Wanita, Inilah Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara terjadi akibat adanya pertumbuhan sel berlebihan dalam payudara. Sel demikian bersifat ganas sehingga memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Bila terus di biarkan maka hal itu dapat menyebar ke bagian organ lain sehingga semakin mengancam nyawa. Demi menjaga kesehatan, ada baiknya Anda lebih mengetahui terkait cara mencegah kanker payudara ini.

Kenali 7 Cara Mencegah Kanker Payudara yang Efektif

  1. Tidak merokok

    Dewasa ini kegiatan merokok bukan lagi dilakukan oleh kaum pria saja, sebab banyak pula wanita yang gemar merokok. Kebiasaan inilah yang menjadi awal munculnya banyak penyakit terutama kanker. Zat dan kandungan dalam rokok sangat berbahaya bagi tubuh. Hal itu menjadi dalang utama sel kanker muncul terutama kanker payudara pada wanita. Untuk itu mulailah berhenti merokok sebelum terlambat.

  2. Hindari minuman keras

    Kebiasaan negatif seperti minuman keras patut untuk di hindari. Selain menimbulkan hilangnya kesadaran sekejap, kebiasaan minuman beralkohol juga mengundang penyakit berbahaya seperti kanker. Minuman alkohol diduga mampu meningkatkan hormon estrogen yang mana kerap di kaitkan dengan mempercepat pertumbuhan sel kanker payudara.

  3. Menjaga berat badan

    Cara mencegah kanker payudara di mulai dari diri Anda sendiri. Misalnya dalam mengatur pertumbuhan berat badan Anda. Biasakan untuk menjaga berat badan agar terus ideal. Sebab kegemukan atau obesitas akan menjadi sarang lemak menumpuk pada tubuh. Hal itu pula yang akan menjadi resiko lebih mudah untuk terkena kanker termasuk kanker payudara.

  4. Berolahraga teratur

    Sudah bukan rahasia lagi bila berolahraga amat baik untuk kesehatan. Berolahraga selama beberapa menit dipercaya mampu membakar banyak kalori dan lemak dalam jumlah yang signifikan. Keadaan demikian pula mampu membuat Anda dapat menjaga berat badan. Tubuh ideal pun akan terbentuk alih-alih mengalami obesitas. Kesehatan yang terus terjaga dengan baik tentu membuat serangan virus maupun sel kanker dapat di hindari.

  5. Mengonsumsi makanan sehat

    Saat ini berbagai jenis makanan merajalela di mana-mana.  Sebut saja junk food atau makanan cepat saji yang dianggap simpel untuk di konsumsi.  Namun apabila di lihat dari segi kesehatan tentu makanan tersebut sangat tidak baik bagi tubuh. Ada baiknya Anda mulai untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran atau buah-buahan.  Kandungan zat pada sayur dan buah sangat baik sebagai penangkal kanker payudara.  Sebut saja antioksidan yang tinggi yang mana mampu menjadi penangkal tumbuh kembang berbagai penyakit termasuk kanker.

  6. Kurangi dosis dan durasi terapi hormon

    Terapi hormon umumnya dilakukan oleh wanita yang mengalami menopause.  Tujuan terapi mungkin baik namun tentu ada efek tertentu yang tidak di sadari dapat membahayakan. Dilansir dari beberapa ahli menyatakan bahwa dosis dan durasi terapi hormon yang berlangsung tiga sampai lima tahun berpotensi meningkatkan terkena kanker payudara.  Maka dari cara mencegah kanker payudara ialah untuk Anda yang berniat mengikuti jenis terapi ini ada baiknya menanyakan terlebih dahulu seputar risiko dan pembahasan durasi terapi yang lebih memungkinkan.

  7. Menyusui

    Kodrat setiap perempuan ialah menyusui terutama ketika kelak sudah memiliki keturunan. Menyusui tidak hanya bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil melainkan dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara. Hal itu diperkuat dengan hormon laktasi yang tertunda sehingga paparan hormon estrogen pun secara otomatis menurun. Dengan begitu kemungkinan terkena kanker payudara akan jauh lebih kecil.

Itulah beberapa cara mencegah kanker payudara.  Mengingat begitu berbahayanya penyakit ini maka dari itu lebih baik Anda tahu terlebih dahulu dalam pencegahannya. Kurangi kebiasaan buruk seperti merokok, begadang serta mengonsumsi masakan cepat saji. Apabila terjadi hal yang mencurigakan di area payudara ada baiknya langsung konsultasikan dengan dokter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *