Mudahnya Cara Membuat PDF Di HP

Cara Membuat PDF Di HP

Banyak orang yang sekarang ini lebih menyukai file PDF untuk saling bertukar dokumen penting. Banyak orang yang mengira tidak ada cara membuat PDF di HP, padahal sebenarnya ada lho cara yang bisa dipakai. Bahkan ada beberapa cara yang bisa kita gunakan, namun memang tidak banyak orang yang tahu caranya itu seperti apa.

File PDF memang memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi, karena bisa dibuka di berbagai device termasuk di HP kita. Sehingga banyak sekali urusan seperti dokumen penting yang dikirimkan dalam bentuk file PDF ini karena lebih kompatibel di berbagai peralatan. Kita bisa membuat PDF ini hanya dengan HP, berikut ini beberapa cara yang bisa kita gunakan.

Bacaan Lainnya

Menggunakan Aplikasi WPS Office

Salah satu cara yang jelas-jelas bisa kita pakai untuk membuat PDF dengan mudah itu adalah dengan menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuatnya hanya di HP adalah dengan menggunakan WPS Office. Namun bila menggunakan aplikasi tentunya ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, berikut ini langkahnya.

  1. Install aplikasi WPS Office terlebih dahulu, dan cara untuk instal itu bisa dilakukan melalui Playstore ataupun Appstore. Bisa juga dengan cara lain seperti instal di situs tertentu, akan tetapi cara tersebut bisa dibilang kurang aman digunakan. Setelah sudah terinstal dengan baik, kalian tinggal buka aplikasi tersebut.
  2. Setelah sudah membuka aplikasinya, kalian klik ikon +/- yang ada di dalam aplikasi tersebut untuk menambahkan file. Nanti kalian harus memilih file mana yang akan dijadikan PDF, bisa saja dokumen Word atau bisa juga gambar. Bahkan bisa juga lho kita langsung scan saja dokumen yang akan kita jadikan file PDF dengan kamera smartphone kita.
  3. Setelah itu kalian bisa lakukan pengeditan dari dokumen sebelum dijadikan PDF, dan kemudian klik save.
  4. Tap bagian jalur penyimpanan file PDF, kalian bisa atur di memori internal ataupun di SD card. Ini menjadi cara membuat PDF di HP.
  5. Lalu kalian pilih format file yakni pdf.
  6. Langkah terakhir adalah Ekspor ke PDF.

Membuat PDF Tanpa Aplikasi

Cara kedua adalah kita tidak perlu instal aplikasi, caranya adalah melalui web ataupun situs yang bisa membantu kita membuat PDF. Berikut ini langkah untuk kita melakukan pembuatannya tersebut.

  1. Masuk ke situs Smallpdf. Ini merupakan salah satu situs yang bisa membantu kita membuat file PDF dari dokumen yang kita punya.
  2. Setelah sudah masuk ke situsnya, kita tambahkan file yang ingin kita buat PDF dan kita upload ke situs tersebut. Untuk file bisa dalam bentuk dokumen atau bisa juga dalam bentuk JPG atau gambar. Namun kita tidak bisa scan ya, kita harus foto dulu baru kemudian upload ke situs tersebut untuk dibuat jadi PDF.
  3. Setelah itu tunggu beberapa saat untuk proses pembuatan, dan akan muncul link untuk download file PDF tersebut. Kita tinggal download saja file PDF tersebut.

Pembuatan melalui situs ini juga memiliki banyak fitur, salah satunya bisa langsung menyimpan file di Google Drive atau juga di Dropbox milik kita. Dengan begitu akses untuk membagikan file tersebut juga jadi lebih fleksibel dan jadi lebih memudahkan untuk kita. Jadi itulah beberapa cara membuat PDF di HP yang mungkin tidak banyak orang ketahui.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *