Simak Tutorial Cara Membuat Kuesioner Online yang Benar

  • Whatsapp
Cara Membuat Kuesioner Online

Kuesioner biasanya dibutuhkan saat seseorang melakukan penelitian atau survey. Jika sebelumnya untuk membuatnya Kita butuh untuk mengetik dan mencetaknya di atas sebuah kertas. Kini sudah tak perlu kertas lagi. Karena sudah ada cara membuat kuesioner online yang mudah untuk dilakukan.

Kini untuk membuat kuesioner tak perlu menggunakan kertas lagi karena sudah bisa membuat kuesioner online dengan menggunakan form online serta membagikannya secara online pula. Cara ini memiliki kelebihan yaitu lebih hemat kertas sehingga pastinya lebih ramah lingkungan. Lebih hemat waktu dan tenaga serta untuk mempermudah pengolahan data dari peneliti.

Langkah Membuat Kuesioner Online dengan Baik dan Benar

Salah satu form kuesioner online yang tersedia dan paling banyak digunakan adalah Google form. Untuk bisa membuat kuesioner online dengan Google Anda bisa melakukannya dengan beberapa langkah.

  1. Memiliki akun Google

    Syarat untuk bisa membuat form di Google adalah dengan memiliki akun Google terlebih dahulu. Jika Anda belum memilikinya maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Siapkan judul kuesioner, deskripsi dan daftar pertanyaan yang akan dicantumkan dalam kuesioner Anda.

  1. Kunjungi alamat situs kuesioner online

    Kunjungi alamat situs yang digunakan untuk membuat kuesioner secara online. Anda bisa log in dengan menggunakan alamat email dan password Gmail milik Anda. Setelah itu Anda akan menemukan laman awal dari pembuatan Google form.

  1. Lakukan pengaturan kuesioner

    Dalam laman awal dari pembuatan kuesioner online sudah tersedia template kuesioner dari Google. Atau jika Anda ingin menggunakan template milik sendiri pun tak masalah. Template yang baik akan memudahkan kuesioner Anda untuk diakses oleh responden nantinya.

  1. Masukkan pertanyaan dalam kuesioner

    Ketik dan buat pertanyaan pertama dalam kuesioner Anda. Klik Add Item jika Anda ingin menambahkan pertanyaan dalam kuesioner Anda. Akan ada beberapa pilihan pertanyaan seperti pertanyaan berupa teks, teks paragraf, pilihan ganda hingga jenis pertanyaan lainnya dalam cara membuat kuesioner online.
    Lakukan hingga semua pertanyaan sudah lengkap ada di kuesioner Anda.

  1. Edit tema kuesioner

    Ubah tema kuesioner agar supaya menjadi lebih menarik bagi responden. Lakukan berbagai pengaturan yang dirasa perlu dilakukan dalam pembuatan kuesioner online milik Anda. Setelah selesai, buka dulu tampilan kuesioner yang baru saja Anda buat di view live form.
    Setelah dirasa sudah lengkap dan cukup kini Anda sudah bisa menyisipkan kuesioner di forum, blog atau lainnya yang menurut Anda memiliki pengunjung yang potensial untuk penelitian Anda.

  1. Bagikan formulir kuesioner

    Jika Anda membuat kuesioner secara online maka Anda bisa membagikan formulir kuesioner dengan cara mengklik pengaturan untuk download as, send form atau embed. Anda bisa melihat kuesioner yang baru saja Anda buat atau melihat response yang sudah dibuat oleh koresponden yang menjadi target kuesioner Anda.

Tips Agar Tujuan Kuesioner Tercapai Dengan Baik

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat kuesioner secara online dengan baik dan benar. Berikutnya adalah untuk membuat kuesioner yang baik dan benar agar supaya bisa mencapai tujuannya. Yang pertama adalah dengan menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami oleh responden.

Kemudian usahakan untuk menentukan target kuesioner sehingga bisa mendapatkan responden yang tepat sesuai dengan tujuan penelitian.

Pastikan waktu pembagian kuesioner tepat dan responden menjawab kuesioner sesuai dengan apa yang mereka miliki.

Itulah beberapa langkah dan tips dalam cara membuat kuesioner online. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *