Cara Mengatasi Gusi Bengkak Dengan Alami

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Gusi atau yang secara medis disebut dengan istilah gingiva adalah bagian tubuh yang terletak di dalam rongga mulut yang terdiri dari jaringan mukosa yang menutupi tulang alveolar. Warna dari gusi adalah merah muda yang menunjukkan adanya pembuluh darah dibaliknya.

Jika gusi terlihat menggelembung, menonjol dan alami pembesaran maka itu bisa berarti sedang mengalami pembengkakan. Maka Anda butuh cara mengatasi gusi bengkak yang dilakukan dengan alami tanpa efek samping.

Mengenal dan Menghindari Penyebab Gusi Bengkak

Ada banyak faktor yang menyebabkan gusi menjadi bengkak. Jika gusi bengkak maka harus dengan segera dilakukan penanganan yang cepat dan tepat.

Untuk itu Anda harus bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda secara intensif. Berikut beberapa penyebab dari pembengkakan gusi yang bisa Anda hindari.

  1. Sisa makanan yang menumpuk

    Banyak yang mengabaikan sisa makanan yang menumpuk di rongga gigi dengan tidak membersihkan gigi setelah makan. Padahal sisa makanan yang menumpuk bisa menjadi penyebab gusi bengkak.

  1. Perubahan hormon

    Gusi yang bengkak menjadi suatu hal alami bagi wanita hamil. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh wanita yang sedang hamil.

  1. Konsumsi obat tertentu

    Gusi bengkak juga bisa terjadi ketika penderita mengonsumsi obat penurun tekanan darah. Obat tersebut bisa menyebabkan pertumbuhan jaringan berlebih yang kemudian berdampak pada pembengkakan pada gusi.

  1. Iritasi

    Merupakan sebuah reaksi alergi yang terjadi ketika menggunakan produk atau konsumsi makanan dan minuman penyebab alergi. Sebisa mungkin hindari alergen untuk cara mengatasi gusi bengkak.

  1. Tumpukan plak dan karang gigi

    Akibat dari malas menyikat gigi adalah pertumbuhan plak dan karang gigi yang bisa membuat gusi menjadi bengkak. Plak adalah lapisan lunak yang melekat pada gigi yang menjadi penyebab warna kuning.
    Sedangkan karang gigi adalah lapisan keras yang terbentuk dari sisa makanan yang tertinggal dan menempel di sela gigi.

  1. Kurang asupan vitamin C

    Gusi bengkak juga bisa menjadi pertanda dimana penderita mengalami kekurangan vitamin C. Dimana vitamin C berkhasiat untuk membantu jaringan ikat seperti gusi agar bisa tumbuh lebih kuat.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Efektif

Anda bisa mengatasi gusi yang bengkak dengan beberapa cara alami. Yang pertama adalah dengan berkumur air garam. Air garam menjadi obat yang sangat manjur untuk atasi gusi yang bengkak. Karena bisa membantu atasi peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Cara yang kedua adalah dengan melakukan kompres dengan air es atau air hangat. Untuk menggunakan cara ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Anda bisa mengompres dengan air es atau es batu jika gusi bengkak tak disertai dengan nyeri dan berdenyut.

Namun jika gusi bengkak disertai dengan nyeri dan berdenyut maka sebaiknya kompres dengan air hangat untuk menghindari nyeri semakin terasa.

Cara berikutnya adalah dengan berkumur dengan air perasan lemon. Air perasan lemon akan membantu untuk menyeimbangkan pH dalam rongga mulut dan melenyapkan bakteri penyebab gusi bengkak.

Anda juga bisa menggunakan bawang merah atau bawang putih. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan bawang merah atau bawang putih kemudian campur dengan garam hingga berupa pasta. Tempelkan pasta tersebut pada bagian gusi yang bengkak.

Jika Anda memiliki madu murni, oleskan saja madu murni tersebut pada bagian gusi yang sakit. Kandungan madu yang sangat lengkap akan membantu mengurangi bengkak yang terjadi pada gusi.

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan pasta kunyit. Diyakini mengandung antioksidan dan anti inflamasi alami yang bisa menjadi cara mengatasi gusi bengkak dengan alami.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *