Cara Mengatasi Anyang-anyangan yang Efektif

Cara Mengatasi Anyang-anyangan

Kondisi anyang-anyangan atau dalam istilah medis disebut Disuria merupakan kondisi yang umum dialami oleh banyak orang. Yaitu sebuah gangguan buang air kecil yang disertai rasa perih atau nyeri ketika buang air kecil dilakukan.

Cara mengatasi anyang anyangan bisa dilakukan secara alami tanpa pengobatan khusus. Secara sederhana anyang-anyangan adalah sebuah gejala meningkatnya jumlah frekuensi buang air kecil yang disertai dengan rasa kurang puas karena tak tuntas dalam buang air kecil yang dilakukan.

Cara Atasi Anyang-anyangan secara Alami

Secara umum, anyang-anyangan menjadi pertanda bahwa Anda memiliki penyakit infeksi saluran kemih. Ada banyak penyakit saluran kemih yang memiliki gejala berupa sakit anyang-anyangan. Dan pada wanita biasanya penyakit ini muncul karena menderita diabetes.

Namun tak semua nyeri yang terasa pada saluran kemih saat buang air kecil disebut anyang-anyangan. Beberapa orang mengalami nyeri saat sesudah menjalani operasi saluran kemih, menjalani prosedur khitan dan mengalami pemasangan kateter.

Saat mengalami anyang-anyangan umumnya banyak orang yang merasa terganggu aktivitasnya. Hal itu karena rasa nyeri atau perih serta harus bolak balik ke belakang karena rasa ingin buang air kecil namun urine yang keluar hanya sedikit.

Ada beberapa cara untuk mengobati penyakit anyang-anyangan.

  1. Perbanyak minum air putih

    Seperti yang sudah diketahui, bahwa tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup sehingga bisa terhindar dari rasa anyang-anyangan. Minum setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari bisa mengatasi dan menghindarkan Anda dari anyang-anyangan.

  1. Kompres pada bagian perut bawah

    Biasanya anyang-anyangan juga bisa terjadi ketika suhu dalam tubuh tidak seimbang. Anda bisa membantu atasinya dengan menggunakan kompres air hangat. Ambil handuk bersih dan basahi dengan air hangat. Kompres kan pada bagian perut bawah hingga terasa lebih nyaman.

  1. Hindari konsumsi makanan dan minuman tertentu

    Cara mengatasi anyang anyangan dengan baik juga bisa dilakukan dengan menghindari beberapa jenis minuman dan makanan. Seperti minuman yang bersoda, mengandung kafein dan alkohol. Atau jenis makanan yang pedas dan asam.

  1. Kenakan pakaian yang nyaman dan longgar

    Hindari penggunaan celana panjang atau celana dalam yang terlalu ketat. Karena hal itu bisa menyebabkan peluang terjadinya anyang-anyangan lebih besar terjadi.

  1. Konsumsi cranberry

    Cranberry adalah salah satu jenis buah yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan anyang-anyangan. Karena buah ini memiliki zat yang bermanfaat untuk mencegah bakteri penyebab infeksi bisa menempel di dinding saluran kemih. Jika sulit mendapatkan buah ini, Anda bisa konsumsi ekstraknya yang dijual bebas di apotik.

Cara Mengobati Anyang-anyangan Pada Wanita Hamil

Anyang-anyangan pada wanita hamil sering kali menjadi tanda awal dari sebuah kehamilan. Pada ibu hamil hal ini terjadi karena perubahan hormonal dan adanya desakan ukuran rahim yang membesar di bagian rongga panggul pada kandung kemih ibu hamil.

Gejala ini akan semakin mengganggu terutama di waktu malam hari. Sehingga bisa berakibat pada ibu hamil yang kelelahan bolak balik kamar mandi untuk buang air kecil. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi atau sebisa mungkin hindari minum teh dan kopi.

Kemudian Anda juga bisa mengubah posisi buang air kecil menjadi dengan jongkok agak condong ke depan. Posisi ini akan membantu pengosongan kandung kemih menjadi lebih mudah untuk kosong dengan tuntas.

Anda juga bisa mengompres hangat bagian perut dan usahakan untuk menghindari menahan keinginan buang air kecil. Itulah beberapa cara mengatasi anyang anyangan yang alami.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *