Cara Membuat Mie Ayam Yang Lezat

  • Whatsapp
Cara Membuat Mie Ayam

Mie ayam merupakan salah satu makanan yang tidak hanya murah melainkan enak untuk dinikmati semua kalangan. Bahkan makanan ini juga sangat mudah ditemukan dan kalian bisa mengenalnya dengan sebutan mie ayam abang-abang yang berjualan dengan gerobak biru khasnya.

Makanan yang enak ini sangat mudah untuk dibuat bahkan cara membuat mie ayam sangatlah praktis. Ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi kalian yang ingin membuat sendiri mie ayam di rumah. Bahkan memasak mie ayam bisa menjadi pengisi aktivitas pada saat kalian ingin mengisi waktu liburan dengan kegiatan bermanfaat.

Bahan Untuk Membuat Mie Ayam

Berbicara mengenai resep mie ayam tentu banyak sekali jenisnya. Akan tetapi bagi yang tertarik membuat mie ayam aban-abang sendiri maka bisa menyimak informasi berikut ini mulai dari bahan hingga proses pembuatannya.

  • Bahan Mie Ayam

    Pertama siapkan bahan-bahan yang diperlukan yaitu mie telur sebanyak 300 gram lalu rebus, untuk mie sebenarnya bisa kalian buat sendiri jika bisa. Bahan lainnya 3 sdt kecap asin, 6 sdm minyak dan gunakan minyak ayam, sawi hijau 2 ikat dan celupkan ke air mendidih sebentar dan tiriskan.

  • Bahan Topping

    Untuk selanjutnya kalian persiapkan bahan untuk topping yaitu tumisan ayam dengan ceker. Bahan pertama ayam potong dadu sebanyak 250 gram dan ceker yang sudah direbus sebanyak 6 buah, daun salam 2 lembar, daun bawang 1 batang dan potong. Jangan lupa siapkan juga batang serai yang digeprek 1 buah, kaldu bubuk, garam, merica, kecap manis 6 sdm dan air 250 ml.

  • Bumbu Halus

    Bahan untuk bumbu halus seperti bawang putih 4 siung, bawang merah 7 siung, ketumbar bubuk ½ sdt, jahe dan kunyit masing-masing 2 cm. Sedangkan untuk bahan minyak bawangnya yaitu minyak 100 ml, bawang putih 6 siung kemudian cindang dan 150 gram kulit ayam.

Tahapan Pembuatan Mie Ayam

Setelah kalian mempersiapkan semua bahan maka langkah selanjutnya ke tahap cara membuat mie ayam dan langkah pertama buat toppingnya terlebih dahulu. Kalian siapkan wajan bersih dan panaskan minyak. Tumis semua bumbu halus, serai, daun salam serta daun bawang hingga wangi.

Jika sudah wangi masukan ayam serta air kemudian rebus hingga mendidih. Tambahkan pula kaldu bubuk, merica, garam dan juga kecap kemudian masak hingga bumbu meresap dan juga kuahnya mengental dan setelah itu jangan lupa diangkat.

Mie ayam tidak akan lengkap tanpa adanya minyak bawang maka langkah selanjutnya adalah pembuatan minyak bawang. Panaskan minyak lalu masukan kulit ayam, ingat untuk memasak dengan api kecil hingga kulit garing.

Jangan lupa masukan bawang putih yang sudah dicincang, terus tumis hingga bawang berubah warna menjadi kekuningan. Jika sudah matikan api dan tunggu hingga dingin dan setelah itu minyak baru siap digunakan.

Setelah semua proses dilewati maka langkah selanjutnya yaitu penyajian. Tuangkan 2 sdm minyak ayam dan 1 sdt kecap asin di dalam mangkuk. Masukan mie sebanyak 1/3 bagian saja dan aduh hingga, masukan semua bahan lain seperti tumisan ayam ceker, sawi rebus dan bahan pelengkap seperti kerupuk maupun pangsit serta bahan lain yang diinginkan.

Jadi itulah cara membuat mie ayam yang sangat mudah untuk dilakukan dan rasanya akan mirip dengan mie ayam abang-abang. Selain mudah membuat mie ayam sendiri tentunya akan lebih murah dan bisa digunakan untuk hidangan saat makan bersama dengan keluarga besar lain ketika sedang berkumpul bersama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *