Mari Ketahui Beragam Cara Mengatasi Darah Tinggi

Cara Mengatasi Darah Tinggi

Perubahan gaya hidup di zaman sekarang ini setidaknya telah berdampak cukup serius pada beberapa aspek dalam hidup. Salah satunya yang berdampak cukup serius yakni pada aspek kesehatan, dimana cukup banyak ditemui di lapangan permasalahan terkait kesehatan.

Aspek kesehatan tidak bisa dipandang remeh, karena hal tersebut erat kaitannya dengan keselamatan jiwa seseorang. Salah satu penyakit yang cukup banyak penderitanya sekarang ini yakni darah tinggi atau hipertensi.

Bacaan Lainnya

Makanan berperan dalam memacu darah meningkat pada tubuh. Oleh karena itu, penting mengetahui cara mengatasi darah tinggi agar tidak bertambah semakin parah dan dapat mengakibatkan kesehatan menjadi terganggu.

Definisi Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi merupakan sebuah penyakit yang berkaitan dengan tekanan darah. Pada penderita hipertensi, timbulnya penyakit lain seperti stroke maupun jantung yang berujung pada kematian sangat besar resikonya.

Kondisi hipertensi dapat diketahui dengan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah yang mana dihasilkan dari jantung yang terlalu keras bekerja untuk memompa darah. Hal tersebut juga mengakibatkan menyempitnya pembuluh darah arteri yang membuat tekanan meningkat.

Darah tinggi dapat diidentifikasi dengan melakukan medical check up secara rutin. Hal tersebut mencangkup pemeriksaan darah yang mana dilakukan setiap lima tahun sekali. Seseorang dikatakan menderita darah tinggi setelah mengetahui pembacaan tekanan darah.

Apabila tekanan darah sistolik yang diukur selama dua hari telah menunjukkan hasil yang melebihi ambang normal yakni 140 mmHg dan tekanan darah diastolik menunjukkan hasil melebihi 90 mmHg, maka dapat dikatakan seseorang menderita darah tinggi.

Faktor Penunjang Hipertensi

Terdapat beberapa faktor yang dapat berisiko meningkatkan tekanan darah tinggi pada tubuh, diantaranya yakni:

  • Jarang melakukan olahraga secara teratur
  • Kurangnya konsumsi buah-buahan maupun sayur
  • Konsumsi alkohol yang berlebih
  • Terdapat riwayat keluarga yang menderita hipertensi
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Sering mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi garam
  • Orang yang berusia lebih dari 65 tahun rentan terkena hipertensi

Cara Mengatasi Hipertensi

Nah, menurunkan tekanan darah yang tinggi pada tubuh ada berbagai cara. Berikut beberapa cara mengatasi darah tinggi yang dapat dilakukan secara teratur untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Let’s check these out!

  1. Melakukan olahraga secara rutin

    Olahraga diketahui tidak hanya dapat menjaga stamina, namun juga dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah secara sederhana. Lakukan olahraga teratur dan buat jadwal rutin untuk berolahraga setiap harinya.
    Lakukan sekitar 30 menit olahraga setiap harinya atau 120 menit berolahraga dalam seminggu. Tak perlu olahraga yang menguras keringat dan intensitasnya tinggi, cukup berjalan kaki secara santai di sekitar rumah ataupun melakukan sepeda santai.

  1. Memilah makan yang baik bagi tubuh

    Makanan berperan penting dalam peningkatan tekanan darah dalam tubuh. Maka, penting kiranya untuk mengonsumsi makanan yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Hindari makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi dan juga yang sangat asin.
    Perbanyak konsumsi makanan yang berasal dari alam seperti sayur dan buah-buahan. Hal ini karena makanan dari alam tersebut memiliki kandungan serat dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk menurunkan tekanan darah.
    Perbanyak juga makanan dengan kandungan mineral seperti kalium, yang fungsinya untuk menurunkan kadar sodium yang berlebih pada tubuh.

Demikian tadi informasi penting tentang cara mengatasi darah tinggi secara mudah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sekian dan terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *