitian tersebut. Rancangan penelitian juga biasanya dijelaskan pada bagian ini.

  6. Hasil dan Pembahasan

    Pada bagian ini adalah bagian yang menjelaskan tentang hasil penelitian yang diberikan serta pembahasan mengenai hasil tersebut. Termasuk alasan-alasan yang didapatkan data tersebut.

  7. Kesimpulan dan Saran

    Dalam jurnal bagian kesimpulan dan saran juga menjadi bagian yang sangat penting. Kesimpulan berisi kesimpulan dari isi jurnal tersebut serta saran yang diberikan untuk penelitian berikutnya.

  8. Daftar Pustaka

    Bagian ini juga menjadi bagian yang sangat penting. Disini, Anda harus menuliskan semua pustaka yang digunakan untuk sebagai referensi dalam jurnal tersebut. Karena jika tidak ada daftar pustaka, maka dapat disebut sebagai plagiarisme.

Bagaimana, sudah mengetahui cara membuat jurnal ilmiah? Ulasan diatas merupakan rangkuman singkat dan umum digunakan. Namun jika Anda ingin menerbitkan jurnal di sebuah instansi tertentu, biasanya instansi tersebut akan memiliki format jurnal ilmiah tersendiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *