Penyebab & Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Ada masalah pada bibir yang umum yaitu bibir pecah-pecah dan bibir kering. Kondisi bibir seperti ini sangat sering terjadi dan bisa mengganggu penampilan. Kalau dibiarkan hingga berlarut-larut, maka bisa mengganggu kesehatan. Selain itu, kulit bibir bisa saja tampak gelap, berdarah dan mengelupas. Sehingga kita sudah sepatutnya tahu cara mengatasi bibir pecah pecah.

Penyebab Bibir Sering Kering & Pecah-Pecah

Bibir yang lembap dan sehat tentu terasa nyaman dan semakin menarik kelihatannya. Namun terdapat banyak faktor tertentu yang bisa menyebabkan gangguan bibir, terutama kondisi bibir yang pecah-pecah.

Beberapa faktor tersebut yaitu adalah kondisi lingkungan, misalnya seperti suhu atau cuaca ruangan yang menyebabkan bibir kering. Dari kondisi tubuh kita sendiri yang mengalami penyakit juga bisa berpengaruh pastinya atau pun berbagai kebiasaan buruk. Bibir dengan kondisi yang pecah-pecah, pada dasarnya menandakan kalau bibir kurang lembap.

Apa lagi bibir pada dasarnya tidak mempunyai kelenjar minyak layaknya kulit pada bagian tubuh bagian yang lainnya. Hal tersebut membuat bibir tidak bisa melumas sendiri. Anda pun perlu memerhatikan perawatan untuk bagian ini supaya tetap sehat.

Beberapa Cara Mengatasi Kondisi Bibir Kering & Pecah-Pecah

Agar mencegah dan mengatasi bibir yang kering, terdapat cara tersendiri agar menjaga kelembapan dan kesehatan bibir. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa diterapkan.

  1. Memakai pelembap bibir

    Anda bisa memakai pelembap yang di dalamnya terkandung tabir surya tiap berkegiatan di luar. Hal ini bisa mencegah efek buruk dari paparan ultraviolet yaitu bisa membuat kulit tubuh termasuk bibir akan menjadi kering serta mudah mengelupas.

  1. Memakai petroleum jelly

    Petroleum jelly bisa dioleskan ke permukaan kulit, manfaatnya bisa melindungi tingkat cairan permukaan kulit. Sehingga kulit bisa terjaga kelembapannya dan sekaligus membantu penyembuhan jika terjadi luka di kulit tersebut. Cukup mudah cara mengatasi bibir pecah pecah, yaitu dengan cukup mengoleskan petroleum jelly di bibir dengan teratur.

  1. Hindari paparan alergen

    Kalau bibir Anda merupakan bibir yang termasuk sensitif, maka hindari terpapar oleh alergen yang bisa memicu alergi kambuh. Ada salah satu alergen yaitu produk kosmetik dengan mengandung wewangian dan bahan kimia.

  1. Jangan sering mengganti lipstick

    Jika Anda memakai lipstick, maka hindari sering menggonta-ganti produk lipstick, apa lagi yang sifatnya matte, karena bisa membuat bibir semakin kering kelihatannya. Jika perlu, maka gunakan pelembap tiap sebelum dan juga sesudah memakai lipstick. Anda bisa memakai petroleum jelly agar bisa menghapus lipstick, dan sekaligus melembapkannya.

  1. Hindari menarik bibir yang mengelupas

    Lebih baik hindari sering menarik-narik kulit bibir yang telah mengelupas. Sebab, bisa membuat bibir Anda berdarah. Solusi yang tepat yaitu menggunakan scrub bibir agar bisa mengangkat kulit mati. Cukup bubuhkan saja di bibir memakai jari, lalu digosok secara lembut, dan lalu gunakan pelembap sesudahnya. Anda bisa membuat sendiri dengan memakai madu, petroleum jelly dan bahan lain lalu dicampurkan sedikit saja gula pasir.

  1. Rajin minum air

    Lebih baik pastikan tubuh terhidrasi agar kulit tubuh dan bibir tetap dalam keadaan lembap. Mudah saja cara mengatasi bibir pecah pecah, cukup minum air minimal sebanyak 8 gelas tiap hari. Kalian bisa lengkapi dengan mengonsumsi buah sayuran dengan tinggi cairan dan serat.

Kalau memang mengalami gangguan bibir yang serius, karena tidak membaik, maka lebih baiknya memeriksakan diri ke dokter. Bisa saja ada penyebab lainnya yang membutuhkan penanganan medis lebih lanjut

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *