Begini Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi

Seiring dengan perkembangan sistem imun tubuh yang belum stabil, sering kali bayi rentan terhadap ancaman penyakit. Salah satu yang banyak dijumpai pada bayi ialah penyakit batuk. Dimana bila bayi sudah batuk, pastinya menimbulkan keresahan bagi setiap orang tua.

Sebagai reaksi alami yang dikeluarkan oleh tubuh, batuk merupakan cara menghilangkan virus, kuman atau kotoran lewat saluran pernapasan. Banyak dari orang tua yang  memberikan obat batuk tertentu untuk mengobati gejala batuk yang timbul pada bayi.

Bacaan Lainnya

Namun, terkadang adanya efek samping pada obat menjadi pertimbangan orang tua ketika memberikan obat. Nah, lalu bagaimana cara mengatasi batuk pada bayi dengan baik? Simak terus informasi selengkapnya di artikel ini ya!

Jenis Batuk Pada Bayi

Pada umumnya, batuk yang terjadi pada bayi hampir sama gejalanya seperti batuk yang dialami oleh orang dewasa, dimana bayi juga mengalami gejala seperti hidung yang tersumbat, demam dan juga radang tenggorokan. Nah, jenisnya sendiri juga sama terbagi jadi dua, yakni:

  • Batuk Berdahak

    Batuk yang berdahak ini sering kali menjadi reaksi akan adanya infeksi yang terdapat di area saluran pernapasan. Warna dahak juga dapat mengidentifikasi penyebab dari batuk yang dialami oleh bayi tersebut.
    Umumnya, batuk yang dahaknya berwarna bening identik dengan adanya infeksi yang disebabkan oleh virus seperti ISPA, influenza maupun infeksi karena alergi
    Adapun dahak yang warnanya kuning cenderung identik dengan infeksi dari bakteri seperti pada penyakit pneumonia maupun bronkitis. Sedangkan warna merah menunjukkan adanya pendarahan yang terjadi di saluran pernapasan bayi.

  • Batuk tidak berdahak atau batuk kering

    Batuk kering ini sering kali terjadi karena adanya virus yang menyebabkan influenza. Bayi yang terkena flu sendiri diakibatkan karena daya tahan tubuh yang masih lemah sehingga mudah terserang virus influenza yang tertular dari seseorang.

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi

Bagi orang tua, usahakan untuk tidak panik ketika terjadi batuk pada bayi, karena ada beberapa cara mengatasi batuk pada bayi dengan mudah yang dapat dilakukan untuk mengurangi bahkan mengobati batuk yang terjadi. Caranya yakni:

  1. Memberikan obat tetes hidung

    Salah satu obat tetes hidung yang dapat membantu dalam mengobati batuk pada bayi yakni cairan saline. Cairan satu ini dapat membantu dalam mengeluarkan lendir yang mengendap pada saluran pernapasan dan juga tenggorokan bayi.
    Orang tua dapat memberikan cairan saline sebanyak kurang lebih 2 hingga 3 tetes ke dalam rongga hidung dari bayi dengan menggunakan pipet. Setelah itu, bersihkan rongga hidung bayi secara lembut untuk mengeluarkan lendir yang mengendap.

  1. Memberikan madu

    Selain cairan saline, madu juga dapat membantu dalam meredakan sakit batuk dan tenggorokan pada bayi. Kandungan antibakteri yang terdapat dalam madu berperan aktif untuk mengatasi batuk tanpa adanya efek samping pada tubuh bayi.
    Larutkan satu sendok madu dalam air hangat untuk meredakan batuk buah hati. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemberian madu bagi bayi di bawah 1 tahun tidak dianjurkan karena dapat berisiko terjadinya botulisme atau keracunan. Cukup beri air putih saja.

  1. Menggunakan minyak essensial

    Minyak esensial diketahui memiliki kandungan yang baik untuk mengatasi batuk dan juga nyeri pada otot. Gunakan minyak untuk diusapkan pada punggung, dada serta telapak tangan bayi untuk menghangatkan tubuh.

Itu tadi sekilas informasi yang berkenaan dengan penyebab dan juga cara mengatasi batuk pada bayi. Penting menjaga kesehatan anggota keluarga supaya tidak rentan terkena penyakit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *