Begini Cara Mengajar Anak Membaca Secara Efektif

  • Whatsapp
Cara Mengajar Anak Membaca

Jika anak belajar membaca, maka akan ada banyak manfaat positif untuk proses tumbuh kembang mereka. Kegiatan satu ini yang bisa meningkatkan kemampuan berbahasa dan juga komunikasi anak. Oleh karena itu, cara mengajar anak membaca harus dipahami para orang tua.

Membaca juga bisa memperluas kreativitas karena dapat memancing imajinasi si anak. Meski saat era digital sekarang ini rasa suka anak terhadap membaca kurang, tetap harus ditanamkan kebiasaan tersebut untuk kebaikan buah hati.

Bacaan Lainnya

Beberapa Tips Agar Anak Senang Dan Rajin Membaca

Hindari anak sampai merasa malas dan tertekan untuk membaca. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka bisa simak tips tepat mengajari anak untuk membaca berikut ini.

Membuat Suasana Nyaman Sembari Membacakan Buku

Salah satu cara mengajari membaca yaitu membacakan buku. Buatlah membaca ini sebagai kegiatan sehari-hari kamu bersama anak. Buat suasana yang senyaman mungkin supaya anak tidak akan merasa tertekan.

Usahakan membacakan buku kepada buah hati setiap harinya. Kamu bukan hanya bisa melakukan kegiatan satu ini menjelang si anak tidur, tapi kamu dapat juga meluangkan waktu saat siang hari. Kamu nantinya bisa tahu kategori buku yang mana yang disukai oleh anak.

Memberikan Pertanyaan-Pertanyaan

Kamu bisa juga memberikan pertanyaan ketika membaca karena merupakan metode tepat mengajari anak. Membaca bukan tentang melafalkan bacaan kata saja, namun seberapa jauhnya anak mengerti isi bacaan tersebut. Bisa dengan menyelingkan pertanyaan saat membaca, hal ini bukan hanya bisa mendorong anak untuk berinteraksi bersama buku.

Tetapi juga efektif untuk mengembangkan kemampuan anak buah hati untuk mengerti isi bacaannya. Kalau anakmu cukup besar, maka kamu bisa main tebak-tebakan juga dengan buah hati. Pada akhirnya, anak dapat merasakan kalau membaca adalah kegiatan yang menyenangkan.

Menjadi Contoh Sendiri Untuk Anak

Ada cara mengajar anak membaca selanjutnya yaitu mempraktikkan aktivitas baca itu sendiri di rumah. Sering kali orang tua menyuruh anak untuk melakukan hal-hal tertentu yang dirasa penting, tetapi lupa mencontohkannya kepada anak.

Pada saat anak menyaksikan orang tua mereka membaca, maka ia bisa paham pentingnya membaca. Penting supaya orang tua memberi contoh untuk kebaikan anak, meski kamu bukan termasuk penggemar baca-bacaan. Mencontohkan kegiatan membaca kepada anak ialah salah satu metode efektif.

Menghubungkan Dengan Benda

Anak sering belajar dengan memerhatikan lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, mengasosiasikan suatu kata dengan suatu benda di sekitar dapat menjadi cara yang efektif untuk mengajari si anak membaca. Terutama anak dengan umur kurang dari 6 tahun, yang belum pintar menghafal.

Dengan mengenali berbagai benda-benda sekitar, maka anak jadi lebih cepat untuk memahami kata. Para Bunda juga dapat menggunakan buku bergambar dan mengulangi kata sembari menunjuk gambar.

Mengarahkan Anak Membaca Tulisan Yang Ditemuinya

Supaya anak bisa mengenali tulisan-tulisan, kamu dapat mengajak anakmu membaca tulisan yang ditemuinya. Dengan frekuensi kegiatan membaca lebih sering meski dalam waktu yang singkat, maka bisa menjadi permainan yang singkat dan menyenangkan bagi anak. Terdapat banyak tulisan di luar seperti poster, spanduk dan lainnya.

Membuat Jadwal Baca

Dengan kamu membuat jadwal membaca, maka budaya membaca dapat lebih difokuskan atau lebih dominan. Tidak harus perlu lama-lama, hal yang penting yaitu cukup membiasakan budaya baca dan menggunakan kesempatan mendekatkan diri bersama anak. Sekian informasi seputar cara mengajar anak membaca, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *