Cara Membuat Yogurt yang Sehat

Cara Membuat Yogurt

Yoghurt adalah makanan yang sehat dan m memiliki kandungan mineral vitamin B dan protein yang baik untuk tubuh dan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep cara membuat yoghurt sehat dan simpel. Yoghurt bisa dibeli atau dibuat sendiri dengan bahan yang mudah dan juga praktis sekali.

Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

Konsumsi yoghurt setiap hari dapat menyehatkan tubuh Anda terutama untuk sistem pencernaan. Yoghurt juga bisa membuat tubuh Anda lebih segar selama menjalani kegiatan sehari-hari. Sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi yoghurt setiap hari untuk menjaga badan tetap fit dan sistem pencernaan lancar.

Yoghurt yang dibuat sendiri juga lebih baik dan manfaatnya juga cukup besar untuk kesehatan. Pembuatan yoghurt tanpa bahan pengawet akan lebih aman dikonsumsi secara rutin dan akan lebih menghemat juga. Sehingga Anda tidak perlu membeli yoghurt kemasan namun sudah bisa membuat lebih banyak sendiri.

Tata Cara Pembuatan Yoghurt

Tata cara pembuatan yoghurt cukup simpel namun sebelum membuatnya harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dipersiapkan terdiri dari 2 macam, yaitu 1000 ml susu segar dan 2 sendok makan plain yoghurt. Cara-cara pembuatan yoghurt yang mudah dan sehat adalah :

  1. Panaskan Susu Segar

    Tata cara pembuatan yoghurt yang pertama adalah panaskan susun segar ke dalam panci dan panaskan dengan api kecil. Kemudian aduk perlahan dan jangan sampai susu mendidih dan hangus di bagian bawah. Anda juga bisa memakai oven dengan temperatur 85 derajat celcius.
    Proses satu ini bertujuan untuk mengubah struktur protein pada susu menjadi berubah menjadi padat. Namun harus diperhatikan jangan sampai memanaskan susu terlalu lama hingga mendidih sebab bisa merusak kandungan yang ada di dalam susu.

  1. Dinginkan Susu

    Setelah susu cukup hangat kemudian angkat susu dari kompor dan dinginkan susun. Anda dapat mendinginkan susu dengan menggunakan baskom yang sudah diisi dengan air. Masukkan panci berisi susu ke baskom berisi air supaya proses pendinginannya menjadi lebih cepat.
    Selama proses mendinginkan susu diaduk perlahan sampai suhu susu menjadi 43 derajat celcius. Selanjutnya tambahkan dengan plain yoghurt dengan bakteri hidup ke panci susu. Aduk susu dan yoghurt yang sudah dicampurkan menjadi rata secara keseluruhan.

  1. Pindahkan Adonan

    Cara membuat yoghurt berikutnya pindahkan adonan yoghurt yang sudah digabungkan dengan susu tadi ke dalam toples bersih. Usahakan menggunakan toples kaca yang memiliki tutup rapat untuk proses inkubasi. Jangan sampai toples terbuka atau dibuka selama proses inkubasi selama 7 jam.
    Pastikan temperatur selama proses inkubasi terjadi di 38 derajat celcius supaya prosesnya berjalan secara baik. semakin lama proses inkubasi atau mendiamkan yoghurt tersebut maka akan semakin tinggi tingkat keasamannya dan semakin kental teksturnya.

  1. Masukkan ke Lemari Es

    Setelah proses inkubasi dirasa cukup kemudian Anda pindahkan yoghurt ke dalam lemari es sebelum dikonsumsi. Proses penyimpanan yoghurt di dalam lemari es untuk dikonsumsi paling lama adalah 1 sampai 2 minggu dan pastikan untuk tidak mengonsumsi yoghurt lebih dari 2 minggu.
    Anda dapat memakan yoghurt ditambahkan dengan bahan lainnya, seperti buah-buahan atau oats. Pastinya lebih sehat membuat yoghurt sendiri dan bisa dimakan setiap pagi supaya menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Pastikan Anda mengikuti semua tahap pembuatannya dan demikianlah penjelasan mengenai cara membuat yoghurt yang mudah, simpel dan sehat di rumah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *