Penyebab Dan Cara Mengatasi Bulu Anjing Yang Rontok

Cara Mengatasi Bulu Anjing Yang Rontok

Anjing akan terlihat semakin menggemaskan bila memiliki bulu yang lebat dan subur. Namun apa jadinya bila anjing mengalami kerontokan pada bulu yang cukup serius. Tidak perlu khawatir, mari kita bahas cara mengatasi bulu anjing yang rontok secara lengkap.

Penyebab Bulu Anjing Sering Rontok

Sebagai pemilih hewan peliharaan yang baik, untuk mengatasi kerontokan pada bulu anjing secara tepat, maka kamu perlu mengenal penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa penyebab kerontokan pada bulu anjing:

Bacaan Lainnya
  • Alergi

    Anjing juga dapat mengalami reaksi alergi seperti yang dialami oleh manusia. Reaksi alergi dapat menjadi penyebab kerontokan bulu pada anjing. Umumnya, penyebab reaksi alergi yang muncul pada anjing merupakan gigitan kutu.

  • Genetik

    Selain karena faktor eksternal, rupanya bulu rontok juga dapat disebabkan oleh faktor internal yaitu genetik. Beberapa ras anjing tertentu memiliki genetik kebotakan sehingga mudah mengalami kerontokan. Ras anjing bulldog, cihuahua, whippet, dan dachshund adalah jenis ras anjing yang rentan mengalami kerontokan.

  • Infeksi

    Penyebab lain kerontokan bulu pada anjing atau atopesia adalah infeksi kulit. Infeksi kulit juga dapat terjadi akibat beberapa faktor seperti bakteri, jamur, hingga kutu. Kamu perlu membawa hewan peliharaan kamu ke dokter hewan.

Tips Mengatasi dan Mengurangi Kerontokan Bulu Pada Anjing

Jika kamu memiliki anjing yang bulunya rontok, kamu dapat melakukan beberapa cara pencegahan dan penanganan secara mandiri di rumah. Cara mengatasi bulu anjing yang rontok dapat dilakukan sebagai berikut ini:

  1. Atur Menu Makanan

    Makanan dapat menjadi faktor pemicu kerontokan rambut seperti makanan yang menimbulkan reaksi alergi pada anjing. Sehingga kamu perlu mengatur pola dan menu makanan anjing untuk mengatasi dan mencegah dari kerontokan bulu.
    Berikan anjing Anda makanan terbaik yang tinggi nutrisi sehingga dapat mengurangi kerontokan pada bulu. Bila perlu, berikan makanan khusus yang dapat menyuburkan bulu anjing, namun harga makanan tersebut cukup mahal.

  1. Atur suhu sesuai jenis anjing

    Suhu yang terlalu tinggi juga dapat membuat bulu anjing menjadi rontok. Anda perlu memperhatikan suhu dan cuaca di lingkungan tempat Anda tinggal. Apabila kondisi cuaca sedang sangat terik dan panas, pastikan Anda tidak membiarkan anjing Anda kepanasan.

  1. Jaga Kebersihan Anjing

    Menjaga kebersihan tubuh anjing sangat penting dilakukan, rutin memandikan anjing dapat mencegah berbagai penyakit kulit yang menyebabkan kerontokan bulu. Jika bulu pada anjing terlanjur rontok, maka kamu perlu menggunakan sampo khusus ketika memandikan anjing.

  1. Rutin Periksa Kesehatan ke Vet

    Faktor kesehatan juga berpengaruh terhadap kesuburan dan kekuatan bulu pada anjing. Periksalah anjing Anda ke dokter hewan jika mengalami kerontokan bulu yang parah. Dokter akan memeriksa penyakit yang menyebabkan kerontokan bulu dan membantu mengurangi rontok pada bulu anjing.

Keuntungan Memiliki Bulu Anjing Yang Sehat

Jika bulu anjing tidak rontok dan sehat, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat selain melihat anjing peliharaanmu menjadi lebih cantik. Berikut ini beberapa keuntungan memiliki anjing dengan bulu yang sehat:

  • Rumah bersih dari bulu anjing
  • Nafsu makan anjing baik
  • Tidak mudah terkena jamur
  • Kecantikan anjing terjaga
  • Anjing tidak mudah rewel
  • Bulu anjing terlihat berkilau
  • Anjing tidak stres

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi bulu anjing yang rontok, jika kamu memiliki pertanyaan seputar perawatan hewan peliharaan, maka kamu dapat mengunjungi situ kami. Kami dapat memberikan informasi yang akurat dan terpercaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *