Tips Cara Membuat Tape Singkong

Cara Membuat Tape Singkong

Singkong merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan tanaman ini baik umbi maupun akarnya dapat dikonsumsi. Singkong ini juga mudah dalam hal pengolahannya sehingga bisa dibuat beragam produk.

Salah satu olahan yang paling terkenal dari singkong adalah tape singkong, untuk kalian yang tertarik mengetahui cara membuat tape singkong saat ini sudah bisa dengan mudah menemukannya di media online. Jika kalian tidak senang dengan tape ketan maka bisa mengolahnya menjadi beragam hidangan lain seperti pudding, keripik, opak dan masih banyak lainnya.

Beragam Fakta Tape Singkong

Bila berbicara mengenai hidangan sudah barang tentu jika tape singkong merupakan yang paling populer. Namun taulah kalian dibalik rasanya yang enak dan tentunya menyehatkan, ada beberapa fakta yang perlu kalian ketahui mengenai tape singkong. Adapun beberapa fakta tersebut seperti berikut ini.

  • Produk Hasil Fermentasi

    Fakta pertama tape ini merupakan produk yang dihasilkan dari proses fermentasi. Fermentasi tersebut merupakan hasil reaksi oksidasi dari senyawa organik yang terdapat dalam beras, ketela dan ketan dengan ragi tape. Untuk kandungan utama dalam senyawa tersebut yaitu karbohidrat.

  • Termasuk Hidangan Populer

    Untuk fakta selanjutnya yaitu mengenai olahan tape singkong yang sangat populer bahkan masih banyak peminatnya hingga saat ini. Cara mengonsumsi tape ketan ini bisa dicampurkan dengan bahan lain atau bahkan dimakan secara langsung juga tetap enak.

  • Tidak Baik Dikonsumsi Berlebihan

    Walaupun kalian sangat senang dengan tape singkong karena rasanya yang manis dan juga asam namun ingat jangan mengonsumsi secara berlebihan. Konsumsi yang berlebihan akan menimbulkan reaksi seperti perut mudah bergas serta kembung.

Tips Membuat Tape Singkong

Untuk mendapatkan tape singkong ini kalian bisa membeli produknya langsung ke penjualnya ataupun membuatnya sendiri. Jika kalian penasaran maka bisa membuatnya dengan berpedoman pada cara membuat tape singkong yang benar. Membuat olahan ini tidaklah sulit, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pengolahannya berhasil.

  • Jangan Sentuh Dengan Tangan

    Tips pertama yaitu ketika singkong sudah matang jangan kalian sentuh. Hal itu bertujuan agar singkong tidak terkontaminasi oleh bakteri yang dapat merusak singkong. Jika singkong sudah rusak maka tidak akan pernah bisa berubah menjadi tape.
    Saat pembuatan tape singkong tentunya bahan utama yaitu singkong harus direbus dahulu. Untuk menghindari kontak dengan tangan maka saat melakukan pengecekan sebaiknya gunakan bantuan alat lain seperti garpu maupun tusuk sate.
    Hal tersebut berlaku juga ketika kalian ingin memindahkan singkong yang sudah matang. Jangan pernah menyentuhnya secara langsung melainkan gunakan pencapit makanan karena mencegah kontak langsung dengan tangan.

  • Gunakan Wadah Dengan Alas Daun

    Untuk wadah yang digunakan untuk tempat singkong sebaiknya alasi dasarnya terlebih dahulu. Usahakan gunakan daun pisang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu agar layu dan siap digunakan. Serta tips selanjutnya jika tape yang dibuat sudah memiliki tingkat kematangan yang dirasa pas maka simpan di kulkas agar awet.

Jadi itulah beberapa hal yang bisa kalian ketahui mengenai tape singkong mulai dari sederetan fakta menariknya hingga tips pembuatannya. Harganya yang murah bisa membuat olahan ini sangat mudah dijangkau semua kalangan bahkan bagi yang berminat juga bisa mencoba membuat sendiri dengan melihat cara membuat tape singkong yang ada.

Selain harganya murah, tape singkong juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya adalah untuk pencernaan. Jadi bagi kalian yang sedang mengalami gangguan pencernaan bisa mencoba tape singkong sebagai alternatif pengobatan murah untuk keluhan kalian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *