Inilah Cara Membuat Thumbnail Youtube Untuk Menarik Penonton

Cara Membuat Thumbnail Youtube

Seorang content creator harus memiliki banyak ide cemerlang. Selain membuat konten yang unik, kamu juga harus membuat orang terkesan dan ingin menonton video kamu.

Untuk membuat orang terkesan dan memberikan first impression bagus untuk videomu adalah dengan thumbnail YouTube.

Bacaan Lainnya

Kamu harus membuat thumbnail yang eye-catching agar pengguna merasa penasaran dan ingin menonton video kamu. Thumbnail fungsinya sama seperti baliho iklan.

Kamu menonjolkan sesuatu dari video kamu melalui thumbnail. Kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat thumbnail YouTube yang eye-catching.

Thumbnail Meningkatkan Viewers Youtube

Faktanya salah satu yang membuat video YouTube kita ditonton banyak orang adalah thumbnail yang menarik. Mengapa begitu?

Karena ketika orang melihat tampilan utama video kita dan menggunakan thumbnail yang menarik, maka mereka akan penasaran dan akhirnya menonton.

Banyak Youtuber Indonesia yang punya thumbnail YouTube bagus seperti RANS Entertainment, Fiki Naki dan beberapa Food Vlogger.

Salah satu konten creator YouTube yang memiliki thumbnail bagus adalah Kimbab Family. Meskipun konten yang diberikan adalah konten keluarga, namun mereka berhasil meraih viewers ratusan ribu hanya beberapa jam setelah upload.

Meningkatnya viewers video dikarenakan mereka membuat thumbnail YouTube yang membuat orang penasaran. Begitupun pada food vlogger, biasanya mereka menggunakan thumbnail YouTube dari makanan yang akan di review.

Membuat Thumbnail Youtube Yang Eye-catching

Untuk meningkatkan viewers YouTube, kamu harus membuat thumbnail YouTube yang eye-catching atau menarik. Berikut ini cara membuat thumbnail YouTube yang akan meningkatkan viewers video kamu:

  1. Buat Thumbnail yang Mewakili Isi Video

    Thumbnail adalah hal yang pertama dilihat penonton ketika mereka menemukan video kamu. Jika kamu membuat judul thumbnail yang tidak sesuai dengan isi video, maka penonton akan pergi.
    Buatlah judul thumbnail yang mewakili isi konten dan buat yang menonjol. Sangat penting untuk menggambarkan isi video melalui judul.
    Karena penonton sudah berekspektasi tentang isi video kamu melalui thumbnail yang kamu buat. Jadi buat semenarik dan seunik mungkin.

  1. Hindari Thumbnail Clickbait

    Beberapa Youtuber menggunakan trik membuat thumbnail dengan kata-kata yang sensasional. Seperti menggunakan kata-kata kasar dan kotor.
    Ini yang dinamakan thumbnail clickbait karena tidak mewakili isi video. Meskipun kata-kata kotor akan menarik penonton, namun ketika isi videonya berbeda pastinya langsung ditinggalkan.
    Jadi hindari pembuatan thumbnail yang menyesatkan dan clickbait. Tidak ada untungnya buat kamu.

  1. Gunakan Foto yang Menarik

    Sepanjang video kamu akan menampilkan banyak gambar. Jika kamu ingin menjadi konten creator makanan, kamu bisa menampilkan thumbnail berisi gambar makanan yang akan kamu review.
    Contohnya seperti channel YouTube Ken & Grat. Mereka memiliki thumbnail YouTube yang bagus karena menampilkan foto makanan dan foto mereka ketika makan.
    Tentunya hal tersebut akan menarik viewers karena thumbnail youtubenya bagus dan mewakili isi video. Jangan ragu untuk menempatkan foto terbaik yang ada di video kamu.

  1. Gunakan Font Besar dan Unik

    Sangat penting memperhatikan penggunaan font dan ukuran font. Gunakan font yang besar, berwarna dan unik. Semakin menonjol judul maka semakin tertarik orang untuk klik video kamu.

  1. Cek Thumbnail dan Judul Apakah Sesuai Aturan

    Youtube analytics akan membantu kamu melihat apakah judul dan thumbnail yang kamu buat cocok dengan ekspektasi. Youtube akan melihat apa yang dilakukan penonton ketika mulai menonton video yang mereka pilih.

Itulah cara membuat thumbnail YouTube, semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *