Cara Membuat Spaghetti Bolognese di Rumah

  • Whatsapp
Cara Membuat Spaghetti

Spaghetti Bolognese adalah makanan yang berasal dari Negara Italia dan merupakan menu pasta yang sangat populer. Spaghetti dapat Anda temukan di restoran cepat saji di Indonesia, namun harganya yang cukup mahal. Anda bisa membuat sendiri dengan mengikuti cara membuat spaghetti di rumah berikut.

Bahan-Bahan Spaghetti

Bahan-bahan spaghetti dapat Anda beli di supermarket terdekat, berikut ini beberapa bahan yang Anda perlukan untuk membuat spaghetti ala Italia yang sangat enak:

  • Spaghetti 150 gram
  • Bawang putih 2 siung, cincang halus
  • Seledri cincang ½ sdt, peras airnya
  • Minyak goreng 1 sdm
  • Daging sapi cincang 100 gram
  • Jamur kancing 50 gram, potong iris menjadi 3 atau 4 bagian
  • Bawang Bombai ½ buah, cincang halus
  • Tomat merah 2 buah, kupas kulit (siram dengan air mendidih terlebih dahulu agar lebih mudah dikupas) dan cincang kasar
  • Saus tomat 5 sdm
  • Pasta tomat 1 sdm
  • Garam, merica bubuk, gula secukupnya
  • Oregano bubuk ½ sdt
  • Air mineral 200 ml

Cara Memasak Spaghetti Bolognese

Cara membuat spaghetti pada dasarnya tidaklah sulit, jika Anda sedang belajar memasak Anda juga tetap dapat membuat spaghetti Bolognese dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Panaskan air hingga mendidik untuk merebus spaghetti. Tambahkan satu sendok makan minyak sayur ke dalam air agar spaghetti tidak lengket ketika di rebus. Masukkan spaghetti dan masak selama kurang lebih 15 menit atau hingga matang. Lalu angkat dan tiriskan
  2. Panaskan minyak sayur ke dalam wajan untuk membuat saus Bolognese, tumis daging cincang hingga matang dan berubah warna menjadi coklat gelap. Selama memasak daging usahakan untuk terus diaduk agar daging tidak gosong.
  3. Masukkan jamur kancing dan bawang bombai cincang lalu tumis sebentar, kemudian masukkan tomat cincang. Aduk hingga rata dan tercampur sempurna.
  4. Masukkan saus tomat, pasta tomat, gula, garam, dan merica. Aduk rata dan masak hingga saus mendidih, pastikan Anda menggunakan api sedang ketika memasak saus. Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam saus.
  5. Tambahkan bubuk oregano dan basil (opsional) ke dalam saus Bolognese. Aduk kembali hingga rata. Jika air telah surut dan saus menjadi lebih kental maka masukkan spaghetti ke dalam saus. Aduk hingga tercampur rata.
  6. Sajikan spaghetti dengan irisan keju diatasnya. Selesai

Tips Agar Tekstur Spaghetti Lembut

Biasanya akan sulit membuat tekstur spaghetti menjadi lebih lembut tanpa membuatnya over cook (terlalu matang). Jika Anda ingin merebus spaghetti pastikan air untuk merebus telah mendidih terlebih dahulu kemudian baru masukkan spaghetti.

Lalu Anda harus menambahkan minyak sayur ke dalam air rebusan. Minyak berfungsi agar spaghetti tidak saling menempel ketika ditiriskan. Setelah 15 menit direbus, Anda dapat mengecek tekstur spaghetti, apabila masih keras maka Anda dapat merebusnya kembali selama 5 menit.

Saat spaghetti ditiriskan, siram spaghetti dengan air dingin. Hal ini dapat menghindari spaghetti menjadi terlalu lembek setelah diangkat, karena suhu spaghetti lebih cepat turun. Karena jika suhu spaghetti masih panas dan dibiarkan, maka spaghetti akan menjadi sangat lembek.

Jika Anda masih ragu, Anda dapat mengikuti cara memasak spaghetti seperti yang tertera dalam kemasan spaghetti dengan cermat. Demikianlah resep mudah dan cara membuat spaghetti Bolognese yang dapat Anda tiru dirumah. Dapatkan informasi menarik dan terbaru lainnya dengan mengunjungi situs kami.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *