Cara Mengatasi BAB Berdarah di Rumah Saja

Cara Mengatasi BAB Berdarah

Kondisi bab berdarah sering kali baru diketahui ketika buang air besar dan terlihat ada noda darah di celana atau tisu yang dipakai untuk membersihkan. Banyak orang yang langsung panik ketika hal ini terjadi, karena yang dibayangkan adalah terjadi pendarahan di organ dalam tubuh.

Padahal adakalanya cara mengatasi bab berdarah ternyata bisa ditangani dari rumah saja. Meski memang jika Anda mengalaminya akan lebih baik jika Anda langsung memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

Beberapa kasus BAB berdarah menjadi pertanda akan adanya suatu penyakit yang serius dan harus ditangani dengan cepat sehingga tetap saja Anda harus waspada dalam hal ini.

Cara Mengobati Keluhan BAB Berdarah Secara Alami

Namun jika Anda mengalami BAB berdarah, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan pertama kali. Usahakan untuk tidak panik dan ambil langkah awal untuk menanganinya. Berikut beberapa langkah untuk mengatasi kondisi BAB berdarah.

  1. Bersihkan bagian anus dengan menggunakan air bersih

    Ingat usahakan untuk menggunakan air bersih. Jadi jika memungkinkan gunakan air yang mengalir bukan air yang tertampung di ember atau bak mandi. Tujuannya untuk meminimalkan terjadinya infeksi karena adanya luka terbuka di bagian sensitif.

  1. Kompres anus dengan air es atau es batu

    Ambil handuk kecil kemudian basahi dengan air es atau bungkus es batu. Setelah itu kompreskan pada bagian anus yang berdarah. Tujuannya adalah untuk membantu mengurangi nyeri yang terasa.

  1. Hindari duduk atau jongkok di toilet terlalu lama

    Banyak orang yang suka berlama-lama ketika di toilet. Seringnya mereka beralasan mencari inspirasi sambil duduk bermain game di toilet. Padahal dengan duduk jongkok terlalu lama bisa menyebabkan wasir yang akan sangat mengganggu hingga menyebabkan anus yang berdarah.

  1. Cukupi asupan air putih dalam tubuh

    Perbanyak minum air putih kurang lebih sekitar 8 gelas dalam sehari juga bisa menjadi cara mengatasi bab berdarah. Dan pastikan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung serat tinggi agar terhindar dari kesulitan bab yang menyebabkan anus berdarah.

  1. Hindari konsumsi minuman beralkohol

    Konsumsi minuman yang beralkohol ternyata bisa menyebabkan kondisi pencernaan menjadi terganggu. Dan hal itu bisa memperparah kondisi bab yang berdarah.

Beberapa Penyakit yang Ditandai Dengan Munculnya BAB Berdarah

Bab berdarah bisa berasal dari pendarahan yang terjadi di organ dalam atau bisa juga karena dinding anus yang terluka sehingga mengeluarkan darah. Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang ditandai dengan bab berdarah.

Jenis penyakit yang pertama adalah wasir. Yaitu sebuah kondisi dimana pembuluh darah yang ada di sekitar anus atau rektum mengalami pelebaran. Wasir disebut juga sebagai hemoroid. Ditandai dengan anus yang berdarah, ada rasa panas, gatal, nyeri dan pembengkakan yang ada di bagian anus.

Penyakit yang kedua adalah radang usus. Adalah sebuah kondisi saluran pencernaan yang alami peradangan. Penyebabnya adalah karena gangguan sistem imunitas tubuh. Gejala yang ditunjukkan yaitu anus berdarah, demam, diare, nyeri dan kram yang terasa di bagian perut serta nafsu makan yang menurun drastis.

Dan penyakit yang ketiga adalah Diverkulitis. Merupakan kondisi peradangan yang terjadi di organ divertikula. Divertikula adalah sebuah kantung yang terbentuk di sepanjang saluran cerna terutama bagian usus besar.

Penyakit ini banyak dialami oleh orang dengan usia 40 tahun ke atas. Penyakit ini muncul dengan gejala berupa BAB dengan lendir, nyeri pada bagian perut, perut kembung, diare dan sembelit. Itulah beberapa cara mengatasi bab berdarah secara alami.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *