Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Anjing Muntah

Cara Mengatasi Anjing Muntah

Anjing sama seperti makhluk hidup lainnya yang dapat menderita penyakit, dan terkadang mengalami muntah. Jika kamu mendapati anjing peliharaanmu muntah secara mendadak, tidak perlu panik. Ulasan ini akan menjelaskan cara mengatasi anjing muntah dengan pertolongan pertama.

Penyebab Anjing Muntah

Muntah pada anjing pada umumnya adalah hal yang biasa sebagai bentuk pertahanan alami tubuh untuk mengeluarkan racun. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengobati anjing yang mengalami muntah, kamu juga perlu mencari tahu apa saja penyebab muntah pada anjing seperti berikut:

Bacaan Lainnya
  • Sakit perut merupakan alasan pertama yang paling sering menjadi penyebab anjing muntah. Sakit perut pada anjing biasanya terjadi karena anjing tidak makan dengan benar.
  • Obstruksi Benda Asing, hal ini dapat terjadi jika anjing kamu menelan benda-benda kecil yang bukan makanan, seperti plastik, mainan, kaus kaki, kotoran, dan sampah.
  • Keracunan sering terjadi pada anjing hingga menyebabkan muntah, tetapi umumnya terjadi pada rasa anjing tertentu dengan pencernaan yang sensitif. Kopi dan coklat adalah makanan terlarang bagi anjing karena dapat menyebabkan keracunan.
  • Pankreatitis adalah penyakit peradangan pada pankreas anjing yang memiliki gejala muntah-muntah, serta kehilangan nafsu makan.
  • Radang usus juga dapat menyebabkan anjing mengalami muntah, anjing dengan penyakit radang usus akan mengalami muntah secara akut hingga dapat menyebabkan kematian bila tidak segera ditangani.
  • Adapun faktor penyebab lain anjing muntah seperti infeksi, kembung, makan rumput, reaksi alergi dan perubahan menu atau pola makan.

Tips Menangani Anjing Muntah

Apabila anjing kamu hanya muntah sekali, kamu tidak perlu membawanya ke dokter hewan. Cukup bersihkan dan usahakan agar anjing tetap nyaman. Namun bila muntah berlanjut, maka kamu perlu mengambil tindakan sesegera mungkin. Berikut ini tips dan cara mengatasi anjing muntah yang dapat dilakukan:

  1. Berikan Perhatian

    Anjing merupakan hewan yang sangat suka diperhatikan, jika anjing kamu muntah maka kamu perlu memberikan perhatian yang lebih. Kamu bisa membelai atau memeluk anjing kamu setelah membersihkan sisa muntah, agar anjing merasa lebih nyaman.

  1. Bersihkan Bulu Anjing

    Sisa-sisa muntah dapat menempel pada bulu anjing dan membuat bulunya menjadi kusut. Kamu perlu membersihkan sisa muntah menggunakan tisu basah sesaat setelah anjing muntah. Muntahan anjing yang tidak dibersihkan dapat membuat anjing merasa tidak nyaman.

  1. Makanan Lembut

    Perhatikan makanan saat anjing sedang muntah, kamu dapat memberikan makanan yang hangat dengan tekstur yang lembut. Anjing kamu mungkin sedang memiliki pencernaan yang sensitif, kamu dapat memberikan anjing kamu bubur nasi atau makanan bayi saat tidak lagi mengalami muntah.
    Pastikan kamu tidak memberikan anjing kamu minum selama 4 jam setelah mengalami muntah. Jika anjing kamu merasa haus dan tidak nyaman, kamu dapat memberikan es batu untuk dijilat oleh anjing agar merasa lebih baik. Sebab memberikan minum pada anjing yang muntah dapat membuat kondisinya semakin parah.

  1. Bawa Ke Dokter

    Jika anjing kamu terus mengalami muntah hingga beberapa kali dalam kurun waktu 1 (satu) jam, maka kamu harus segera membawa anjing ke dokter. Anjing akan mengalami dehidrasi apabila terlalu sering muntah dan dapat menyebabkan anjing menjadi lemas.

Demikianlah cara mengatasi anjing muntah yang dapat kamu lakukan, tidak perlu panik yang berlebihan. Anjing muntah dapat dikenali gejalanya melalui observasi menyeluruh untuk mengambil tindakan yang tepat dalam mengobati muntah pada anjing.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *