Mempelajari Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online

Bila berbicara mengenai layanan kesehatan banyak dari kalian hanya mengetahui soal BPJS Kesehatan padahal BPJS ini banyak jenisnya salah satunya JHT BPJS Ketenagakerjaan. Layanan jaminan hari tua untuk para pekerja ini tentunya dapat diklaim ataupun dicairkan.

Selain datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, proses pencarian bisa dilakukan secara online dan cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online sangatlah mudah untuk dilakukan. Sebenarnya kedua cara tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan namun di masa pandemi seperti saat ini cara online lebih aman karena kalian tidak perlu mengantre dan bertemu dengan banyak orang.

Bacaan Lainnya

Syarat Pengajuan Pencarian

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa proses pencairan termasuk mudah dilakukan, kendati demikian tetap harus ada beberapa syarat yang harus kalian perhatikan. Syaratnya berupa usia harus 56 tahun, mengalami keadaan cacat total akan tetap berhenti kerja ( PHK ataupun mengundurkan diri) dan juga PHK (tetap dengan memenuhi syarat yang ditentukan).

Cara Pencairan Dana Secara Online

Setelah mengetahui beragam syaratnya maka kalian juga harus memperhatikan langkah-langkah pencairan online. Namun penting untuk diketahui disini adalah tidak semua peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa melakukan pencairan secara online. Bagi kalian yang memenuhi syarat dan bisa melakukan pencairan online maka simak informasi berikut.

  • Login

    Saat akan melakukan pencairan kalian bisa melakukannya melalui aplikasi maupun laman resmi dari BPJS Ketenagakerjaan. Jika melakukan pencairan melalui web maka buka saja webnya lalu lakukan login dan ikuti beragam arahan disana. Jika ingin menggunakan aplikasi pastikan jika kalian sudah menginstallnya terlebih dahulu.
    Jika aplikasi sudah terunduh maka buka dan buat akun jika memang tidak memiliki akun disana. Namun jika sudah cukup lakukan login dengan melakukan pengisian e-mail serta kata sandi. Nanti setelah masuk kalian akan dihadapkan dengan beragam pilihan menu dan pilih saja “Antrean Online”.

  • Pengisian Data

    Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online adalah melakukan pengisian data pada halaman antrean online. Nantinya akan muncul informasi untuk syarat serta ketentuan dari pengajuan pencairan serta formulir pengajuan untuk klaim JHT. Jangan lupa untuk mengisi formulir dengan data yang benar dan sesuai.

  • Unggah Dokumen

    Langkah selanjutnya adalah pengunggahan dokumen, nantinya beberapa dokumen akan diminta diupload ke laman atau aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. Adapun beberapa dokumen yang diperlukan seperti KTP, KK, scan kartu, foto diri, surat keterangan berhenti kerja, buku rekening, formulir permohonan untuk klaim JHT dan juga NPWP.

  • Verifikasi Berkas

    Langkah terakhir yaitu verifikasi berkas setelah semua dokumennya terunggah dan proses tersebut dilakukan oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan. Verifikasi bisa dilakukan dengan banyak cara dan salah satunya melalui video call.
    Jika dokumennya sudah siap semuanya maka kalian hanya perlu menunggu proses pengklaiman. Untuk status klaim bisa dicek lewat aplikasi pada menu “Antrean Online”. Hal yang berkaitan dengan permohonan untuk pencairan klaim nantinya pemohon akan dihubungi oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan melalui cabang mana pun dan jika berhasil maka uang akan dikirimkan ke rekening.

Jadi itulah cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online yang bisa kalian lakukan dan tahap-tahapnya sangatlah mudah. Namun perlu diingat proses pengajuan ini tidak memungut biaya sedikit pun, jadi bila ada pihak yang mengaku dari BPJS Kesehatan dan meminta biaya maka bisa jadi itu penipuan.

Akan tetapi jika kalian masih merasa bingung dan ingin melakukan pengajuan langsung ke kantor maka dipersilahkan. Namun tetap harus memenuhi protokol kesehatan terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *