Simak Cara Mendaftar BPOM Online yang Benar

Cara Mendaftar BPOM Online

BPOM adalah singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan yang bertugas untuk memberikan pengawasan langsung pada peredaran obat dan makanan yang ada di Indonesia. Untuk itu cara mendaftar BPOM online sangat diperlukan oleh semua usaha atau UMKM yang memiliki produk yang harus mempunyai label aman untuk kesehatan.

Cara Mendaftar BPOM Secara Online Dan Langkah Lengkapnya

Masyarakat masa kini diketahui sudah sangat peduli pada kualitas makanan atau produk yang mereka gunakan setiap hari. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendaftar BPOM untuk produk usaha Anda.

  1. Mendaftarkan perusahaan

    Prosedur yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mendaftarkan usaha Anda. Di dalam mengisi form pendaftaran Anda akan butuh data berupa data usaha, data user dan data penanggung jawab dari usaha yang Anda jalankan.
    Upload berkas yang disyaratkan dalam pendaftaran Saat Anda mendaftar, akan muncul syarat berkas yang nantinya harus Anda upload sebagai kelengkapan berkas pendaftaran perusahaan atau pabrik usaha Anda.
    Artinya sebelum Anda melakukan pengisian formulir secara online harus terlebih dahulu melakukan scan pada dokumen yang diperlukan. Kemudian pihak BPOM akan mengirimkan hasil apakah disetujui atau tidak pendaftaran tersebut.

  1. Mendaftarkan produk dalam negeri

    Syarat dan cara mendaftar BPOM online adalah yang pertama Anda memiliki surat izin dari Disperindag atau Badan Koordinasi Penanaman Modal. Kemudian sertakan hasil uji laboratorium yang asli dimana berkaitan dengan produk zat gizi, zat yang diklaim sesuai dengan label, hasil uji kimia, cemaran logam dan cemaran mikrobiologi.
    Setelah itu Anda juga akan diminta untuk menyertakan rencana label dan contoh produk yang akan diedarkan

  1. Mendaftar via aplikasi

    Kemudian langkah selanjutnya adalah untuk mendaftar produk yang akan dijual melalui e-BPOM atau aplikasi yang ada di smartphone Anda.
    Untuk melakukannya Anda perlu mengunduh aplikasi kemudian log in dengan menggunakan user ID, password yang sudah diterima via email pada saat pendaftaran di website.
    Lalu input kode captcha dan isi data produk, bahan baku yang digunakan, informasi nilai gizi dalam produk, klaim produk dan hasil analisa produk.
    Setelah itu baru Anda upload berkas yang disyaratkan. Sebaiknya berkas fisik juga dikirim ke alamat BPOM yang tercantum di website resmi mereka. Tunggu proses verifikasi data permohonan serta rancangan label produk milik Anda.
    Kemudian Anda akan diminta untuk membayar Surat Perintah Bayar dan kemudian upload bukti pembayaran.

  1. Tunggu proses validasi dari pihak BPOM

    Setelah itu Anda akan mendapatkan Surat Persetujuan Pendaftaran yang diterbitkan oleh pihak BPOM. Kirim berkas tambahan yang diminta oleh BPOM ke kantor BPOM

Kemudian untuk mendapatkan Nomor Izin Edar akan butuh waktu terbit sekitar 30 hari kerja sejak pendaftaran dilakukan.

Keuntungan Memiliki Produk Usaha Yang Terdaftar Di BPOM

Apakah ada keuntungan tersendiri jika Kita melakukan pendaftaran produk usaha di BPOM? Tentu saja ada. Berikut manfaat atau keuntungan jika produk usaha terdaftar di BPOM.

  • Kualitas produk yang terjamin legalitasnya
  • Ada jaminan keamanan dan kesehatan produk yang terdaftar di BPOM
  • Semua produk yang terdaftar BPOM terjamin stabil harganya
  • Memiliki daya saing yang bagus dibandingkan dengan produk serupa namun belum memiliki nomor BPOM
  • Bisa dengan mudah masuk pasar dalam negeri maupun luar negeri

Demikian ulasan tentang cara mendaftar BPOM online.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *