Cara Simpel Membuat Quiz di Google Form

Cara Membuat Quiz di Google Form

Informasi mengenai bagaimana cara membuat kuis di Google form cukup banyak di telusuri oleh banyak pihak saat ini. Sebab dari dulu maupun sampai sekarang penggunaan dari Google form itu sangatlah bermanfaat untuk semua kalangan.

Saat ini Google form merupakan salah satu platform yang paling memungkinkan untuk digunakan oleh semua orang dalam masa pandemi. Hal ini dikarenakan banyak sekali orang yang memanfaatkan aplikasi tersebut sebagai pengisian data bagi tubuh maupun sebagai absensi.

Bacaan Lainnya

Namun perlu diketahui bahwa ternyata penggunaan dari Google form itu tidaklah sebatas itu saja. Banyak sekali fungsi yang bisa dimanfaatkan dari Google form tergantung dari penggunaannya yang memang sangat fleksibel.

Bahkan sekarang ini platform tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membuat quiz dalam waktu yang singkat. Tetapi sayangnya juga tidak semua orang mengetahui mengenai tata cara tersebut. Karena itulah kami memberikan informasi ini agar bisa menjadi panduan bagi Anda dalam membuatnya.

Panduan Sederhana Membuat Quiz Melalui Google Form

Google form merupakan salah satu media daring yang bisa dimanfaatkan oleh semua orang untuk bisa bertukar teks via online. Untuk fungsi sejatinya sebenarnya platform ini digunakan sebagai pengisian formulir, bangun seiring berjalannya zaman bisa diubah fungsinya dengan fleksibel salah satunya sebagai cara membuat quiz di Google form.

  • Persiapkan Materi Quiz

    Sebelum Anda ingin membuat kuis melalui Google form, maka pastikan terlebih dahulu bahwa ada sebelumnya sudah menyiapkan materi untuk quiz tersebut. Hal ini berguna agar Anda tidak memakan waktu lama ketika membuat kuis pada Google form.
    Untuk lebih mudahnya lagi maka persiapkanlah kuis-kuis yang hanya tinggal disalin ke Google Chrome dengan cara mengetiknya ke Microsoft word terlebih dahulu. Hal ini akan menghemat waktu Anda dalam membuat kuis tersebut karena hanya perlu melakukan copy paste.

  • Membuka Halaman Google Form

    Setelah ada mempersiapkan kuis yang ingin dimasukkan ke dalam Google form, maka selanjutnya Anda bisa mengunjungi Google form tersebut. Dengan cara menuliskan alamat ke URL forms.google.com. Jika sudah maka buatlah dokumen baru dengan memilih tanda plus pada bagian pojok kiri atas.

  • Mengisi Judul Quiz

    Setelah Anda membuka dokumen baru maka langkah selanjutnya ialah Anda bisa mencoba untuk mengisi judul soal online disebut. Anda bisa mengisinya dengan sesuka hati tergantung dari subjek soal Anda, jangan lupa untuk mengisi deskripsinya untuk clue pada soal.

  • Membuat Soal

    Setelah Anda mengisi judul pada heading formulir tersebut, maka selanjutnya bisa dilakukan dengan membuat soal melalui kolom yang tersedia. Untuk kolom yang pertama maka istilah soal yang ingin di input pada kuis Anda.
    Apabila sudah selesai, maka klik pengaturan dengan memilih tipe soal tersebut. Akan muncul beberapa opsi mengenai tipe soalnya, Anda bisa memilih pilihan “quiz” untuk menjadikan soal tersebut sebagai kuis.

  • Membuat Jawaban

    Karena sebelumnya Anda sudah memilih tipe soal quiz maka format jawabannya pun juga sudah diatur secara otomatis. Yang mana tipe jawaban tersebut akan berformat pilihan ganda. Sehingga Anda bisa mengisi setiap pilihan tersebut dengan jawaban yang berhubungan dengan soal.
    Untuk membuat pilihan jawaban yang benar pada beberapa opsi jawaban tersebut, maka isilah lingkaran di samping opsi tersebut yang merupakan jawaban paling tepat. Jika sudah selesai maka simpanlah dan sebarkan link dari quiz tersebut kepada responden.

Cara membuat quiz di Google form memang lebih sering digunakan karena selain mudah untuk membuatnya ternyata juga lebih ringkas untuk mengoreksinya. Sebab hasil dari jawaban tersebut akan muncul secara otomatis saat responden mengupload jawaban mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *