Cara Membuat Video Pembelajaran Interaktif Agar Lebih Menarik

  • Whatsapp
Cara Membuat Video Pembelajaran

Dengan hadirnya teknologi yang makin maju, bisa memudahkan berbagai kebutuhan manusia sekarang ini. Salah satu dampak positifnya ialah bisa meningkatkan kualitas pendidikan. Misalnya saja dengan digunakannya video pembelajaran.

Ada banyak cara membuat video pembelajaran yang membuat para pengajar tertarik untuk menyediakan materi yang terbaik. Dengan video pembelajaran, maka bisa meningkatkan pemahaman siswa dengan lebih cepat.

Beberapa Tips Penting Membuat Video Pembelajaran

Jika kita lihat di Youtube, maka sudah bertebaran beraneka video pembelajaran. Tetapi tidak semua video tersebut sesuai keinginan atau tujuan pembelajaran tiap orang. Apabila ada dari Anda yang ingin membuat video pembelajaran sendiri, maka buat yang interaktif dan juga menarik. Lebih baik perhatikan beberapa hal di bawah ini jika ingin membuat video pembelajaran.

Memakai Storytelling

Beda dengan metode yang layaknya seperti ceramah saja, storytelling dalam video pembelajaran bisa lebih mudah dipahami atau dicerna. Bukan hanya siswa dari sekolah dasar saja yang menyukainya untuk tingkat menengah bahkan mahasiswa juga lebih mencerna dengan cepat jika terdapat pola bercerita.

Karena konsep video pembelajaran seperti itu bisa melibatkan emosional para penontonnya. Tips satu ini bisa dilakukan juga dengan cukup menampilkan diri dalam video dan bisa juga memakai suara kalau tidak dapat tampil. Siswa-siswa nantinya akan mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda pastinya dengan cara membuat video pembelajaran tersebut.

Coba Memakai Animasi

Untuk Anda yang mahir membuat animasi, sebaiknya memanfaatkan hal tersebut untuk memproduksi sebuah video pembelajaran agar lebih menarik. Tetapi jika Anda tidak bisa, maka bukan menjadi masalah serius karena Anda bisa coba meminta bantuan kolega. Bisa juga memakai jasa animator jika perlu.

Animasi tersebut sangat menarik untuk kalangan anak-anak meski sesederhana apa pun animasinya. Mereka lebih antusias untuk menyimak materi dikarenakan terdapat unsur hiburan dan juga estetika di dalamnya. Lebih baik jangan lupa juga untuk mendahulukan kualitas dari pesan video pembelajaran yang ingin disampaikan.

Coba Mengajak Siswa Berinteraksi

Kategori video pembelajaran interaktif yaitu audio visual untuk mengajak para siswa berinteraksi. Walau mereka menonton saja, namun Anda bisa membuat siswa melakukan sesuatu, maka video tersebut bersifat komunikatif. Bisa dengan memberikan soal termasuk juga cara memecahkannya.

Anda dapat memberikan soal-soal sebagai pemanasan lalu ada selingan permainan yang bisa menarik perhatian. Tanpa disuruh, maka siswa berusaha mencari jawabannya apa. Mereka juga akan mengikuti instruksi dengan antusias.

Pastikan Visual Video Pembelajaran Sudah Menarik

Dari kekuatan gambar dan video memang penting sehingga harus ditampilkan dengan maksimal. Visual video pembelajaran yang kurang menarik bisa berakibat fatal bahkan termasuk untuk mengumpulkan fokus para siswa. Hindari terlalu banyak tulisan yang disisipkan dalam video.

Kalau layar video penuh teks, maka tak berbeda dengan buku sekolah. Hindari membuat siswa mudah tertidur karena bosan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dari visual video pembelajaran yaitu penggunaan warna, detail gambar dan juga pencahayaan. Bisa saja menyulitkan audiens kalau visual video pembelajaran gelap atau ada bagian yang blur. Maka dari itu, disarankan untuk berlatih dalam produksi video serta editing video.

Sekarang ini, tenaga pendidik juga harus mempunyai nilai plus yaitu kemampuan editor media. Berusahalah dengan sebaik-baiknya untuk para siswa agar mereka bisa belajar secara efektif dan menyenangkan. Semoga beberapa tips cara membuat video pembelajaran di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *