Cara Mempercepat WiFi Indihome Paling Ampuh

Cara Mempercepat WiFi Indihome

Indihome merupakan alah satu penyedia internet atau ISP di Indonesia yang terbesar dan sudah digunakan oleh banyak orang. Walau begitu, layanan internet dari Indihome sebenarnya sama saja seperti yang lainnya. Bahkan kualitas internet Indihome ada kalanya tidak lancar.

Terkadang ada gangguan yang bisa menyebabkan koneksi Indihome menjadi lemot. Bagi kamu semua yang mengalami masalah seperti ini, ada beberapa solusi untuk mengatasi internet WiFi Indihome yang lemot. Sebelum membahas cara mempercepat WIFI Indihome, pahami lebih dahulu tanda-tanda internet Indihome sedang gangguan.

Tanda-Tanda Internet Indihome Mengalami Gangguan

Mengidentifikasi tanda WIFI Indihome sedang gangguan itu penting, agar bisa membuat kita lebih mengerti seputar parameter internet yang normal dan tidak. Bukan hanya membuat koneksi internet tiba-tiba lemot, adanya gangguan juga dapat menyebabkan perangkat tidak dapat tersambung ke jaringan internet.

Gangguan ini kadang memang dapat terjadi dan penyebab dari hal tersebut juga bisa berbeda-beda. Ketika kalian sedang mengunduh file dan lalu melihat bandwidth yang rendah dibandingkan biasanya, belum pasti itu terjadi dikarenakan gangguan.

Agar bisa mengukur kecepatan internet, kecepatan unduh atau download bukan hanya salah satu indikator yang bisa digunakan. Karena bisa saja web site yang dikunjungi membatasi kecepatan para penggunanya.

Agar bisa memastikan koneksi internet dari Indihome lambat, maka gunakan saja situs tes koneksi internet seperti misalnya Speedtest. Ketika kalian sudah melihat kecepatan internet yang ditunjukkan situs tersebut lambat dibandingkan biasanya, data ini dapat menjadi patokan sedang terjadi kendala atau gangguan.

Beberapa Cara Mengatasi Masalah Wifi Indihome Yang Lemot

Terdapat beragam cara yang dapat kalian coba agar bisa mengatasi masalah di atas. Berikut ini ada beberapa cara mempercepat WIFI Indihome untuk kalian terapkan.

Membatasi Jumlah User

Internet Indihome lemot bisa terjadi dikarenakan terlalu banyak pengguna yang memakai atau gadget yang terhubung. Kalau kecepatan internet kalian 10Mbps/s, lalu terdapat 5 perangkat lebih yang tersambung, maka kecepatan yang diterima setiap perangkat akan sangat kecil. Apa lagi kalau perangkat melakukan download, maka koneksi perangkat lain dapat berkurang drastis. Jadi, batasi saja jumlah pengguna WIFI.

Restart Router WIFI

Router ialah perangkat yang bisa menjadi penyebab internet Indihome lemot. Kadang router mengalami kendala atau error setelah dipakai beberapa lama sehingga kecepatan internet bisa melambat. Proses restart bisa membantu menghilangkan error router yang sedang kalian gunakan.

Menghapus Cache Browser

Bisa saja browser yang digunakan menyimpan banyak sekali cache. Cache tersebut bisa menyebabkan internet yang digunakan menjadi lebih lambat dikarenakan cache berisikan data dari setiap kegiatan browsing sebelumnya. Jika terlalu banyak tersimpan cache, maka bisa membebani performa browser, hal ini bisa menjadi penyebab internet Indihome menjadi lemot. Hapuslah cache Browser yang digunakan agar bisa mempercepat internet saat mengakses melalui browser.

Memakai Repeater

Jika rumah kamu luas, lalu hanya terdapat 1 modem saja, pastinya tidak semua tempat mendapatkan sinyal akses WiFi yang cepat. Bukan hanya mengganti lokasi tempat router saja, kamu juga dapat memakai repeater agar bisa memperluas jangkauan.

Semakin bagus jangkauan area WIFI dengan repeater, maka semakin stabil juga internet untuk digunakan di rumah. Repeater itu sendiri memiliki fungsi utama untuk menangkap jaringan sinyal WiFi lalu memancarkannya kembali. Itu saja informasi mengenai cara mempercepat WIFI Indihome. Semoga bisa berguna untuk Anda semua terutama para pengguna Indihome.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *