5 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Berlubang

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Berlubang

Gigi merupakan bagian yang sangat penting. Fungsinya untuk membantu mencerna makanan secara mekanis menjadikan sebuah keharusan untuk menjaga agar gigi tetap sehat. Namun sayangnya terkadang masih banyak orang yang abai dalam hal merawat gigi.

Padahal jika gigi sudah sakit, aktivitas yang lain menjadi terganggu. Seperti saat gigi berlubang biasanya dapat menyebabkan rasa ngilu yang membuat aktivitas makan menjadi kurang nyaman. Untuk itu Anda perlu ketahui cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Mengobati Gigi Ngilu Dengan Bahan Alami

Banyak orang yang terkadang takut untuk datang ke dokter gigi saat ada masalah yang berkaitan dengan kesehatan gigi. Namun tenang saja, untuk Anda yang enggan datang ke dokter gigi, kini terdapat solusi untuk mengobati gigi ngilu karena berlubang dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan:

  1. Garam

    Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi gigi ngilu adalah garam. Garam diketahui memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang. Garam juga membantu membunuh bakteri yang ada di dalam mulut, sehingga mulut Anda menjadi lebih sehat dan bersih.
    Cara menggunakan bahan alami ini yakni dengan melarutkan 1 sendok garam ke dalam air yang berisi air. Kemudian gunakan air campuran tersebut untuk kumur-kumur. Sangat dilanjutkan untuk menggunakan air hangat, karena dapat lebih merelaksasi dibandingkan dengan air dingin.

  2. Bawang merah

    Siapa sangka jika bahan yang satu ini dapat digunakan sebagai cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang. Kandungan anti mikroba dan anti septik yang dimiliki bawang merah terbukti dapat mengendalikan rasa nyeri pada gusi maupun gigi yang berlubang.
    Cara menggunakannya sangat mudah. Anda cukup menghaluskan bawang merah kemudian tempekan pada gigi yang terasa sakit. Tunggu beberapa saat kemudian bersihkan. Lakukan hal tersebut secara rutin sampai gigi Anda tidak terasa sakit atau ngilu lagi.

  3. Bawang putih

    Selain bawang merah, ternyata ada lagi jenis bawang yang bisa digunakan untuk mengobati gigi yang ngilu karena berlubang. Tidak lain dan tidak bukan adalah saudara dari si bawang merah yakni bawang putih. Bawang putih juga memiliki kandungan anti mikroba yang dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.
    Bawang putih juga mampu menghasilkan allicin yang dapat digunakan untuk melawan bakteri di dalam mulut. Jika bawang merah dimanfaatkan dengan cara dihaluskan kemudian ditempelkan pada gigi yang sakit, maka berbeda dengan bawang putih yang dapat dikunyah langsung saat gigi Anda terasa sakit.

  4. Minyak Cengkeh

    Minyak cengkeh juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gigi yang terasa ngilu. Kandungan eugenol dalam minyak cengkal ternyata dapat berfungsi sebagai bahan anestesi untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi.
    Anda bisa menggunakan minyak cengkeh dengan cara meneteskan minyak cengkeh tersebut pada kapas kemudian tempelkan kapas pada gigi yang berlubang.

  5. Jahe

    Rempah-rempah yang satu ini memang sudah lama terkenal baik untuk kesehatan tubuh. Namun tidak menyangka bawa jahe ternyata bisa menjadi obat sakit gigi karena kandungan antibiotik yang dimilikinya.

cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang dengan menggunakan jahe, Anda bisa memulainya dengan menumbuk jahe tersebut. Kemudian tempelkan tumbukan jahe pada gigi yang berlubang. Tunggu beberapa saat sampai rasa sakitnya mereda. Untuk penyembuhan yang lebih optimal, maka dapat diulang beberapa kali sampai benar-benar sembuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *