Kunci Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Surat lamaran kerja menjadi kunci penting apakah Anda akan diterima bekerja atau tidak di sebuah perusahaan idaman Anda. Maka dari itu, banyak yang mencari cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar agar supaya bisa diterima bekerja di tempat yang diinginkan.

Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah sarana promosi diri yang harus Anda perhatikan dengan baik langkah saat membuatnya. Banyak perusahaan yang melihat dari bagaimana surat lamaran dibuat untuk menentukan apakah pelamar bisa diterima atau tidak. Apa saja langkah untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Bacaan Lainnya
  1. Tulis tanggal, nama dan alamat tujuan surat

    Tulis tanggal penulisan surat lamaran kerja di pojok kanan atas surat lamaran. Kemudian tulis juga nama dan alamat tujuan dari surat lamaran kerja yang dibuat. Jika Anda tak mengetahui nama perusahaan atau nama pejabat yang Anda tuju, sebaiknya tulis secara umum yaitu untuk yang terhormat Bapak atau Ibu selaku pihak HRD.

  1. Salam pembuka

    Tulis salam pembuka. Untuk salam pembuka sebaiknya tulis dengan kalimat yang jelas dan ditujukan untuk umum. Banyak yang keliru menyertakan salam pembuka sesuai dengan agama yang dianut sehingga menimbulkan salah persepsi. Jenis salam pembuka yang banyak dipakai adalah salam hormat atau salam sejahtera.

  1. Biodata pribadi

    Berikan keterangan biodata pribadi milik Anda sesuai yang tercantum dalam kartu identitas yang paling terbaru. Sertakan nomor ponsel yang masih aktif dan masih bisa dihubungi hingga saat ini.

  1. Pengalaman kerja dan keahlian yang dimiliki

    Tulis apa saja pengalaman kerja yang sudah pernah Anda miliki beserta jenis keahlian yang dimiliki. Sebaiknya tulis sesuai dengan keadaan diri Anda pada saat ini sehingga pihak perusahaan atau tempat yang akan merekrut Anda pun bisa melihat kepribadian yang Anda miliki. Ini menjadi cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

  1. Salam penutup

    Kemudian tulis salam penutup dalam surat lamaran Anda dengan menggunakan kalimat yang baik dan sopan. Berikan kesan bahwa Anda memiliki harapan yang cukup besar untuk bisa bergabung dengan mereka secepatnya.

  1. Lampiran

    Kemudian berikan lampiran surat lamaran kerja sesuai dengan yang diminta dalam pengumuman lowongan kerja. Umumnya lampiran surat lamaran kerja terdiri dari pas foto, FC identitas diri, CV atau daftar riwayat hidup, SKCK, FC ijazah atau sertifikat sesuai yang diminta perusahaan dan surat keterangan pengalaman kerja atau rekomendasi kerja (jika ada). Susun menjadi sebuah portofolio yang rapi dan sistematis.

  1. Identitas pembuat surat lamaran kerja

    Yang terakhir adalah dengan menyertakan tanda tangan dan nama lengkap dari pembuat surat lamaran kerja. Dari poin ini perusahaan akan mengenali siapa pembuat surat lamaran yang mereka terima.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar

Nah berikut akan Kita bahas tentang beberapa tips untuk membuat surat lamaran kerja yang benar. Yang pertama adalah buat surat lamaran kerja dengan padat, jelas dan gaya bahasa yang mudah untuk dipahami.

Jika Anda menggunakan tulisan tangan, sebaiknya buat draft kasar lebih dulu baru kemudian tulis surat lamaran dengan baik dan benar. Lengkapi data yang dibutuhkan dengan menulis data sesuai dengan kebutuhan.

Dan sertakan lampiran surat yang sesuai dengan yang diminta perusahaan. Itulah beberapa langkah dan tips untuk cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *