Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar Dan Poin Penting

  • Whatsapp
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Apakah Anda sedang bersiap untuk membuat surat lamaran kerja? Jika benar, sebaiknya simak tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar berikut ini. Kami akan mengulasnya hanya untuk Anda.

Ketahui Poin Penting Dalam Pembuatan Surat Lamaran Kerja

Semua orang tahu, bahwa untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar memerlukan contoh tersendiri. Meski harus disadari bahwa menulis surat lamaran kerja harus dibuat dengan original bukan dengan menyalin surat milik orang lain.

Bacaan Lainnya

Berikut ini adalah beberapa poin penulisan surat lamaran kerja yang bisa Anda jadikan panduan.

  1. Tempat tanggal pembuatan surat

    Menulis surat lamaran kerja diawali dengan menulis tempat dan tanggal penulisan surat lamaran kerja tersebut dibuat. Jangan lupa untuk menyertakan nama perusahaan atau kantor yang dituju agar supaya jelas surat tersebut ditujukan pada siapa.

  1. Ucapan salam

    Ucapan salam ditulis untuk menunjukkan penghormatan pada yang dituju surat lamaran kerja. Karena surat lamaran kerja ini bersifat umum, maka salam pun harus dilakukan dengan netral tanpa menunjukkan kecenderungan pada satu agama tertentu.

  1. Kata pengantar

    Dalam kata pengantar biasanya penulis surat lamaran kerja akan menyertakan mengenai keterangan dari mana mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut. Hal itu akan sangat membantu pemilik pekerjaan untuk menilai calon pelamar dari apa yang tercantum di dalam suratnya.

  1. Biodata pribadi yang singkat dan jelas

    Tulis biodata pribadi Anda dengan singkat dan jelas. Biasanya biodata pribadi terdiri dari keterangan nama, alamat, kualifikasi pendidikan dan nomor telepon atau ponsel yang masih aktif.
    Pada beberapa cara membuat surat lamaran kerja juga menyertakan keterangan posisi atau jabatan yang dituju oleh Anda.

  1. Latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan keahlian yang dimiliki

    Sebutkan latar belakang pendidikan yang Anda miliki. Kemudian jelaskan dengan singkat mengenai pengalaman kerja yang sudah Anda miliki.
    Pada beberapa artikel menyarankan untuk menyebutkan keahlian yang dimiliki hanya satu atau dua jenis saja. Lebih dari itu akan dianggap sebagai tindak pembohongan karena dinilai terlalu berlebihan.

  1. Penutup

    Kata penutup dalam surat lamaran kerja biasanya berisi dengan harapan dari penulis surat lamaran tentang keinginannya diterima bekerja di perusahaan tersebut. Kemudian tutup dengan segala kerendahan hati atas segala kekurangan yang ada dalam surat lamaran kerja.

Alasan Surat Lamaran Kerja Menjadi Penentu dari Kualitas Pelamar

Banyak yang tak menyadari bahwa surat lamaran kerja memiliki peran yang sangat penting pada diterima atau tidaknya seorang pelamar kerja. Karena dari surat lamaran yang baik dan benar akan menentukan adanya komunikasi yang baik dari calon pelamar kerja.

Dari surat lamaran kerja seorang perekrut tenaga kerja bisa menilai bagaimana kepribadian seseorang dari tulisan tangan hingga penggunaan bahasa yang dipakai dalam menulis surat lamaran kerja.

Membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar juga bisa memberikan nilai tambah untuk kualifikasi yang Anda miliki. Sehingga bisa menambah peluang Anda untuk bisa bekerja di perusahaan atau kantor yang Anda lamar.

Dan hal itu juga akan menunjukkan seberapa antusias Anda untuk bekerja di perusahaan atau kantor tersebut. Banyak yang memilih calon pekerja dengan cara melihat seberapa antusiasnya untuk bekerja karena hal itu menunjukkan seberapa tinggi minatnya pada perusahaan tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui dari cara membuat surat lamaran kerja yang benar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *