Kesehatan


Cara Mencegah Penyakit Jantung untuk Kamu Generasi Muda

cara-mencegah-penyakit-jantung cara-mencegah-penyakit-jantung

Penyakit jantung ternyata tak hanya bisa menyerang usia senja saja, namun penelitian terbaru dari American College of Cardiology mengatakan bahwa penyakit jantung pun bisa menyerang para generasi muda. Sehingga merupakan hal yang penting dalam menjaga kesehatan jantung untuk kamu yang selalu aktif di usia muda. Berikut beberapa cara mencegah penyakit jantung untuk kamu generasi muda

7 cara mencegah penyakit jantung di usia muda

  1. Menghentikan kebiasaan merokok
    Merokok bisa jadi penyebab utama penyakit jantung karena bahan kimia yang terkandung di dalam rokok dapat melekat pada dinding arteri, itulah yang dikatakan oleh British Heart Foundation. Akibat dari hal tersebut adalah berkurangnya kinerja arteri yang bertugas membawa darah menuju jantung, jika dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan serangan jantung. Jadi, hentikanlah kebiasaan merokok demi masa depan cerahmu.
  2. Menghindari minuman keras
    Alkohol yang terkandung dalam minuman keras dapat mengakibatkan kinerja jantung menjadi lemah, tak hanya itu alkohol yang terkandung di dalamnya pun dapat memicu detak jantung yang tidak teratur yang bisa berakibat sangat fatal. Kita bisa menghindari meminum minuman keras ini dengan menggantinya menjadi jus buah.
  3. Mengurangi konsumsi fast food
    Bagi kalangan muda fast food seakan tujuan hidup mereka sehingga tak jarang banyak remaja yang menderita obesitas karena berlebihan mengonsumsi fast food. Perlu kalian ketahui bahwa fast food mengandung kadar gula serta lemak trans yang tinggi, akibatnya ialah dapat memicu terbentuknya kolesterol jahat penyebab beragam penyakit jantung. Mari hidup sehat dengan menggantinya menjadi salad yang lebih keren jika dibandingkan fast food.
  4. Berhenti bergadang
    Aktivitas yang tak kunjung usai seringkali menghampiri generasi muda sehingga mengakibatkan mereka terpaksa bergadang. Namun tahukah kalian, jika kita tidur kurang dari enam jam dapat menyebabkan penyakit jantung sebesar 27% karena terjadinya pengerasan pembuluh darah. Berhenti bergadang merupakan suatu cara mencegah penyakit jantung yang bagus.
  5. Rutin melakukan olahraga
    Sudah menjadi anggapan umum bahwa seorang yang rutin melakukan olahraga memiliki tubuh yang sehat. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita rutin melakukan olahraga, salah satunya ialah mencegah penyakit jantung. Dengan berolahraga bermanfaat menguatkan otot jantung sehingga kinerja jantung akan maksimal. Namun berolahragalah dengan cukup karena sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.
  6. Mengoptimalkan kesehatan mulut
    Mulut adalah salah satu jalannya bakteri masuk ke dalam tubuh, bukan hanya dari makanan saja penyebabnya namun juga mulut itu sendiri. Gusi yang meradang dapat menciptakan bakteri, apabila tertelan dapat masuk hingga aliran darah dan akhirnya merusak pembuluh darah. Hal inilah yang bisa menyebabkan proses pembekuan darah pemicu terjadinya kerja henti jantung. Mengoptimalkan kesehatan mulut merupakan salah satu cara mencegah penyakit jantung yang paling mudah.
  7. Rutin cek kesehatan
    Cek kesehatan tidak hanya bermanfaat untuk memeriksa kesehatan yang bersifat sepele, namun juga yang sifatnya penting. Bisa saja kamu punya resiko penyakit jantung tetapi tidak mengetahuinya karena tidak pernah rutin cek kesehatan ke dokter. Itulah kenapa rutin cek kesehatan merupakan hal yang penting baik untuk kamu yang merasa sehat-sehat saja ataupun tidak.

Itulah beberapa cara mencegah penyakit jantung yang bisa kita lakukan sebagai generasi muda. Sangat disayangkan jika di usia kita yang muda namun terjangkit penyakit mematikan satu ini. Banyak hal yang belum kita lakukan di usia muda, mungkin salah satunya adalah membahagiakan orang tua.



Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah

Salah satu permasalahan yang biasanya muncul di mata adalah mata merah. Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi mata merah? Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Kenali Ciri-Ciri Kanker Otak

Mengenal ciri-ciri kanker otak bisa jadi bentuk perhatian terhadap tubuh. Namun, tidak dibenarkan untuk melakukan diagnosis mandiri.

Begini Cara Mengatasi Mata Kelilipan Dengan Mudah

Mata kelilipan sering terjadi pada sebagian besar orang yang umumnya aktif beraktivitas di tempat berdebu. Nah, guna mencegah terjadinya mata kelilipan, simak cara mengatasi mata kelilipan dengan mudah berikut ini.

Penyebab Penyakit Kulit Eksim

Mengetahui penyebab penyakit kulit eksim sangat penting untuk diketahui untuk mencegah resiko penyakit ini. Berikut ini ada beberapa faktor penyebab yang umum terjadi.



Verify that you are not a robot.